Ciptakan Budaya Pangan Berkelanjutan melalui Kampanye ‘Better life for all’

Novita Sari - Senin, 11 Maret 2024
Komitmen LG untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan. Foto: Ist
Komitmen LG untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan. Foto: Ist
A A A

Umumkan kampanye “Better life for all”, menjadi inisiatif perusahaan elektronik, LG untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan. Food waste atau makanan yang terbuang dan menjadi sampah serta kerawanan pangan (food insecurity) menjadi bahasan utama kampanye yang menyasar generasi muda ini.

Dilakukan melalui rangkaian kegiatan diantaranya; lokakarya pendidikan, Better Life Festival, dan pembagian makanan ke masyarakat yang kurang mampu. Kampanye ini dengan penuh semangat menegaskan praktik-praktik berkelanjutan yang bertujuan mengubah cara kita memandang dan menghargai makanan.

“Ini telah menjadi kampanye global perusahaan yang mewujudkan janji kami untuk masa depan dan inovasi bagi bumi dan manusia didalamnya," ujar Lee Taejin, President of PT. LG Electronics Indonesia. "Kami percaya kekuatan inovasi dapat mengatasi masalah-masalah sosial yang krusial, termasuk food waste dan kerawanan pangan. Kampanye ini mencerminkan dedikasi kami untuk memberikan dampak berarti akan penanganan food waste atau makanan yang terbuang dan menjadi sampah, baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan melibatkan generasi muda, kami ingin menginspirasi perubahan positif dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Kami pun menyadari bahwa dengan memberdayakan generasi muda, akan terbentuk juga tanggung jawab dan kesadaran lingkungan untuk generasi mendatang," ujarnya lagi.

Terkait dengan food waste, hal yang menjadi bahasan utama dalam kampanye ini, menjadi isu yang terbilang mengkhawatirkan di Indonesia. Hal ini salah satunya dapat dengan mudah dilihat dari jumlah food waste di Indonesia yang menempati peringkat kedua di dunia dengan 20,93 juta ton per tahun. Tanpa disadari, hal ini menyebabkan kerugian ekonomi sekitar 213-551 triliun rupiah per tahun. Mirisnya, dengan berada pada peringkat ke-77 dari 125 negara dalam Global Hunger Index 2023, Indonesia masih dikatakan memiliki permasalahan serius dalam bidang kerawanan pangan.

Untuk meningkatkan kesadaran akan food waste, kampanye ini juga berkolaborasi dengan Devina Hermawan sebagai salah satu chef ternama Indonesia dalam menciptakan Better Life Recipe yang menekankan proses meminimalisir terjadinya makanan terbuang. Lewat media sosial, masyarakat juga bisa membagikan hidangan Ramadan favoritnya pada sesama, sehingga tak menyisakan sisa makanan. “Pesan besar yang kami bawa pada tantangan ini yaitu mengenai pentingnya untuk menyantap makanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga tak bersisa dan justru menjadi pangan terbuang, terlebih di bulan Ramadan,” tegas Lee Taejin.

Kampanye ini bertujuan mengubah cara kita memandang dan menghargai makanan. Foto: Ist
Kampanye ini bertujuan mengubah cara kita memandang dan menghargai makanan. Foto: Ist

Untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan makanan dengan bijak, digelar pula sesi lokakarya sepanjang dua hari di Chillax Sudirman pada 19-20 April 2024 mendatang. Melalui workshop ini, generasi muda akan mendapatkan pemahaman dan kesempatan merasakan pengalaman yang lebih peduli tentang food waste dan gaya hidup berkelanjutan. Festival ini juga mengundang para ahli dan aktivis bidang pangan untuk berbagi wawasan dalam rangkaian sesi talkshow.

"Sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia tak termakan. Sebuah fakta mengejutkan yang tidak berubah selama karier saya di food banking," ujar Herman Andryanto, Co-Founder of FoodCycle Indonesia. "Kami berkomitmen melibatkan para pemangku kepentingan dalam mengentaskan kerawanan pangan dan membangun masyarakat tangguh,” tandasnya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Wisata Selam Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya
img
Mau Healing Sekaligus Jalin Bonding? Main Golf dalam Ruang Saja!
img
Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas