Jangkau Lebih Banyak Masyarakat, Brand Sikat Gigi Ini Gelar Rangkaian Kampanye Aksi Awal Kekuatan Beribu Kebaikan

Efa Trapulina - Sabtu, 11 Mei 2024
Sejak Ramadan hingga bulan Mei 2024, Formula Indonesia gelar rangkaian kampanye Aksi Awal Kekuatan Beribu Kebaikan untuk ajak masyarakat jaga kesehatan gigi dan mulut (Foto: Ist)
Sejak Ramadan hingga bulan Mei 2024, Formula Indonesia gelar rangkaian kampanye Aksi Awal Kekuatan Beribu Kebaikan untuk ajak masyarakat jaga kesehatan gigi dan mulut (Foto: Ist)
A A A

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, setiap orang harus rajin menyikat gigi. Tujuannya adalah untuk membersihkan plak, dan semua sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi serta memijat gusi.

Menyikat gigi perlu dilakukan minimal 2 kali sehari, yakni pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain menyikat gigi, lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. 

Sayangnya masih banyak masyarakat yang mengabaikan hal ini. Itulah sebabnya, edukasi terkait kesehatan gigi dan mulut termasuk cara benar menyikat gigi, pentingnya mengganti sikat gigi maksimal 3 bulan sekali serta memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan, perlu terus digalakkan. 

Sebagai merek produk perawatan gigi dan mulut asli Indonesia yang ada sejak tahun 1985, FORMULA melalui produk sikat giginya menggelar rangkaian kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan”. Aksi sosial korporasi ini merupakan rangkaian panjang yang telah dilakukan sejak bulan Ramadan lalu hingga bulan Mei 2024. 

“Kami telah bertahun-tahun menggelar aksi sosial di bawah naungan program Formula untuk Indonesia. Program ini menggandeng sejumlah fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia serta asosiasi profesi dokter gigi seperti International College of Dentists (ICD), dengan melakukan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis dari kawasan barat hingga timur Indonesia. Puluhan ribu masyarakat Indonesia telah merasakan manfaat kegiatan ini. Pada tahun ini kami kembali menyelenggarakannya namun dengan periode penyelenggaraan yang lebih lama, dengan harapan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia dapat dijangkau dan dilibatkan. Puncak pelaksanaan program akan dilakukan pada bulan Mei 2024, di Pulau Seram, Maluku,” jelas Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care) melalui keterangan pers.

Pada bulan Ramadan lalu, produk sikat gigi tersebut berkolaborasi dengan NARASI yang digawangi oleh presenter Najwa Shihab dalam acara Pesantren Kilat bertema “Belajar Dari Hati”.  Acara tersebut telah menjangkau lebih dari 3.000 kalangan Gen Z di Jakarta. 

Saat itu, peserta diajak untuk menukarkan sikat gigi bekas apapun mereknya untuk ditukarkan dengan sikat gigi baru Formula yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang kurang mampu. Penyaluran sikat gigi tersebut menggandeng startup fundraising KITABISA. 

Kegiatan pengumpulan sikat gigi bekas ini dilanjutkan di Jakarta Lebaran Fair (JLF) Kemayoran yang digelar pada bulan April 2024. Di ajang itu, mereka bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo Beragama, Jakarta, menggelar aksi pemeriksaan gigi gratis untuk para pengunjung. 

drg. Adibah M.Biomed, Dosen FKG Moestopo mengatakan, “Pemeriksaan gigi gratis ini merupakan rangkaian aksi sosial kemasyarakatan kolaborasi. Kami akan melakukan aksi ini kembali bersama Formula pada bulan Mei 2024, tepatnya di Pulau Seram, Provinsi Maluku berupa pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis. Kami menargetkan minimal 6.000 masyarakat dapat kami layani. Aksi seperti ini sangat penting sebagai bagian dari edukasi masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut. Riset Kesehatan Dasar 2018 mengungkapkan hanya 2.8% masyarakat Indonesia menyikat gigi dengan benar, hal ini sungguh memprihatinkan.”

Kegiatan bertajuk Jelajah Nusantara di kawasan Pulau Seram, Maluku tersebut merupakan penutup rangkaian kegiatan dalam kampanye Awal Kekuatan Beribu Kebaikan. “Kesehatan mulut dan gigi yang terjaga dengan baik tentunya akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh secara umum. Anak-anak dapat mencapai cita-citanya karena ada sebagian pendidikan dan profesi yang mensyaratkan kondisi yang sempurna. Juga tentunya mendukung produktivitas keseharian yang bebas dari gangguan masalah gigi dan mulut. Sebagai produk asli Indonesia, karya asli anak bangsa Indonesia, kami peduli dengan hal ini. Masyarakat Indonesia yang sehat tentunya modal untuk Indonesia maju dan sejahtera,” tutup Harianus.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Deteksi Gangguan Kesehatan Jantung Lebih Mudah dengan Teknologi CT Scan Terbaru
img
Atasi Sembelit pada Lansia Akibat Antibiotik
img
Awal Kekuatan Beribu Kebaikan Jangkau Kampung Pemulung, Ratusan Warga Peroleh Edukasi Kesehatan, Sikat Gigi Baru dan Pemeriksaan Gigi Gratis 
img
Ini Rahasia Caca Tengker Bikin Kedua Putrinya Excited Makan Buah