Brand Lokal Bisa Raup Untung di Bulan Penuh Berkah Ramadan, Mau Tahu Rahasianya?

Novita Sari - Sabtu, 16 Maret 2024
Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual, berbagi tips. Foto: Ist
Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual, berbagi tips. Foto: Ist
A A A

Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan populasi Muslim nasional terbesar di dunia, dengan umat Muslim di Indonesia mencapai 86,7% dari seluruh populasi nasional (RISCC, 2023) atau setara dengan 240,62 juta jiwa.

Angka populasi umat Muslim ini nyatanya bukan hanya soal angka demografi, namun juga merupakan ceruk pasar menggiurkan bagi para penjual di eCommerce. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melesat jelang bulan Ramadan, brand, dan penjual lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Tidak hanya memerhatikan tren produk brand, penjual lokal dapat berhasil menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur serta layanan platform belanja online seperti Lazada. Demikian disampaikan Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024).

“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika.

Bagi penjual yang ingin mendapatkan lebih banyak keberkahan di bulan Ramadan tahun ini, yuk simak beberapa jurus jitu dari Rika agar performa bisa maksimal!

Pelajari performa omset dan produk toko kamu

Gunakan dasbor Seller Center untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko kamu, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis.

Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan

Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk kamu, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia!

Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan

Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat tercinta. Rika menemukan bahwa bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata ‘kebersamaan’ seperti takjil dan kurma, ‘berbagi’ seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako, dan ‘lebih baik’ yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat serta perlengkapan rumah tangga.

Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen

Setelah kamu mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, pastikan kamu sesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. Misalnya, di minggu pertama kamu fokus untuk mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua kamu fokus untuk mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop. Targetkan promosi untuk produk terlaris kamu di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik mengingat adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

Fokus pada penjualan produk populer di tokomu dan produk yang tren di masa Ramadan

Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasi empat langkah yaitu: gunakan fitur promosi kampanye, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir.

Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli

Selama kamu bisa menjaga layanan toko yang konsisten dan memuaskan, kamu bisa mendapatkan loyalitas dari pelanggan kamu! Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5, yaitu memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand kamu.

Laporan dari Google bertajuk Recharge, Reconnect, Celebrate: Consumer Insights for Successful Ramadan 2024 Campaigns menunjukkan jumlah masyarakat yang berbelanja meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan saat tanggal kembar. Brand dapat memanfaatkan Ramadan Sale 8 Maret – 8 April 2024 yang akan segera diluncurkan untuk memaksimalkan daya jual brand lokal.

James Chang, CEO Lazada Indonesia. Foto: Ist
James Chang, CEO Lazada Indonesia. Foto: Ist

"Komitmen kami terhadap brand dan penjual lokal Indonesia selalu dan akan tetap kuat. Dengan semangat inovasi, kami terus mengejar pertumbuhan berkelanjutan, tidak hanya bagi kami, namun juga bagi brand dan penjual lokal yang ada di platform kami. Di festival belanja Ramadan kali ini, kami siap mendukung brand dan penjual lokal dengan serangkaian program dan fitur berteknologi mutakhir, khususnya bagi brand dan penjual lokal yang siap untuk terus tumbuh bersama kami,” ujar James Chang, CEO Lazada Indonesia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!