BKGN 2024: Teknologi AI Denta-Scan Lengkapi Konsultasi Gigi Online “Tanya Dokter Gigi”

Efa Trapulina - Jumat, 13 September 2024
Anak-anak melakukan sikat gigi bersama di acara Peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 (Foto: dok. Pepsodent)
Anak-anak melakukan sikat gigi bersama di acara Peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 (Foto: dok. Pepsodent)
A A A

Tahun ini, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024 memasuki tahun ke-15 dengan tema “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat”.

Acara tahunan ini dimulai sejak 12 September 2010 dan sejak 2011 diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional. Tahun ini, BKGN menawarkan berbagai aktivitas bermanfaat, termasuk pemeriksaan gigi gratis dan layanan konsultasi online dengan teknologi AI terbaru.

Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Gratis

Selama 6 bulan, mulai 18 September hingga 18 Desember 2024, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan dan perawatan gigi GRATIS di berbagai fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BKGN.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care and Professional Marketing Unilever menyatakan bahwa BKGN setiap tahun memberikan layanan ini di seluruh FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) dan RSGMP (Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan) di Indonesia, dan hingga 2023, telah memberikan manfaat kepada lebih dari 1,1 juta orang.

Tak hanya itu saja. BKGN 2024 dilengkapi pula dengan layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang mudah diakses melalui QR code di kemasan pasta gigi varian Pencegah Gigi Berlubang.

Dijelaskan oleh drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever, layanan ini didukung keahlian ribuan dokter gigi dari PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), AFDOKGI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia) dan ARSGMPI (Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia).

“Lebih dari 140.000 masyarakat telah menggunakan layanan ini,” ujar drg. Mirah pada acara pembukaan BKGN 2024 di Hallf Patiunus Jakarta, Kamis (12/9/24).

Konferensi pers peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024
Konferensi pers peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 (Foto: Efa)

Teknologi AI Denta-Scan

Nah, kini layanan online Tanya Dokter Gigi tersebut semakin canggih dengan kehadiran teknologi Pepsodent AI Denta-Scan. Dengan teknologi ini, Moms dan keluarga bisa cek kesehatan gigi dengan cara yang super modern dan mudah.

Sebab, teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan screening awal kesehatan gigi dan mulut yang kemudian diproses oleh AI. Diawali dengan kehadiran Hamish Daud yang menyapa nama pengguna secara virtual, dilanjutkan ke screening awal kesehatan gigi dan mulut yang diproses dan dihasilkan melalui teknologi AI.

Setelah itu pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter gigi lewat chat atau video call untuk mendapatkan saran dan tips lebih lanjut tentang bagaimana merawat gigi dengan baik. Fitur ini akan tersedia mulai akhir September 2024.

Hamish Daud, sang Brand Ambassador mengatakan, “Saya senang bisa berpartisipasi dalam layanan kesehatan gigi berbasis AI ini. Teknologi ini membuat konsultasi terasa lebih personal dan mudah digunakan.”

Tidak hanya bagi penggunanya, layanan berbasis AI ini juga berguna bagi para dokter gigi.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024
Pemeriksaan gigi gratis (Foto: Ist)

drg. Tari Tritarayati, SH. MHKes, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PDGI menimpali, "Layanan AI-Denta Scan ini sangat berguna sebagai alat edukasi dan screening kesehatan gigi, serta memberikan rujukan untuk perawatan lebih lanjut. Ini membantu masyarakat, termasuk atlet, untuk lebih rutin memeriksakan gigi mereka."

Dukungan untuk Tim Nasional Sepak Bola

Ya, tidak hanya untuk masyarakat umum, di BKGN 2024, Pepsodent juga memberikan dukungan khusus untuk Tim Nasional Sepak Bola Indonesia sebagai Official Oral Care Partner. Jadi, para pemain sepak bola kebanggaan kita juga mendapatkan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan gigi mereka agar tetap prima di lapangan.

Kenapa kesehatan gigi atlet itu penting? Prof. drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D, yang merupakan Ketua AFDOKGI, mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang kesehatan gigi para atlet sepak bola. Ternyata, studi terhadap 187 pemain sepak bola profesional di Inggris menunjukkan bahwa:

  • 37% dari mereka memiliki gigi yang berlubang atau karies gigi aktif.
  • 53% mengalami masalah erosi gigi, yaitu ketika lapisan luar gigi terkikis.
  • 5% menderita penyakit gusi atau periodontal yang sulit disembuhkan.

Nah, masalah gigi ini ternyata nggak hanya mengganggu kesehatan mereka, tetapi juga bisa memengaruhi performa atlet di lapangan. Sekitar 45% dari atlet merasa terganggu dengan kondisi gigi mereka, dan 27% melaporkan bahwa masalah ini berdampak negatif pada kualitas hidup mereka atau bahkan kinerja mereka saat bermain.

Diharapkan, konsultasi gigi online dengan teknologi AI Denta-Scan dapat membantu menjaga kesehatan gigi para pemain Timnas dengan memperoleh screening awal yang dapat dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan terdekat.

Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes, AAK, Ketua ARSGMPI mengatakan, konsultasi gigi online dengan AI adalah langkah awal, diperlukan akses yang lebih luas agar masyarakat dapat menindaklanjuti permasalahan gigi dan mulut mereka ke dokter gigi secara langsung seperti yang tersedia di BKGN 2024.

 “Dengan target menjangkau 29.000 pasien, sebanyak 30 FKG dan RSGMP dengan fasilitas yang sangat memadai dan terakreditasi secara nasional siap melayani masyarakat yang membutuhkan tindakan lanjutan secara gratis,” imbuhnya.

drg. Mirah berharap seluruh rangkaian fasilitas dan layanan di BKGN 2024 bisa membantu masyarakat memeriksakan kesehatan giginya dan masalah gigi bisa dideteksi lebih awal serta ditangani dengan tepat sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Ya, rajin menyikat gigi 2 kali sehari, menggunakan benang gigi, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter adalah cara-cara sederhana namun efektif untuk menjaga senyum kita tetap cerah dan sehat.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Anak Siaga Tanggap Rawat Luka Telah Edukasi Lebih dari 50.000 Siswa
img
Fakta Menarik tentang Asupan Gula dan Nutrisi dalam Susu UHT
img
Cegah Malnutrisi Sedini Mungkin dari Rumah dengan Cara Mudah
img
BKGN 2024: Teknologi AI Denta-Scan Lengkapi Konsultasi Gigi Online “Tanya Dokter Gigi”