Disabilitas Menyala Tanpa Batas, Buka Peluang Luas Bagi Teman-teman Disabilitas untuk Raih Kebebasan Finansial

Novita Sari - Jumat, 21 Juni 2024
Ki-ka: Amir Widjaya-Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC, Angkie Yudistia-Staf Khusus Presiden RI, Sociopreneur & Author, dan Trian Airlangga-Moderator. Foto: Ist
Ki-ka: Amir Widjaya-Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC, Angkie Yudistia-Staf Khusus Presiden RI, Sociopreneur & Author, dan Trian Airlangga-Moderator. Foto: Ist
A A A

Masih dalam bulan peringatan Hari Peduli Sedunia yang jatuh pada 7 Juni lalu, dan sebagai upaya untuk meningkatkan inklusivitas dalam memberikan akses literasi keuangan yang lebih luas kepada setiap lapisan masyarakat, OCBC mengumumkan inisiatif terbaru yang diberi nama “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas”. 

Program ini dirancang khusus untuk membuka peluang lebih luas bagi teman-teman disabilitas dalam mengakses pengetahuan dan sumber daya keuangan, memastikan bahwa setiap individu, tanpa terkecuali, dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mandiri.

Teman-teman disabilitas sering kali menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses terhadap sumber daya dan pendidikan keuangan yang memadai. Survei dari Menembus Batas di Januari 2024 menunjukkan bahwa 55,3% responden yang merupakan teman-teman disabilitas tidak pernah mendengar atau mempelajari secara mendalam literasi keuangan mengenai produk-produk keuangan, meski banyak di antara mereka yang sudah memiliki kesadaran bahwa mengelola keuangan itu menjadi hal penting.

Aleta Hanafi, Brand & Communications Division Head OCBC, menyatakan, “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas merupakan salah satu wujud program CSR kami di pilar edukasi, dimana kami percaya bahwa pengetahuan literasi keuangan yang tepat, akan membantu tiap individu untuk dapat mencapai life goals keuangan.”

“Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan lembaga organisasi non-profit, dan komunitas disabilitas untuk terus memperkaya dan menyempurnakan program edukasi keuangan terbaik bagi teman-teman disabilitas,” tambahnya.

Sejalan dengan arahan OJK dalam strategi nasional mereka yakni mendorong perusahaan untuk memperkuat aliansi strategis dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan edukasi keuangan secara langsung kepada segmen teman-teman disabilitas. Wujud nyata tersebut dilakukan dalam program Financial Education Board Game bersama volunteer di salah satu Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Jakarta. Hal ini yang menginspirasi untuk mengembangkan Ruangmenyala.com yang ramah bagi teman-teman disabilitas.

“Kami percaya bahwa pendekatan literasi keuangan tidak selalu membosankan, melalui Ruang ini, teman-teman disabilitas dapat memulai perjalanan #FinanciallyFit melalui serangkaian workshop, webinar, dan materi edukasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan teman-teman disabilitas dengan menggabungkan teknologi dan metodologi pengajaran yang sesuai bagi mereka,“ ujar Amir Widjaya, Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC pada Kamis, 20 Juni 2024 di Sunyi Coffee, Barito, Jakarta Selatan.

Amir menambahkan, "Ruang ini adalah ekosistem yang dibangun untuk memberikan akses literasi keuangan bagi semua. Diluncurkan pada tahun 2021, saat ini telah memiliki 141.577 members. Selain kelas-kelas edukasi, kami pun menyediakan bimbingan dari Financial Coach, didukung dengan akses tanpa batas secara gratis, maupun edukasi mengenai pemahaman produk-produk keuangan yang beragam. Dengan demikian, teman-teman disabilitas juga bisa mendapatkan keuntungan dari produk dan layanan NYALA kami untuk menabung, berinvestasi, dan sambil tetap memenuhi gaya hidup (lifestyle) demi mencapai aspirasi tujuan keuangan (lifegoals) masing-masing.”

Ki-ka: Aleta Hanafi; Dante Rigmalia; dan Amir Widjaya. Foto: Ist
Ki-ka: Aleta Hanafi; Dante Rigmalia; dan Amir Widjaya. Foto: Ist

Tahun ini pengembangan Ruang dilakukan untuk menjangkau teman-teman disabilitas dalam mempelajari dasar-dasar pengelolaan keuangan pribadi seperti budgeting, pengelolaan utang, investasi, dan perencanaan masa depan melalui:

• Kelas online dan tatap muka regular dengan dukungan juru bahasa isyarat yang nyaman dan mudah diakses bagi teman-teman disabilitas,

• Video pembelajaran yang dilengkapi terjemahan bahasa isyarat dan subtitle untuk membantu mereka memahami konsep pengelolaan keuangan yang lebih baik,

• #FinanciallyFit audiobook dari buku ‘12 PILLARS OF #FINANCIALLYFIT’, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan orang dengan gangguan penglihatan.

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI, Sociopreneur & Author yang turut hadir di acara tersebut mengapresiasi program ini dan mengatakan, “Penyandang Disabilitas yang merupakan kelompok masyarakat rentan dan indeks literasinya masih rendah, belum menjadi salah satu fokus sasaran edukasi. Hal tersebut karena adanya hambatan upaya literasi keuangan khususnya kepada segmen yang sulit dijangkau dengan digitalisasi sekalipun, seperti masyarakat yang tidak terafiliasi pada ikatan atau komunitas tertentu seperti teman-teman disabilitas. Sejalan dengan temuan dari survei dari Menembus Batas di Januari 2024, kebanyakkan tidak tahu tentang pengetahuan keuangan (knowledge). Kunci utamanya adalah kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta dalam memberikan akses yang terbuka bagi mereka. Kesehatan finansial tidak hanya penting untuk pencapaian pribadi tetapi juga merupakan komponen vital dalam mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.”

Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh Dante Rigmalia, Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) yang juga menekankan tentang Komisi Nasional Disabilitas (KND) beroperasi dalam hal memastikan dan memantau pelaksanaan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak teman-teman disabilitas. Untuk itu, KND terus berupaya memantau, mengevaluasi, serta secara aktif melakukan advokasi dan kerja sama ke semua lintas sektoral, termasuk juga organisasi para teman-teman disabilitas untuk akses pendidikan yang setara untuk mereka.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Seru-seruan di Explore Wonderland Bersama si Kecil, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emasnya 
img
Lidah Dunia Puji Kelezatannya, Mi Instan Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi
img
Rahasia Dapur Terbongkar! Demo Masak Inspiratif Bareng Chef Nicky Tirta Bersama Dua Komunitas Ibu dan Gadis
img
Kembali Digelar, Bandung – Lembang Bakal Jadi Saksi 308 Pelari Perjuangkan Hak Anak di Run To Care 2024