Fitur Interaktif Live Streaming Terbukti Tingkatkan Performa Bisnis, Pelaku UMKM Ungkap Fakta 

Efa Trapulina - Sabtu, 22 Juni 2024
Bawa peluang lewat fitur interaktif, Shopee dorong UMKM dan Brand Lokal perkuat potensi bisnis di tahun 2024 (Foto: Ist)
Bawa peluang lewat fitur interaktif, Shopee dorong UMKM dan Brand Lokal perkuat potensi bisnis di tahun 2024 (Foto: Ist)
A A A

Moms pernah belanja suatu produk setelah menonton live video streaming yang dilakukan oleh seller atau penjual? Yups, penelitian dari Livestream.com menemukan bahwa 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada membaca tulisan dari brand tersebut. 

Menjadikan pengalaman belanja menjadi penuh daya tarik yang menyenangkan lewat video juga telah lama dilakukan Shopee melalui fitur interaktif Shopee Live. Fitur Live ini menghubungkan lebih dekat para pengguna melalui pengalaman belanja penuh interaksi dan konten visual. Bahkan, fitur ini mendapatkan tempat di hati pengguna sebagai kanal pembelian favorit. 

Hasilnya ditunjukkan dengan pencapaian luar biasa selama semester pertama 2024. Toko online oranye ini mencatatkan peningkatan penjualan produk UMKM dan brand lokal lebih dari 13 kali lipat melalui fitur Live dibandingkan tahun lalu.

Capaian positif tersebut merupakan implikasi kinerja pertumbuhan para pelaku UMKM dan Brand lokal yang semakin piawai dalam mengembangkan kehadiran fitur Live sebagai kanal alternatif utama penjualan mereka. 

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, “Kini, kita dapat melihat meningkatnya jumlah pelaku UMKM dan Brand lokal yang berhasil mencapai potensi bisnis maksimal sejalan dengan semakin tingginya antusiasme dan permintaan pengguna terhadap produk lokal.”

Ia melanjutkan, fitur interaktif Live Streaming di platform e-commerce tersebut telah berkontribusi terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal secara signifikan. Sebanyak 95% UMKM dan Brand Lokal yang telah bergabung di Shopee Live sejak tahun lalu mengalami peningkatan transaksi signifikan di awal tahun ini. Hal ini dapat dilihat dari beragam kisah sukses pelaku UMKM dan brand lokal, antara lain: 

  • Jason Marcel Chendrawan

Direktur Les Catino, brand lokal tas yang telah hadir di Indonesia sejak 1992 ini, turut merasakan peningkatan performa bisnis selama memanfaatkan fitur Live. Pihaknya mencatat adanya lonjakan transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat di semester awal 2024, yang mendorong perluasan jangkauan bisnis hingga mampu membuka peluang dan lapangan pekerjaan untuk orang sekitar. 

"Kehadiran fitur Live telah mentransformasi cara kami dalam berbisnis. Sebagai brand lokal yang selalu ingin menghadirkan tren terbaru untuk konsumen, fitur Live menjadi wadah yang menjembatani kami dengan kebutuhan dan keinginan pasar, bahkan berhasil membangun loyalitas yang kuat,” urai Jason.

  • Cella Vanessa

CEO dari brand Azarine Cosmetic ini juga mengakui bahwa fitur Live telah memberikan dampak positif yang signifikan pada bisnisnya. Ia mengungkapkan “Live stream ini telah memberikan warna baru dalam strategi bisnis kami. Sejak bergabung dan memanfaatkan fitur Live sebagai salah satu kanal penjualan, begitu banyak aspek positif yang kami rasakan bahkan dalam perjalanan di tahun 2024 ini, kami berhasil mencatatkan hingga 32 kali lipat lonjakan transaksi yang begitu nyata. Interaksi langsung dengan pelanggan membuat kami bisa memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menarik,” katanya. 

Banyaknya jangkauan penonton yang memang bertujuan untuk berbelanja juga menjadi alasan utama ia memilih untuk berkembang bersama toko online oranye ini. 

“Kami percaya bahwa melalui kerja keras dan kolaborasi strategis, dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi seluruh insan pelaku UMKM serta tentunya para pengguna. Kami akan bertekad untuk terus menjadi garda terdepan dalam memajukan industri UMKM dan brand lokal di tanah air sekaligus bersinergi mewujudkan misi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital yang inklusif," tutup Monica.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Seru-seruan di Explore Wonderland Bersama si Kecil, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emasnya 
img
Lidah Dunia Puji Kelezatannya, Mi Instan Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi
img
Rahasia Dapur Terbongkar! Demo Masak Inspiratif Bareng Chef Nicky Tirta Bersama Dua Komunitas Ibu dan Gadis
img
Kembali Digelar, Bandung – Lembang Bakal Jadi Saksi 308 Pelari Perjuangkan Hak Anak di Run To Care 2024