Ini Nutrisi Penting yang Dibutuhkan untuk Cegah Anemia pada Anak!

Novita Sari - Sabtu, 23 Maret 2024
Foto: Ist
Foto: Ist
A A A

Moms and Dads, tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil, termasuk dalam hal nutrisi. Salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai saat ini adalah anemia defisiensi zat besi, yang dapat menghambat tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Bahkan data menyebutkan, 1 dari 3 anak di bawah 5 tahun di Indonesia mengalami anemia. Kondisi ini juga diperparah dengan masih rendahnya konsumsi protein hewani anak-anak Indonesia termasuk susu maupun produk turunannya.

Namun jangan khawatir, hal ini bisa diatasi dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat, salah satunya melalui susu pertumbuhan. Akan tetapi, banyaknya pilihan jenis susu di pasaran seperti susu pertumbuhan, susu segar, susu kotak cair, kerap membuat orangtua salah paham bahwa semua jenis susu itu sama. Faktanya, tidak semua susu sama, karena beberapa jenis susu memiliki jumlah nutrisi yang berbeda, terutama nutrisi penting untuk cegah kekurangan zat besi dan maksimalkan pertumbuhan anak.

Menurut ahli nutrisi, Moms perlu mengecek kandungan nutrisi yang terdapat pada susu dan membandingkannya dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Dalam artikel berjudul ‘Tidak Semua Susu Sama, Jenis Apa yang Dibutuhkan Anak? Ini Kata Ahli!’, ahli nutrisi telah melakukan perbandingan nilai gizi di susu fortifikasi dan susu kotak cair. Dimana dari perbandingan tersebut menunjukkan bahwa susu pertumbuhan terfortifikasi mengandung mikronutrien yang lebih lengkap dan lebih tinggi dibandingkan susu kotak cair.

Menyadari pentingnya nutrisi yang tepat untuk dukung tumbuh kembang maksimal anak dan pencegahan anemia defisiensi besi, merek susu pertumbuhan SGM Eksplor memiliki misi untuk mendukung peningkatan gizi anak Indonesia agar tumbuh kembang mereka optimal untuk jadi anak generasi maju. Maka dari itu, mereka hadir sebagai satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung IronC - kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, yang teruji klinis bantu penyerapan Zat Besi hingga dua kali lipat.

Foto: Ist
Foto: Ist

“Dengan pengalaman selama 70 tahun menyediakan akses  nutrisi terbaik dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, kami berkomitmen terus mengedukasi orangtua dalam memilih nutrisi untuk dukung pertumbuhan maksimal si Kecil. Faktanya, tidak semua susu sama sehingga orangtua mesti jeli dalam memilih dan memilah kandungan nutrisi yang dibutuhkan agar si Kecil dapat tumbuh maksimal. Untuk itu, kami mengajak para orangtua untuk selalu membaca kandungan nutrisi yang tertera pada label kemasan, sebab isinya lebih penting,” tandas Anggi Morika Septie, Marketing Manager SGM Eksplor.

“Mengutip hasil penelitian baru yang disampaikan dalam International Conference on Health and Well-Being (ICHWB) pada 6 Desember 2023 lalu menyebutkan bahwa anak yang secara rutin mengonsumsi susu yang diperuntukan bagi si Kecil di atas satu tahun ini, minimal dua kali sehari dan sesuai dengan sajian yang dianjurkan, terbukti dapat mendukung tercapainya 100% kecukupan zat besi harian anak sesuai AKG selain dari makanan. Lebih lanjut, kecukupan zat besi harian pada si Kecil terbukti secara signifikan mendukung penambahan tinggi badan dan berat badan,” tambah Anggi.

Referensi lain juga menunjukkan bahwa berdasarkan perbandingan Informasi Nilai Gizi yang tercantum pada kemasan, susu pertumbuhan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding susu kotak cair yang beredar di pasaran. Dengan nutrisi yang lebih banyak, orangtua juga tidak perlu membayar lebih karena harganya sangat bersahabat bagi para ibu di Indonesia dibanding susu kotak cair.

“Kami berharap semakin banyak orangtua di Indonesia yang memahami bahwa tidak semua susu sama sehingga dapat lebih bijak dalam melengkapi asupan nutrisi si Kecil,” tutup Anggi.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein
img
Dukung Lansia Rayakan Sucinya Lebaran Tanpa Keluhan Sendi, PEROSI Bagikan Akses Susu Bernutrisi