Inspiratif! Begini Gaya Hidup Ramah Lingkungan untuk Keluarga Indonesia

Novita Sari - Rabu, 28 Agustus 2024
Ki-ka: Tasha Sianturi, Ririn Basuki, Rommy Ramadhan, dan Elfina Rira. Foto: Dok. IKEA
Ki-ka: Tasha Sianturi, Ririn Basuki, Rommy Ramadhan, dan Elfina Rira. Foto: Dok. IKEA
A A A

Moms, tahu nggak sih kalau IKEA sekarang lagi asyik banget ngajak kita semua buat hidup lebih ramah lingkungan? Secara khusus mereka mengadakan acara seru di toko perabotnya yang berlokasi di Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur untuk mengajarkan kita banyak cara buat jaga Bumi.

Dalam acara konferensi pers yang digelar pada Rabu, 28 Agustus 2024, dipandu oleh Elfina Rira, Interior Design Specialist IKEA Jakarta Garden City, awak media bisa melihat langsung salah satu konsep ruangan dapur yang semua perabotnya terbuat dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Mulai dari taplak meja makan, penutup lampu-lampu di atas meja makan yang terbuat dari bambu, keran yang bisa menghemat air hingga 50 persen, penutup panci yang bisa menghemat energi, tempat sampah yang sudah didesain sesuai dengan jenis sampahnya, hingga boks-boks yang juga terbuat dari bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Keren banget, ya, Moms?  

Tidak main-main, perusahaan asal Swedia ini memang punya banyak cara untuk bikin hidup kita lebih nyaman dan juga nggak nyusahin Bumi! Selain bikin toko yang hemat energi, daur ulang botol plastik, stiker green dot, juga punya banyak produk yang bahan bakunya ramah lingkungan.

Kerennya lagi, mereka pun mengajak dan mengajari kita cara memilih barang-barang yang bisa dipakai lama, biar nggak sering-sering ganti dan mengurangi sampah. Pokoknya, mereka mau kita semua bisa hidup bahagia tanpa harus bikin Bumi sedih.

Nah, kalau Moms ke toko perabot ini, coba perhatikan ya, ada banyak produk yang dikasih tanda khusus, seperti lingkaran hijau gitu (green dot). Itu artinya produknya ramah lingkungan. Jadi, kita bisa pilih-pilih barang yang nggak cuma bagus buat rumah, tapi juga buat Bumi kita.

Dalam kesempatan ini, Tasha Sianturi, Sustainability Specialist IKEA Indonesia, mengatakan, perubahan iklim terus menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi manusia  saat ini dan akan menyebabkan kerusakan alam, perubahan pola cuaca, serta krisis pangan dan air.

“Dalam mengatasi hal ini, kami mencanangkan visi, komitmen dan strategi People and Planet Positive berbasis keberlanjutan. Adanya komitmen ini mengharuskan kami menerapkan kebijakan perusahaan yang didasari oleh prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak sosial yang positif dengan perlindungan dan regenerasi lingkungan,” ujar Tasha.

Dalam rangka mengurangi jejak karbon dan melestarikan lingkungan, toko yang berlokasi di kawasan Cakung Jakarta Timur ini memperkenalkan dua inisiatif ramah lingkungan yang mengedepankan keberlanjutan alam yaitu: program daur ulang botol plastik dan penandaan produk ramah lingkungan berlabel hijau “green dot”.

“Dengan adanya komitmen dan strategi keberlanjutan, kami ingin memberikan dampak positif bagi dunia – mulai dari komunitas tempat kami mendapatkan bahan baku hingga cara produk kami membantu pelanggan menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan di rumah,” ungkap Ririn Basuki, PR & Communications Manager IKEA Indonesia. 

Ki-ka: Ririn Basuki, Tasha Sianturi, Elfina Rira, dan Bastian (MC). Foto: Dok. IKEA
Ki-ka: Ririn Basuki, Tasha Sianturi, Elfina Rira, dan Bastian (MC). Foto: Dok. IKEA

Dengan visi menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk banyak orang, mereka percaya bahwa kehidupan tersebut akan lebih baik jika dijalani secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, misi mereka secara keseluruhan adalah memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi mendatang.

