Hadir dalam Format Musikal dan Sentuhan Modern, Lutung Kasarung Sukses Bius Penikmat Seni!

Efa Trapulina - Selasa, 17 September 2024
Salah satu adegan dalam pertunjukan musikal Lutung Kasarung oleh EKI Dance Company (Foto: dok. Galeri Indonesia Kaya)
Salah satu adegan dalam pertunjukan musikal Lutung Kasarung oleh EKI Dance Company (Foto: dok. Galeri Indonesia Kaya)
A A A

Bagi Moms dan Dads yang ingin mencari aktivitas seru dan edukatif untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga, Galeri Indonesia Kaya (GIK) punya kabar baik. Sepanjang September 2024, mereka menyajikan sesuatu yang luar biasa di Auditorium, yakni pertunjukan musikal yang mengangkat cerita rakyat Indonesia dalam balutan modern.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (14/9/24) lalu, penikmat seni dihibur dengan sebuah cerita rakyat dari Jawa Barat dalam bentuk pertunjukan Musikal Lutung Kasarung oleh EKY Dance Company, yang memadukan konsep tradisi budaya tradisional dan modern.

Pertunjukan musikal Lutung Kasarung (Foto: Ist)
Pertunjukan musikal Lutung Kasarung (Foto: Ist)

EKI Dance Company adalah bintang dalam dunia seni pertunjukan Indonesia. Selama lebih dari 25 tahun, mereka telah memproduksi berbagai karya tari, musikal, dan pertunjukan lainnya yang memukau. Dengan tim yang berdedikasi dan profesional, mereka kerap dipercaya untuk event-event bergengsi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Diuraikan oleh Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya, Lutung Kasarung merupakan salah satu cerita rakyat web series program #MusikalDiRumahAja bersama EKI Dance Company dalam format video di kanal YouTube IndonesiaKaya sejak tahun 2020 lalu.

“Berangkat dari antusiasme para penikmat seni di YouTube yang tertarik untuk menyaksikan cerita rakyat Lutung Kasarung secara langsung di atas panggung seni pertunjukan, akhirnya di tahun ini kami menghadirkannya ke atas panggung. Semoga pertunjukan ini dapat menghibur dan juga memenuhi keinginan para penikmat seni yang ingin menyaksikannya secara langsung,” ujar Renitasari.

Pertunjukan musikal Lutung Kasarung (Foto: Ist)
Pertunjukan musikal Lutung Kasarung (Foto: Ist)

Kisah Lutung Kasarung ini dihidupkan dengan penuh warna oleh sutradara sekaligus penulis naskah Ara Ajisiwi dan musik oleh Oni Krisnerwinto. Ara Ajisiwi, juga memerankan tokoh Purbararang. Ara yang merupakan penari profesional ini sangat piawai dalam mengemas pertunjukan. Dia sangat ahli dalam menyajikan cerita Lutung Kasarung dengan sentuhan kekinian yang menarik bagi generasi Z. Dengan dialog yang segar dan penuh humor serta musik yang menggabungkan unsur-unsur masa kini, pertunjukan selama 60 menit ini sukses membius para penikmat seni yang menonton.

Pertunjukan ini tidak hanya menawarkan cerita yang menarik tetapi juga melibatkan dua bintang tamu keren, Gerry Gerardo dan Uli Herdi, yang menambah kemeriahan acara. Selipan dialog interaktif dengan penonton membuat penikmat seni merasa seperti bagian dari cerita.

Nala Amrytha, Produser sekaligus pemeran Purbasari, berharap bahwa pertunjukan ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pesan moral yang penting. “Kisah Lutung Kasarung merupakan sebuah cerita rakyat yang memiliki banyak nilai moral dan budaya, seperti saling memaafkan, tidak merendahkan orang lain, dan menghindari bersikap kasar, sombong, kejam, iri hati pada siapapun,” katanya.  

Jadi, selain seru-seruan, Moms dan keluarga juga bisa mendapatkan pelajaran berharga.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Magic Neo dengan Teknologi BEST, Rahasia Dapur Impian Keluarga Indonesia
img
Sinergi Sikat Gigi dan Wonderful Indonesia di Kepulauan Seribu Meriahkan Peringatan HKGN 2024
img
Film Aksi Terbaru Timo Tjahjanto Sukses Mengguncang Midnight Madness di TIFF
img
Hadir dalam Format Musikal dan Sentuhan Modern, Lutung Kasarung Sukses Bius Penikmat Seni!