Ingin Jadi Ahli Digital dan Bisa Bersaing di Dunia Internasional? Platform Edukasi Technology Online Ini Bisa Dilirik, Lho!

Novita Sari - Kamis, 29 Februari 2024
Jadi talenta digital, dimulai dengan mengikuti berbagai program dari BINAR. Foto: Ist
Jadi talenta digital, dimulai dengan mengikuti berbagai program dari BINAR. Foto: Ist
A A A

Bantu wujudkan Indonesia Emas 2045, BINAR, sebuah platform edukasi teknologi (edtech) online, ingin membantu Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera di tahun 2045. Caranya? Dengan mencetak banyak talenta digital yang andal dan bisa bersaing di dunia internasional.

Kenapa Talenta Digital Penting?

Sekarang ini, semua serba digital. Mau belanja, pesan ojek online, bahkan belajar pun bisa dilakukan online. Nah, talenta digital inilah yang membuat semua itu bisa berjalan.

Oleh karena itu, platform edtech ini menyediakan berbagai program edukasi untuk mencetak talenta digital yang berkualitas. Ada banyak pilihan programnya, mulai dari yang basic sampai yang advance. Siapa saja bisa gabung karena programnya dirancang mudah dipahami dan bisa diikuti.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh. Diantaranya; mendapatkan ilmu dan keterampilan digital yang dibutuhkan saat ini, memiliki peluang kerja yang lebih luas, membantu meningkatkan penghasilan keluarga, dan yang pasti bisa berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Perjalanan panjang menuju Indonesia Emas 2045 tidaklah mudah. Indonesia bahkan dunia beberapa tahun belakangan ini harus mengalami masa kelam dan sulit pasca terjadinya fenomena layoff dan hiring freeze yang menimpa berbagai sektor industri khususnya tech industries.

Namun, berdasarkan riset yang dilakukan oleh McKinsey dan Bank Dunia, Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital per tahun sepanjang tahun 2015-2030. Bahkan kebutuhan talenta digital untuk sektor industri yang tidak mudah goyah seperti perbankan dan telekomunikasi, justru meningkat.

Hal inilah yang mendorong mereka untuk terus berinovasi dan berkembang dalam melahirkan talenta-talenta digital Indonesia serta menjadi wadah untuk mempertemukan kebutuhan supply dan demand terhadap talenta digital.

BINAR Impact Report 2023 disusun dan dirancang oleh tim BINAR Research. Foto: Ist
BINAR Impact Report 2023 disusun dan dirancang oleh tim BINAR Research. Foto: Ist

Hingga tahun 2023 kemarin, ada lebih dari 180.000 talenta digital yang telah mengikuti program ini. Artinya, semenjak berdiri pada tahun 2017-2023, per tahun mereka telah melahirkan 30.000 talenta digital berkualitas yang siap untuk membantu perekonomian Indonesia. Dari angka tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka telah berhasil menyumbang 5% kebutuhan talenta digital untuk Indonesia dari total kebutuhan sebanyak 600.000 talenta digital.

Dengan lulusan talenta digital yang berkualitas, mereka telah dipercaya oleh 1.100+ Mitra, baik perusahaan swasta, pemerintahan, dan perguruan tinggi dalam mengubah dan mempercepat berbagai sektor tersebut ke era digital.

Hingga akhir tahun 2023, sebanyak 1.020+ fasilitator yang terbagi dalam lebih dari 131.00+ learning hours dan 2.000+ learning materials dalam learning ecosystem yang dikemas dengan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE), telah membantu 80% lulusan menggapai karier impiannya hanya dengan masa tunggu rata-rata 60 hari.

Jika value dari angka di atas dikalkulasikan, ternyata mereka telah menghasilkan sekitar 12,7 juta USD yang tentunya angka ini masuk sebagai produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Per tahun BINAR telah melahirkan 30.000 talenta digital berkualitas. Foto: Ist
Per tahun BINAR telah melahirkan 30.000 talenta digital berkualitas. Foto: Ist

Pencapaian selama tahun 2023 tersebut menjadikan pacuan semangat kedepannya bagi Alamanda Shantika, CEO BINAR dalam mendukung Indonesia Emas 2045. Alamanda pun optimis dengan pertumbuhan talenta digital Indonesia yang kian pesat dan dapat bersaing di era global.

“Hingga saat ini lulusan kami sudah tersebar luas di dalam maupun luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan alokasi alumni pada industri yang beragam seperti perbankan, retail, institusi pemerintahan, BUMN, otomotif, telekomunikasi, dan lain sebagainya. Bahkan, tidak sedikit alumni kami pada tahun 2023 berhasil mengejar karier di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, dan Jepang. Ini menjadi bukti bahwa talenta digital Indonesia dapat terus berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan pasar global,” pungkas Alamanda.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!