Kabar Gembira Buat yang Suka Jalan-jalan! Indonesia Makin Hits Buat Liburan!

Novita Sari - Rabu, 07 Agustus 2024
Ki-ka: Nattavadee Tangpanichdee (Global PR Manager Agoda) dan Gede Gunawan (Senior Country Director Agoda Indonesia). Foto: Novi
Ki-ka: Nattavadee Tangpanichdee (Global PR Manager Agoda) dan Gede Gunawan (Senior Country Director Agoda Indonesia). Foto: Novi
A A A

Tahukah Moms and Dads kalau sekarang Indonesia jadi salah satu negara favorit buat liburan? Banyak sekali orang dari luar negeri, seperti dari Australia, India, sampai Eropa, yang ingin sekali bisa berlibur ke Indonesia.

Kenapa Indonesia Semakin Populer?

  • Banyak tempat wisata seru: Mulai dari pantai yang indah, gunung yang menawan, sampai budaya yang unik.
  • Harga liburan jadi lebih terjangkau: Berkat banyaknya promo, liburan jadi nggak perlu mahal lagi.
  • Sangat mudah untuk memesan hotel dan tiket: Tinggal buka aplikasi HP, semua urusan liburan langsung selesai.

Bali Tetap Jadi Juara

Bali masih jadi favorit banyak wisatawan, terutama orang India dan Belanda. Tapi, jangan salah, banyak juga yang tertarik ke tempat lain di Indonesia, lho!

Sebagai informasi, pada semester pertama tahun 2024, data pencarian akomodasi platform perjalanan digital Agoda menunjukkan kenaikan 33% terhadap minat melakukan perjalanan ke Indonesia.

Indonesia masuk dalam tiga destinasi teratas bagi wisatawan Australia, India, Malaysia, dan Belanda.

Wisatawan India, Belanda, Australia, dan Selandia Baru sangat menyukai Bali. Pulau Dewata selalu menjadi pilihan utama mereka saat berkunjung ke Indonesia.

Sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar. 

Ketertarikan wisatawan Eropa juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian ke Indonesia pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.

Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia mengatakan, “Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah. Kami mendukung target tersebut dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan Indonesia, sekaligus meningkatkan daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik.”

Platform perjalanan ini pun secara aktif bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan menjadi mitra resmi 'Wonderful Indonesia'. 

Mereka turut memperkuat industri pariwisata tanah air dengan membagikan praktik terbaik dalam pariwisata berkelanjutan, berinvestasi dalam kampanye lokal, dan meluncurkan promosi khusus untuk mendukung akomodasi lokal.

Wisatawan Dalam Negeri

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.

Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian.

Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.

Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni. Dari semua pencarian yang dilakukan, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.

Survei yang dilakukan di platform ini mengungkapkan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia. Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan untuk kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%) yang masuk dalam tiga besar.

Liburan Tenang, Dompet Senang

Ini yang menarik, nih! Mereka baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Berjudul 'Liburan Tenang, Dompet Senang', video yang baru saja diluncurkan ini berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang untuk lebih sering bepergian di Indonesia dan sekitarnya. Kampanye ini dapat disaksikan di saluran TV dan digital di seluruh Indonesia.

Tidak hanya akomodasi, mereka juga menawarkan penerbangan, serta paket-paket wisata yang menarik, terutama untuk pasar domestik. Kolaborasi dengan pemerintah dan organisasi seperti WWF pun semakin menunjukkan komitmen Agoda terhadap pariwisata berkelanjutan.

Diakui Gede, tren dunia sekarang ini adalah bagaimana perjalanan itu berkelanjutan (sustainability). Menurut Gede, hal ini sangat penting. “Saat kita lakukan survei, banyak wisatawan yang ingin berpartisipasi untuk wisata berkelanjutan ini. Kita pun baru launch namanya, ECO Deals. Partisipasi para penyedia akomodasi yaitu hotel diskon 15 persen jika booking dengan ECO Deals. Ada 6000 hotel Indonesia yang ikut. WWF bantu sebarkan advice destinasi dan kegiatan.

“Kami berikan donasi 1 dolar per booking. Kita akan donasikan satu juta dolar melalui WWF untuk lingkungan itu sendiri. Bekerja sama dengan WWF, kami bantu konservasi Bukit 30 di Riau. Negara-negara Asia lainnya juga ikut dalam program pariwisata berkelanjutan ini, sehingga impact-nya bisa diperbesar,” tandas Gede.

Nggak hanya orang asing, kita sebagai orang Indonesia juga makin sering liburan. Baik itu liburan dalam negeri atau ke luar negeri.

Nah, buat Moms dan keluarga yang ingin liburan tapi takut boros, jangan khawatir! Ada banyak promo menarik yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya dari platform perjalanan digital Agoda, yang sering sekali memberikan diskon untuk hotel dan tiket pesawat.

Indonesia sekarang lagi naik daun banget nih di dunia pariwisata. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajak keluarga liburan dan explore keindahan Indonesia!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren