Bukan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Tepat Mengeluarkan Air yang Masuk Di Telinga!

Dwi Retno - Jumat, 01 Maret 2024
Ilustrasi : JFK
Ilustrasi : JFK
A A A

Ketika telinga kemasukan air, cotton bud langsung dijadikan ‘senjata’ untuk membantu mengeluarkan air dari telinga kita. Perlu kalian ketahui, bahwa hal tersebut bukan cara yang tepat!

Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher dr. Ashadi Budi, Sp. THTBKL, menjelaskan bahwa liang telinga adalah saluran yang buntu dan bentuknya sedikit melengkung. Panjangnya saja hanya 2,5 cm dengan diameter 9 mm. Ketika air masuk ke telinga, sebenarnya airnya hanya diam saja di dalam telinga. Tanpa perlu dikeluarkan air akan kering dengan sendirinya.

Meski tidak menyebabkan sakit, tapi telinga yang kemasukan air rasanya tidak nyaman. Hal ini, yang membuat banyak orang menggunakan cotton bud untuk mengorek telinga untuk mengeluarkan airnya.

“Bentuk cotton bud itu lurus, sementara air yang masuk ke telinga itu berada dibagian telinga yang melengkung. Sebenarnya tidak ada gunanya menggunakan cotton bud, untuk mengeluarkan airnya. Yang terjadi malah telinga menjadi sakit karena proses mengoreknya tersebut,” ujar dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Dokter Ashadi menyarankan sebaiknya menggunakan air untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Caranya masukan sedikit air ke telinga, kemudian miringkan kepala. Pilihlah air yang bersih atau air minum. Lakukan satu hingga tiga kali. Apabila lebih dari tiga kali tidak berhasil, kemugkinan di dalam telinga kita terdapat kotoran. Yang mana air tersebut bisa sebabkan kotoran di dalam telinga menjadi mengembang. Jika mendapati situasi seperti ini tidak boleh dikorek dengan cotton bud. “Jangan dikorek, jika dikorek telinga bisa bengkak. Malah nanti muncul dua masalah. Masalah kotoran dan telinga bengkak,” saran dokter Ashadi.

Jika masalah berlanjut, sebaiknya dibawa ke dokter ya!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein
img
Dukung Lansia Rayakan Sucinya Lebaran Tanpa Keluhan Sendi, PEROSI Bagikan Akses Susu Bernutrisi