Earth Month, Gerai Kopi Ini Berfokus pada Pengupayaan Keberlanjutan Bersama-sama

Efa Trapulina - Kamis, 18 April 2024
Untuk menyemarakkan Earth Month, kita bisa menggunakan barang-barang daur ulang dan merayakan langkah kecil mencintai bumi secara bersama-sama (Foto: dok. Starbucks)
Untuk menyemarakkan Earth Month, kita bisa menggunakan barang-barang daur ulang dan merayakan langkah kecil mencintai bumi secara bersama-sama (Foto: dok. Starbucks)
A A A

Bulan April masih belum berlalu nih, Moms. Masih ada waktu untuk merayakannya. Ya, April selalu diperingati sebagai Bulan Bumi atau Earth Month.

Pada peringatan Earth Month tahun ini, Starbucks Indonesia mengajak para pelanggannya untuk bertransisi dari fokus pada individu dalam menggunakan barang-barang daur ulang menjadi perayaan atas hal-hal kecil yang kita lakukan bersama.

“Kami ingin mengajak Anda semua untuk mengubah tujuan besar menjadi kemungkinan nyata dengan bersatu sebagai sebuah tim dan berfokus pada pekerjaan yang kita lakukan. Tak peduli seberapa kecilnya langkah yang telah kita lakukan untuk mencintai bumi, tapi jika hal tersebut digabungkan, pasti akan membuat perubahan yang besar,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer, PT Sari Coffee Indonesia.

Untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramah lingkungan bagi pelanggan dan mitra, di bulan April ini gerai kopi tersebut ingin memperkenalkan beberapa merchandise penuh gaya dari bahan upcycle seperti circular cup berbahan dasar kopi dan upcycle plastic, juga tote bag dan tas laptop dari bahan daur ulang sampah plastik.

Sebagai bonus, pelanggan akan mendapatkan stiker Earth Month secara gratis setiap pembelian circular cup. Dan spesial bagi member bisa mendapatkan tas laptop eksklusif hanya dengan melakukan pembelanjaan akumulasi hingga 1 juta menggunakan aplikasi mereka selama periode 1- 30 April 2024.

Starbucks Bulan Bumi
Merayakan Earth Month tahun ini dengan tema “A Team Effort”

Dari sisi makanan, mereka menghadirkan Vegan Vish Sandwich dan Vegan Blueberry Cheesecake Parfait hasil kolaborasi dengan mitra lokal, Green Rebel – sebuah startup teknologi pangan nabati yang membuat daging dan ayam nabati khas rasa Asia – serta Vegan Cinnamon Spikoe Cookie

Inisiatif hijau ini sebenarnya bukan hal baru bagi gerai kopi ini. Untuk berkontribusi lebih banyak terhadap bumi, mereka telah memiliki komitmen panjang untuk berinvestasi pada komunitas yang dilayaninya di seluruh dunia, salah satunya lewat program Starbucks Greener Nusantara yang sudah diinisiasi sejak tahun 2018.

Penggunaan sedotan plastik sekali pakai diganti dengan sedotan berbahan dasar kertas yang aman digunakan, mengganti semua gelas plastik dengan gelas daur ulang berbahan 100% recycled poly-ethylene terephthalate (rPET), terus menggalakkan program Bring Your Own Tumbler (BYOT) setiap hari Kamis dan tanggal 22 setiap bulannya, menawarkan pelanggan untuk menggunakan for-here mug atau gelas jika ingin menikmati minuman di dalam gerai, dan pelanggan juga bisa memperoleh ampas kopi secara cuma-cuma di seluruh gerai yang bisa dijadikan pupuk tanaman.

Moms dan Dads juga bisa turut menyemarakkan Bulan Bumi dengan berpartisipasi dalam kampanye #ATeamEffort yang mereka luncurkan. Di sini, pelanggan dapat menyumbangkan bibit pohon kopi kepada para petani kopi di beberapa area di Indonesia dari setiap pembelanjaan yang dilakukan selama periode 15 April hingga 12 Mei 2024.

Caranya mudah, setiap melakukan transaksi pembelian 5 produk Earth Month menggunakan aplikasi, pelanggan telah menyumbangkan 1 bibit pohon kopi. Semua transaksi ini dapat dipantau pada aplikasi.

Di akhir periode, 5 pelanggan yang berhasil mengumpulkan coffee seeds terbanyak di aplikasi berhak mengikuti Coffee Trip  ke Bali selama 3 hari 2 malam – termasuk mengikuti seremonial penyerahan donasi bibit pohon kopi kepada petani kopi di Bali dan tur ke gerai mereka di sana.

“Kami percaya bahwa tanggung jawab kami adalah membangun masa depan yang lebih berkelanjutan, adil, dan berketahanan bagi kopi, komunitas, dan planet kita,” tutup Liryawati.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish
img
Ingin Aman Terbang dan Bepergian? Selipkan Asuransi Perjalanan untuk Ringankan Risiko Finansial
img
Ingin Glow Up, Kini Gak Ribet Lagi! Beli Skincare dan Makeup Dikirim Sejam Sampai