Indonesia Menjadi Salah Satu Destinasi Paling Diminati untuk Perayaan Tahun Baru Imlek

Novita Sari - Jumat, 26 Januari 2024
Lima destinasi paling populer yang dikunjungi di Indonesia adalah Batam, Bali sebagai favorit internasional, diikuti Bintan, Jakarta, dan Lombok. Foto: Ist
Lima destinasi paling populer yang dikunjungi di Indonesia adalah Batam, Bali sebagai favorit internasional, diikuti Bintan, Jakarta, dan Lombok. Foto: Ist
A A A

Data pemesanan dari platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan, Indonesia sebagai salah satu destinasi terpopuler untuk merayakan perayaan Tahun Baru Imlek. Indonesia menempati peringkat keempat setelah Jepang, Thailand, dan Malaysia. Sementara Bangkok muncul sebagai destinasi kota internasional paling disukai untuk liburan terbesar tahun ini di Asia.

Data pemesanan menyoroti Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Cina, dan Australia sebagai lima negara teratas yang datang ke Indonesia. Adapun lima destinasi paling populer yang dikunjungi di Indonesia adalah Batam, Bali sebagai favorit internasional, diikuti Bintan, Jakarta, dan Lombok.

Meskipun secara resmi dirayakan pada Sabtu, 10 Februari 2024 nanti, libur Tahun Baru Imlek diperpanjang menjadi long weekend di banyak negara Asia, bahkan perayaan berlangsung seminggu penuh di Cina, Jepang (Spring Holiday), dan Vietnam (Tet).

Imlek yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina, secara tradisional merupakan salah satu puncak perjalanan bagi wisatawan dari Cina. Untuk pertama kalinya sejak 2019, Cina kembali bersaing, menempati peringkat ketiga sebagai sumber pemasukan secara keseluruhan dan berada di daftar lima besar wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.

Memanfaatkan momen ini, wisatawan asal Indonesia juga menjelajahi berbagai destinasi di luar negeri, dengan lima negara teratas adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan Vietnam. Sementara di antara destinasi internasional yang sangat diminati, kota-kota yang menjadi pilihan utama adalah Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, Tokyo, dan Penang.

Gede Gunawan, Senior Country Director di Agoda, mengatakan, periode Tahun Baru Imlek adalah waktu yang signifikan untuk bepergian, tidak berbeda dengan tahun ini. Sejak tahun 2019, hotel-hotel dan destinasi-destinasi telah mengembangkan daya tarik mereka dengan perjalanan bebas visa dan insentif lainnya. Hal itu membuat mereka tidak bergantung pada satu negara dan lebih menarik bagi wisatawan baru. Namun, tidak diragukan lagi, industri perjalanan pasti menantikan kedatangan lebih banyak wisatawan dari Cina tahun ini.

Berdasarkan data regional, wisatawan yang terbanyak melakukan perjalanan (Top Travelers) berasal dari negara seperti Korea Selatan, Singapura, Cina, Hong Kong, dan Jepang. Negara-negara yang paling banyak dikunjungi (Top Visited Country) turis internasional yakni Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam, menawarkan beragam pilihan budaya dan hiburan.

Sementara kota-kota seperti Bangkok, Tokyo, Seoul, Osaka dan Taipei menjadi Top Visited City, dengan menyoroti keragaman yang kaya akan budaya dan perkotaan di kawasan ini.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Usung Semangat Cinta Budaya Lokal, Program Beauty Journey untuk Perempuan Muda Ini Kembali Hadir
img
Berawal dari Keresahan Tak Bisa Tampil Cantik saat Hamil, Ini Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha di Hari Kartini
img
Naskah Berusia Berabad-abad dari Zaman Majapahit Dipamerkan, Di Bhinneka Tunggal Ika Lontar Exhibition
img
Liburan Usai, Ini 4 Ide Aktivitas Seru untuk Kembalikan Semangat Moms!