Untuk menciptakan solusi kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, mereka merancang tiga pilar utama sebagai bagian dari strategi keberlanjutannya: 

Healthy and sustainable living: Menginspirasi dan memungkinkan masyarakat untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Circular and climate positive: Bertransformasi menjadi bisnis sirkular: Memperpanjang umur produk dan material dan mendaur ulang sumber daya dengan cara yang lebih cerdas.

Fair and equal: Menjadi bisnis yang bertanggung jawab dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitar serta menghormati kesetaraan, keberagaman, dan inklusivitas.

Pada tahun 2024 ini, mereka fokus pada penerapan pilar strategi circular and climate positive dan healthy and sustainable living.

Program Daur Ulang Botol Plastik di Toko JGC

Dalam upaya mengurangi dampak lingkungan, secara aktif mendorong pelanggan dan karyawan berpartisipasi dalam program daur ulang. 

“Untuk mendukung upaya ini, kami adakan program “Bottle Exchange”, dimana pengunjung bisa mendapatkan satu stempel setiap mendonasikan 10 botol plastik. Bekerja sama dengan organisasi nirlaba, program ini hadir untuk dapat memberikan akses yang lebih mudah dan dekat bagi pelanggan untuk melakukan daur ulang plastik sehingga dapat membantu pengurangan sampah,” jelas Rommy Ramadhan, Easy Buying & Shopping Experience Manager.

Setiap penukaran 10 botol plastik, pelanggan akan mendapat satu stempel. Foto: Novi
Setiap penukaran 10 botol plastik, pelanggan akan mendapat satu stempel. Foto: Novi

Untuk menukarkan botol plastik, pengunjung dapat mengunjungi kotak yang tersedia di bagian Layanan Pelanggan. Sebelum membawa dan menukarkan botol, perlu dipahami bahwa tidak semua tipe botol bekas bisa ditukar, karena botol yang diterima hanya botol PET dan HDPE yang sudah dibersihkan. Setiap penukaran 10 botol plastik, pelanggan akan mendapat satu stempel. Bila sudah terkumpul 10 stempel, maka pelanggan bisa menukarkan stempel tersebut untuk mendapatkan apresiasi berupa es krim gratis. 

Stiker Label Hijau, Green Dot

Green dot merupakan upaya komunikasi mengenai keberlanjutan yang telah diterapkan. Produk perabot yang diberikan stiker lingkaran berwarna hijau, menandakan bahwa produk tersebut dibuat dari bahan dasar yang lebih ramah lingkungan, tahan lama, mudah diperbaharui, sehingga mendukung berkelanjutan.

“Stiker green dot merupakan upaya dalam bentuk komunikasi kepada pelanggan untuk memilih penggunaan produk perabot yang lebih ramah lingkungan. Motto dari program green dot ini adalah perubahan kecil, dampak besar, yang berarti hal kecil seperti mengubah bahan dasar perabot yang lebih berkelanjutan dapat memberi dampak besar pada lingkungan agar tidak tercemar dengan produk sekali pakai. Dengan adanya komunikasi melalui green dot ini, kami berharap dapat membantu memudahkan pelanggan untuk menemukan pilhan produk perabot yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Elfina Rira.

Dua upaya keberlanjutan tersebut memiliki beberapa keuntungan dampak positif untuk semua pemangku kepentingan. Inisiatif ramah lingkungan ini menunjukkan bahwa mereka menjadi bisnis yang bertanggung jawab dan beretika yang mematuhi strategi keberlanjutannya. Di sisi lain, dengan adanya inisiatif keberlanjutan, mereka dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat setempat untuk hidup lebih ramah lingkungan.

Adanya inisiatif ramah lingkungan seperti  daur ulang botol plastik memudahkan pelanggan yang ingin melakukan daur ulang botol plastik, sehingga limbah tersebut tidak dibuang secara sembarangan dan kebersihan lingkungan tetap terjaga. Selain itu, upaya keberlanjutan ini juga bermanfaat sebagai sarana edukasi kepada para pengunjung untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

“Kami berharap dapat menjadi sumber inspirasi dan solusi bagi konsumen serta masyarakat sekitar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan untuk hidup yang lebih berkelanjutan untuk beberapa generasi mendatang,” ucap Ririn.

Yuk, kita dukung toko ini buat bikin dunia kita lebih hijau! Ajak anak-anak juga ya, Moms, biar mereka belajar dari kecil tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren