Bijak Pilah dan Kelola Sampah, Perusahan Ini Siapkan 10 Tempat Sampah Di Masjid Istiqlal

Dwi Retno - Kamis, 21 Maret 2024
Di bulan Ramadan, Unilever kembali memperkuat kolaborasinya dengan Masjid Istiqlal terkait komitmen pemberdayaan masyarakat dan menjaga lingkungan
Di bulan Ramadan, Unilever kembali memperkuat kolaborasinya dengan Masjid Istiqlal terkait komitmen pemberdayaan masyarakat dan menjaga lingkungan
A A A

Bulan suci Ramadan merupakan momen perubahan untuk menjadi lebih baik. Bukan hanya terkait hubungan dengan Sang Pencipta, tapi juga ke sesama umat manusia, hingga lingkungan. Di bulan yang mulia ini, Unilever Indonesia kembali memperkuat kolaborasinya dengan Masjid Istiqlal terkait komitmen pemberdayaan masyarakat dan menjaga lingkungan, dengan mengajak masyarakat khususnya para pengunjung Masjid untuk lebih bijak dalam memilah dan mengolah sampah, utamanya di area Masjid Istiqlal. Inisiatif ini mencakup edukasi, penyediaan tempat sampah terpilah, serta kolaborasi dengan lembaga pengolahan sampah terpercaya, yang bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Nurdiana Darus, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan termasuk mendorong upaya-upaya pelestarian lingkungan. Kemitraan jangka panjang yang terjalin bersama Masjid Istiqlal sejak 2017 lalu merupakan salah satu manifestasi dari komitmen tersebut. Pada momen Ramadan kali ini kami kembali bermitra, kali ini mengajak masyarakat khususnya pengunjung Masjid untuk lebih bijak dalam memilah dan mengolah sampah. Semoga upaya bersama ini bisa diterapkan juga tidak hanya di lingkungan masjid tetapi di rumah.”

Komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan telah dilakukan melalui berbagai inisiatif, seperti upaya pengumpulan dan pemrosesan sampah plastik dan program penatagunaan air di pesantren dan masjid. Sejak 2008, perusahaan telah membina 4.000 Bank Sampah di 50 kabupaten/kota yang tersebar di 11 provinsi. Selama 2022, jumlah pengumpulan sampah anorganik – termasuk plastik – dari Bank Sampah binaan dan jaringannya telah mencapai lebih dari 28.636 ton. Selain itu, kemitraan dengan Masjid Istiqlal terkait pelestarian lingkungan juga telah terjalin melalui berbagai aktivitas, salah satunya program Water Stewardship - dimana perusahaan mendonasikan unit gerobak listrik pembawa tangki air kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal untuk mendistribusikan air hasil daur ulang dan penampungan air hujan guna memenuhi berbagai kebutuhan di lingkungan masjid.

Aktivitas di masjid khususnya Masjid Istiqlal sepanjang Ramadan kian meningkat. Hal ini berdampak pula pada meningkatnya jumlah sampah di wilayah masjid. Wakil Ketua Bidang Riayah Masjid Istiqlal, Her Pramtama menyampaikan, “Sepanjang Ramadan, Masjid Istiqlal aktif menggelar rangkaian kegiatan, mulai dari shalat wajib berjamaah, shalat tarawih, program itikaf, hingga buka puasa bersama dan penyediaan ribuan takjil bagi masyarakat. Antusiasme masyarakat untuk beribadah dan berbuka puasa di area Masjid tak bisa dipungkiri berimplikasi pada timbulan sampah yang akhirnya menumpuk di TPA. Alhamdulillah, melalui kolaborasi ini, masyarakat bisa lebih mudah dan teredukasi dalam memilah sampah mereka, sehingga dampaknya dapat mengurangi timbulan sampah yang dikirim ke TPA.”

Meningkatnya jumlah timbulan sampah di Bulan Ramadan juga diamini oleh Kepala Pengurangan dan Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Dedy Setiono, SH, M.Kn. “Saat ini, sampah masih menjadi isu lingkungan yang kita hadapi bersama. Salah satu sebab, sistem pengelolaan sampah yang masih menggunakan metode kumpul-angkut-buang yang mengakibatkan sampah bertumpuk di TPA. Ironisnya, di bulan Ramadan yang identik dengan semangat menahan diri, timbulan sampah yang dihasilkan meningkat 20 persen per hari . Pada Maret ini, Data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta 2024 mencatat kenaikan volume sampah sebanyak 168 ton per hari. Padahal jika dikelola bersama dengan bijak, tumpukan sampah di TPA dapat dikurangi, sehingga berdampak positif bagi kelestarian lingkungan.”

Menggandeng platform yang memfasilitasi daur ulang sampah, Duitin – perusahaan menyediakan 10 set tempat sampah terpilah di area Masjid Istiqlal dan memastikan sampah yang terkumpul dapat dimanfaatkan kembali, sehingga dapat mengurangi tumpukan sampah di TPA.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!