Belajar Bahasa Inggris Secara Mudah untuk Segala Usia dan Kalangan

Novita Sari - Senin, 24 Juni 2024
British Council berkomitmen berikan akses belajar Bahasa Inggris yang fleksibel dan mudah dipelajari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Foto: Ist
British Council berkomitmen berikan akses belajar Bahasa Inggris yang fleksibel dan mudah dipelajari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Foto: Ist
A A A

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai hampir di setiap negara, baik lingkungan formal dan non formal.

Di sektor formal, menurut studi, 85% orang mengatakan bahwa Bahasa Inggris penting untuk pekerjaan mereka saat ini dan akan terus menjadi penting. Sebanyak 88% pekerja juga percaya bahwa Bahasa Inggris akan menjadi lebih penting dalam lima tahun mendatang.

British Council Indonesia Foundation, yayasan yang berfokus pada Bahasa Inggris sangat mendukung seluruh kalangan, terutama masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses belajar Bahasa Inggris yang layak. Melalui program Teaching Centre, platform belajar Bahasa Inggris ini dapat diakses dari mana pun di Indonesia dan kapan pun untuk berbagai usia dan latar belakang pendidikan maupun pekerjaan, baik secara daring dan tatap muka.

Metode belajar yang fleksibel ini tentu memudahkan masyarakat untuk turut berkembang mengikuti perkembangan dunia untuk belajar bahasa yang sudah dipakai di 61 negara di dunia.

Foto: Ist
Foto: Ist

Meskipun kemajuan teknologi memungkinkan orang untuk belajar Bahasa Inggris melalui berbagai aplikasi dan platform online, kursus Bahasa Inggris tetap sangat relevan. Yayasan ini menekankan, meskipun teknologi dapat membantu pemula dalam belajar kosakata dan tata bahasa, namun teknologi tidak dapat menggantikan tingkat kedalaman pemahaman dan aplikasi praktis dimana hanya dapat diperoleh melalui kelas interaktif dan komunikatif.

James Cleere, Cluster Business Manager, English Teaching, British Council menjelaskan, "Aplikasi digital memang berguna untuk pemula, tetapi menguasai suatu bahasa membutuhkan pemahaman tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif di dunia nyata. Pendekatan komunikatif kami memastikan siswa belajar menggunakan Bahasa Inggris dengan percaya diri dan kompeten dalam situasi sehari-hari."

Berkaca pada beroperasinya Teaching Centre di Indonesia, David Neufeld, Sales & Account Manager, Corporate English Solution, British Council menambahkan bahwa di Indonesia, masyarakat bisa memilih metode belajar yang diinginkan. “Kami sangat berfokus pada kenyamanan masyarakat dalam belajar Bahasa Inggris. Untuk itu, kami menawarkan fleksibilitas dalam belajar, baik offline dan online. Bagi yang senang belajar secara offline, kami menyediakan sistem belajar yang interaktif dan mengedepankan komunikasi dua arah dan praktik, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Bagi yang memilih belajar online, masyarakat bisa mengatur secara mandiri jadwal mereka untuk belajar, karena modul kami selalu stand by 24 jam. Tidak ada batasan usia, semua bisa belajar Bahasa Inggris,” ujarnya.

Didirikan di UK sejak 1934, mereka telah dipercaya selama lebih dari 90 tahun di lebih dari 200 negara untuk membantu mereka yang memiliki keterbatasan maupun ketidakpercayaan diri dalam belajar Bahasa Inggris.

Foto: Ist
Foto: Ist

Layaknya buku adalah jendela dunia, Summer Xia, Direktur Indonesia dan Asia Tenggara, British Council, menyatakan Bahasa Inggris merupakan pintu untuk berkomunikasi dengan seluruh orang di dunia. “Kami berkomitmen kuat untuk menggabungkan pengalaman, pengetahuan, dan keahlian kami untuk mewujudkan kualitas masyarakat Indonesia ke kancah global, melalui metode pembelajaran Bahasa Inggris yang fleksibel dan menyenangkan,” tuturnya.

Untuk mewujudkan misi membuka akses Bahasa Inggris untuk semua orang, mereka memiliki pusat pembelajaran tatap muka di Jakarta. Pusat pembelajaran itu baru saja pindah ke GoWork Pacific Place Mall Jakarta untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi para siswa. Pusat pembelajaran ini merupakan bagian dari program Bahasa Inggris yang komprehensif, dimana mereka juga menyediakan kelas belajar Bahasa Inggris online yang dapat diakses dari seluruh penjuru Indonesia.

Siswa dapat bergabung dalam kelas dari mana saja, menawarkan fleksibilitas dimana siswa dapat memilih jadwal belajar sesuai dengan kenyamanan mereka.

Foto: Ist
Foto: Ist

Untuk merayakan pemindahan ke lokasi baru, mereka mengadakan workshop publik yang menampilkan metode pengajaran inovatif dan berbagai penawaran kursus.

Workshop tersebut berisi sesi interaktif seputar keterampilan bisnis profesional, termasuk komunikasi lisan dan tulisan, dan memberikan peserta tips dan strategi praktis untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris. Peserta mempelajari secara langsung materi-materi seputar penerapan Bahasa Inggris di dunia nyata, pendekatan komunikatif, dan opsi belajar fleksibel, menyoroti bagaimana mereka terus mendukung komunitas di Indonesia dalam mencapai kompetensi komunikasi global.

Fasilitas belajar Bahasa Inggris tersedia untuk semua tahap: Bahasa Inggris untuk Anak-anak dan Remaja serta Bahasa Inggris untuk Dewasa, serta untuk berbagai tujuan: pengembangan individu, studi, atau tujuan korporat/bisnis.

Beberapa program yang tersedia adalah:

- English Online Course

- English Online Self-Study Course

- IELTS Coach

- English for the Workplace

“Kami percaya dengan mengedepankan pemerataan dan inklusivitas pendidikan Bahasa Inggris, Indonesia akan terus bertumbuh dengan dukungan masyarakat yang berkualitas dan berprestasi di level Indonesia dan level global. Kami senantiasa berkomitmen untuk membentuk masa depan yang lebih baik bagi semua orang,” tutup Neufeld.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Menguak Rahasia Sukses Bersama Khabib Nurmagomedov, Atlet Asal Rusia yang Menjadi Inspirasi Global
img
Penjualan Brand Lokal Melonjak 5X Lipat pada Kampanye 9.9 Berkat Fitur Live Streaming
img
Mendorong UKM Indonesia “Go Ekspor” untuk Raih Kesuksesan Global
img
Tips Raih Untung di Pasar Saham Melalui Momentum Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Konsumsi Domestik