Jangan Tunggu Sampai Kebobolan, Maksimalkan Bisnis Anda dengan Solusi Keamanan Siber bagi UKM

Efa Trapulina - Senin, 03 Juni 2024
(ki-ka) Patrick Rudolf Dannacher (President Commissioner PT ITSEC Asia Tbk), Sudino Oei, Joseph Edi, Feby Sallyanto, Willy Kurniawan (VP Technology DEFEND IT360) pada acara peluncuran IntelliBron di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta (Foto: Ist)
(ki-ka) Patrick Rudolf Dannacher (President Commissioner PT ITSEC Asia Tbk), Sudino Oei, Joseph Edi, Feby Sallyanto, Willy Kurniawan (VP Technology DEFEND IT360) pada acara peluncuran IntelliBron di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta (Foto: Ist)
A A A

Moms dan Dads bergerak di bidang usaha? Saat ini, banyak bisnis kecil maupun menengah sudah menggunakan teknologi digital. Nah, sudahkah melindungi bisnis Anda dengan sistem keamanan siber? Ya, pesatnya era digitalisasi rupanya tak terlepas pula dari ancaman kejahatan siber (cybercrime) yang mengancam.

Tak hanya bisa merusak data, aset dan informasi pribadi, cybercrime ini dapat pula menghancurkan aktivitas ekonomi dan bisnis. Tentunya ini tak boleh dibiarkan.

Seperti kita tahu, Usaha Kecil Menengah (UKM) atau secara internasional disebut Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Sayangnya, kebanyakan SMEs memiliki keterbatasan tenaga ahli keamanan siber. Juga kurang paham terhadap keamanan siber dan risiko-risiko serangan dunia maya, hal itu membuat sulit untuk mengembangkan proyek sistem keamanan siber di organisasi.

Selain itu anggaran keamanan yang terbatas juga menjadi tantangan untuk melakukan investasi keamanan siber yang tepat pada skala anggaran. Ditambah lagi kompleksitas layanan keamanan siber yang tersedia seringkali menjadikan keputusan pengembangan keamanan siber sulit terwujud. Bahkan, kurangnya sumber daya ahli keamanan siber yang kompeten di Indonesia juga turut menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh SMEs dalam mempercayakan kebutuhannya pada penyedia layanan dan solusi cyber security yang tepat.

Konferensi pers Peluncuran IntelliBron
Konferensi pers Peluncuran IntelliBron

Menjawab kebutuhan itu, PT ITSEC Asia Tbk meluncurkan IntelliBron, "Your Smart Cybersecurity Companion", bekerja sama dengan XL Axiata Company & Hypernet Technologies, sebagai Mitra Strategis, dan dalam pelaksanaannya menunjuk DEFEND IT360 untuk memasarkan produk tersebut.

Sistem keamanan siber ini hadir sebagai jawaban terhadap tantangan yang saat ini tengah dialami oleh industri yang memanfaatkan teknologi digital dalam ekosistem bisnis mereka, terutama bagi pasar UKM yang telah memiliki kesadaran akan pentingnya perlindungan aset digital.

Dengan fitur-fitur penting yang memadai untuk sebuah Threat Detection and Response System, IntelliBron menjadi solusi yang sangat Cost-Efficient.

Presiden Direktur PT ITSEC Asia Tbk, Joseph Edi Hut Lumban Gaol menyatakan, “Dengan adanya lebih dari 400 juta anomali siber sepanjang tahun 2023 di Indonesia yang diprediksi akan terus meningkat, urgensi dari pembentukan infrastruktur keamanan siber dalam berbagai lapisan sektor industri akan menjadi semakin penting. Pasalnya, anomali tersebut tidak hanya menyasar korporasi besar, namun juga organisasi kecil maupun individu. Melalui tim Research and Development dari ITSEC Asia, kali ini kami mengembangkan sebuah inovasi solusi keamanan siber yang dirancang agar tepat guna pada hal yang esensial bagi pelaku usaha, utamanya bagi Small and Medium-sized Enterprises (SMEs / Usaha Kecil Menengah),” ujar Joseph dalam acara peluncuran di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta.

Perangkat sistem keamanan siber dan peringatan dini ini dapat mendekteksi anomali siber yang mencurigakan melalui monitoring system (dashboard) bernama Bellatrix, dan Network Threat Detector (Hardware) yang dinamakan Rigel. Ia bekerja dengan cara memantau seluruh aktivitas siber dan data traffic yang ada dalam perusahaan, dan mengirimkan notifikasi secara real-time apabila ditemukan adanya aktivitas siber yang mencurigakan. Notifikasi tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan langkah mitigasi yang dapat dilakukan.

Dilengkapi Fitur AI

Rasyid Sahputra, Head of Research & Development PT ITSEC Asia Tbk,  juga menyampaikan bahwa fitur yang disematkan dalam IntelliBron bukan hanya merupakan fitur-fitur mainstream, namun juga fitur terkini seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning. 

“Kedua fitur ini dapat membedakan antara aktivitas sistem dan data traffic perusahaan, dengan aktivitas siber yang mencurigakan,” jelas Rasyid.

Dengan adanya teknologi AI, anggota perusahaan yang tidak memiliki tim spesialisasi di bidang cyber security juga dapat mengetahui secara langsung terkait langkah mitigasi dari serangan siber. Teknologi AI yang disematkan juga memiliki sistem pembelajaran mandiri karena telah diprogram dengan informasi terkait aktivitas siber mencurigakan yang dapat diantisipasi.

Layaknya CCTV, perangkat sistem keamanan siber terbaru ini akan mendeteksi aktivitas siber dalam sistem perusahaan. Apabila muncul kejanggalan berdasarkan database yang ada, maka ia akan segera mengirim notifikasi yang dapat membantu UKM untuk menentukan langkah pencegahannya. 

“Solusi keamanan siber ini dirancang untuk memberdayakan UKM, melindungi aset digital mereka dari serangan canggih, dan memberikan ruang lebih untuk inovasi dan pertumbuhan tanpa kekhawatiran. Dengan akses perlindungan siber terbaik, UKM dapat fokus pada pengembangan bisnis, meningkatkan daya saing, dan berkontribusi lebih besar bagi perekonomian Indonesia,” ujar CTO Hypernet Technologies, Sudino Oei.

Sementara itu Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah strategis DEFEND IT360 sebagai partner ekslusif  dalam memasarkan solusi keamanan siber bagi UKM ini.

"Kami juga percaya bahwa ITSEC Asia merupakan partner yang tepat, mulai karena portofolio lengkap yang dimiliki, pengalaman profesional perusahaannya dalam industri keamanan siber, serta kompetensi tenaga ahli yang dimiliki.Tentunya kerja sama ini akan sama sama saling menguntungkan dan memperkuat bisnis masing-masing," lanjut Feby.

“Kehadiran IntelliBroń kami harap dapat mendukung kinerja seluruh SMEs di Indonesia untuk dapat terus beroperasi dengan dukungan infrastruktur digital yang lebih aman dari ancaman siber. Dengan fitur, teknologi, dan kemudahannya, kami yakin IntelliBroń dapat menjadi mitra yang cerdas bagi perusahaan dalam mengatasi ancaman siber,” tutup Joseph Joseph Lumban Gaol.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI