4 Aktivitas Seru Ini Bisa Meningkatkan Kreativitas dan Stimulasi Motorik Anak Perempuan

Dwi Retno - Kamis, 25 Juli 2024
Amara Kids makeup khusus anak bisa membantu si kecil meningkatkan kreativitas dan stimulasi motorik (Foto : Ist)
Amara Kids makeup khusus anak bisa membantu si kecil meningkatkan kreativitas dan stimulasi motorik (Foto : Ist)
A A A

Memantau aktivitas anak sejak dini sangatlah penting sebagai tolak ukur hobby dan kemampuan tumbuh kembang anak. Aktivitas harian anak perempuan sehari-hari juga bisa mempengaruhi percaya diri anak di masa golden age. Berikut adalah aktivitas seru yang bisa meningkatkan kreativitas dan stimulasi motorik anak perempuan.

Memasak. Memasak bisa jadi salah satu ide aktivitas yang seru untuk dilakukan antara orangtua dan anak. Dengan aktivitas memasak ini tentu bisa mengasah kemampuan motorik halus anak perempuan, orangtua bisa mulai ajarkan anak dengan memasak makanan yang sederhana. Dengan memasak, pertumbuhan motorik anak bisa lebih berkembang ketika anak mulai mengenal tentang bahan masakan yang berbeda-beda mulai dari aroma, bentuk, jenis potongan, dan berbagai bumbu yang menarik untuk dicoba. Orangtua juga bisa mulai mengenalkan berbagai jenis alat memasak, jenis bahan-bahan makanan seperti buah, bumbu dapur, sayuran dan memberikan informasi tentang perbedaan wangi dari setiap bahan makanan. Pastinya memasak menjadi aktivitas seru antara orangtua dan anak. Memasak juga bisa dilakukan untuk melatih keterampilan anak perempuan dan orangtua juga bisa sekaligus mengajarkan anak untuk lebih menghargai makanan bahwa setiap makanan memiliki proses dalam setiap pembuatannya. Anak perempuan bisa lebih percaya diri apabila hasil makanan buatannya enak dan lezat.

Mewarnai / Melukis. Mewarnai atau melukis juga bisa mengasah kemampuan motorik halus anak perempuan. Dengan mengenal berbagai warna dan bentuk gambar membuat imajinasi anak bisa lebih berkembang, stimulasi motorik anak lebih terlatih dengan kreatifitas seperti menyesuaikan warna dan bentuk gambar dari apa yang anak lihat. Orangtua bisa memperkenalkan sensory play atau buku-buku karakter yang memiliki banyak warna. Menggambar dan melukis sangat melatih imajinasi anak dan anak bisa mengekspresikan emosi tersebut melalui gambar / lukiasan. Mengenalkan anak beberapa teknik dasar gambar seperti gradasi warna, tekstur cat di lukisan, campuran antar warna sehingga bisa menghasilkan warna baru merupakan hal yang menarik sekali sekaligus melatih tumbuh kembang motoriknya. Anak juga bisa mulai menggambar dengan tema lingkungan sekitar seperti taman, tanaman, binatang peliharaan, dan lainnya. Orangtua bisa melakukan aktivitas menggambar ini bersama anak sekaligus edukasi tentang kreatifitas dan pengenalan warna.

Dance. Dance juga merupakan salah satu kegiatan yang asik untuk dilakukan. Siapa sangka, melalui dance anak bisa menyalurkan emosinya melalui setiap gerakan dan kelincahan anak perempuan. Dance juga bisa melatih tumbuh kembang motorik anak saat orangtua dan anak saling eksplor setiap gerakan dance yang seru dan menyenangkan. Setiap gerakan yang dihapalkan oleh anak bisa melatih tumbuh kembang dan kecepatan berfikir serta kreativitas anak. Anak juga bisa menyesuaikan gerakan dance dengan musik atau emosi anak perempuan di waktu yang sama. Orangtua bisa mengajarkan dance melalui video tutorial di media sosial, pengenalan dasar dance dan orangtua bisa menyesuaikan jenis dance yang anak suka seperti hiphop, balet, tradisional dan lainnya.

Makeup. Main makeup-makeupan sama anak perempuan memang sangat seru dan asik. Melalui makeup tentu bisa melatih motorik anak dan bisa melatih bakat serta minat anak perempuan dibidang tata rias. Orangtua bisa mulai mengenalkan anak dengan berbagai warna eyeshadow, konsep makeup dasar, jenis-jenis makeup yang berbeda-beda seperti: lipstik, bedak, eyeshadow. Pengenalan makeup ini membuat anak jadi makin luas wawasannya dengan mengetahui berbagai jenis produk makeup dengan fungsi yang berbeda-beda. Tapi tau gak sih Moms kalau produk makeup dewasa belum tentu aman ketika digunakan untuk kulit si kecil yang masih sensitive. Orangtua bisa coba gunakan produk makeup khusus anak dari Amara Kids yang aman apabila digunakan oleh anak perempuan mulai usia 3 -12 tahun. Amara Kids bisa menjadi solusi orangtua untuk si kecil karena produknya sudah BPOM dan menggunakan bahan yang sangat baik untuk merawat kulit si kecil seperti mengandung triple vitamin, jojoba oil, UV filter dan no alcohol, no SLS, no paraben. Moms bisa coba produk terbaru kami yaitu Starlight Makeup Kit yang sangat praktis dan lucu.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kolaborasi Internasional Perbaikan Infrastruktur dan Sanitasi untuk Keluarga Berpenghasilan Rendah di Rajeg, Tangerang
img
Edukasi Ribuan Ibu dan Anak, Gerakan Anti Ruam Kolaborasi Bersama Puskesmas di Indonesia
img
Luncurkan Kampanye ‘Bikin Seru Indonesia’ Destinasi Hiburan Keluarga Ini Beri Kejutan Spesial di Hari Pelanggan Nasional
img
Solusi Praktis Penuhi Asupan Omega 3 & 6 dalam Menu Makanan Anak-anak