Kembali Digelar, Festival Karya Raya 2024 Dorong Kreativitas dan Literasi Anak

Efa Trapulina - Jumat, 27 September 2024
Membuka dunia kreativitas anak, Bookabook dan Orva Motion hadirkan program Karya Raya untuk dukung Literasi Indonesia, Taman Ismail Marzuki Jakarta, 27 September 2024 (Foto: Efa)
Membuka dunia kreativitas anak, Bookabook dan Orva Motion hadirkan program Karya Raya untuk dukung Literasi Indonesia, Taman Ismail Marzuki Jakarta, 27 September 2024 (Foto: Efa)
A A A

Moms, ingin menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan bermanfaat bagi si buah hati? Ke Taman Ismail Marzuki saja! Di sana, sedang berlangsung aktivitas seru bertajuk Festival Karya Raya 2024, lho!

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan ketergantungan pada gadget, minat membaca dan menulis di kalangan anak-anak mengalami tantangan. Oleh karena itu, Bookabook.id, pelopor revolusi literasi anak Indonesia berbasis teknologi, bersama Perpustakaan Jakarta dan Orva Motion – perusahaan creative management dan brand activation –  menghadirkan program inovatif bernama “Karya Raya” untuk menginspirasi generasi muda.

Apa Itu Karya Raya?

Karya Raya adalah sebuah program yang ditujukan untuk menginspirasi anak-anak dalam menulis dan bercerita. Melalui program ini, anak-anak bisa mengekspresikan imajinasi mereka dan mengubahnya menjadi buku yang bermakna. Karya-karya yang dihasilkan akan dipublikasikan di platform online Bookabook dan dipamerkan di Perpustakaan Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki (TIM).

(ki-ka)
(ki-ka) Ernest Junius Wiyanto, Yunitalia Subroto dan Marcella Simon dalam talkshow Menulis untuk Masa Depan

Sebagai puncak dari program ini, diadakan Festival Karya Raya yang berlangsung dari tanggal 27-29 September 2024. Perhelatan ini menampilkan beragam aktivitas menarik, termasuk pameran, meet and greet dengan penulis muda, dan talkshow yang menghadirkan pembicara Marcella Simon (penulis cerita anak) dan Yunitalia Subroto (Kepala Sekolah St. Laurensia).

“Di tahun kedua penyelenggaraan Karya Raya, kami mengusung tema 'Page of Possibilities'. Kami ingin mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dan melihat potensi diri sebagai penulis dan pencipta perubahan,” ujar Ernest Junius Wiyanto, Co-Founder Bookabook.id yang ditemui seusai acara talkshow bertajuk “Menulis untuk Masa Depan: Pentingnya Kreativitas Anak di Era Digital” pada ajang Festival Karya Raya 2024 di TIM, Jakarta, Jumat (27/9/24). 

Diuraikan oleh Ernest, tahun ini Karya Raya sukses menarik perhatian anak-anak untuk menciptakan karya buku. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta dan karya yang terkumpul, mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. 

Karya Anak-anak Berbakat

Dengan total 1.018 peserta, lebih dari 600 karya dipamerkan di Perpustakaan Jakarta dari tanggal 7 hingga 27 September 2024.

“Memang tidak mudah untuk membuat anak-anak mengumpulkan karyanya, itulah mengapa semua karya buku yang dipamerkan di sini adalah yang baik sekali. Selain di pamerkan di Perpustakaan Jakarta, buku-buku ini juga dipublikasi dan dijual melalui website Bookabook sehingga anak-anak juga bisa mendapatkan penghasilan dari buku yang terjual,” terang Ernest. 

(ki-ka)
(ki-ka) Rania dan Neira, peserta program Karya Raya 2024

Salah satu penulis buku sekaligus ilustrator yang berpartisipasi dalam Festival Karya Raya 2024 adalah Neira Shakila Nurfatisha (9 tahun). Siswi yang bersekolah di SD Islam Al-Azhar 9 Kemang Pratama ini menulis buku bertajuk “Keajaiban Laut”. Itu adalah buku pertamanya, yang ia tulis dalam waktu 3 minggu. 

“Ceritanya tentang aku dan Ayahku menyelam ke dasar laut. Terus di sana kami ketemu ikan paus, lalu jalan-jalan bareng pausnya,” imbuh Neira. Wah, bukunya imajinatif sekali ya, Moms.

Rania Aishalina Kusumo (11 tahun) yang menulis buku dalam bahasa Inggris bertajuk “Stalwart”, juga bangga dan puas dengan karyanya.  Ia menulis kisah yang terinspirasi dari pengalamannya dalam mengikuti  kompetisi debat yang baru ia jalani . “Mama yang kasih ide kenapa aku gak tulis aja pengalaman itu ke dalam sebuah buku,” katanya. 

Menurut Rania, keikutsertaan ia dalam program Karya Raya sangat bermanfaat. “Bagus sekali, karena aku nggak hanya bisa mendapat prestasi tapi juga mendapat experience untuk membuat karya dan bisa mengekspresikan kreativitas aku,” pungkas gadis manis yang sejak kecil sering ikut pentas seperti balet, piano, fashion show, dan lainnya. 

Lebih dari 600 buku anak dipamerkan dalam Festival Karya Raya 2024
Lebih dari 600 buku anak dipamerkan dalam Festival Karya Raya 2024

Penghargaan Karya dan Donasi Pendidikan

Festival Karya Raya 2024 juga dimeriahkan oleh sejumlah figur publik yang peduli terhadap anak, seperti Sogi Indra Dhuaja (ex-Extravaganza), Pamela Ghaniya (pemenang Idola Cilik), serta penampilan dari Marlupi Dance.

Dan yang membuat para peserta berdebar-debar adalah penghargaan bagi karya terbaik yang diumumkan pada tanggal 28 September 2024, mencakup tujuh kategori, yakni  Imagination Wizard Award, Giggle-licious Tale Award, Creative Canvas Award, Inspiration Spark Award, Readers’ Choice Award, dan Storytelling Award, serta kategori baru Young Jury Award yang melibatkan panel juri muda. Reda Gaudiamo menjadi ketua juri tahun ini, sementara salah satu juri muda adalah Mischka & Devon, yang terkenal di dunia olimpiade matematika dan sains.

(ki-ka)
(ki-ka) Diki Lukman Hakim dan Ernest Junius Wiyanto

Errol Zakaria, Direktur Orva Motion, mengungkapkan, “Kolaborasi ini bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda Indonesia agar berkembang tidak hanya sebagai pembaca, tetapi juga sebagai kreator. Dengan dukungan teknologi dari Bookabookid, kami berharap program Karya Raya dapat melahirkan penulis-penulis muda yang membawa warna baru bagi literasi Indonesia.”

Diki Lukman Hakim, Kepala Perpustakaan Jakarta,  mengapresiasi inisiatif ini. “Membangun literasi anak harus dimulai sejak dini dan memerlukan kerja sama antara sektor publik dan swasta. Karya Raya memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menggali potensi literasi mereka,” katanya. 

Tidak hanya fokus pada kreativitas, Karya Raya juga mendukung pendidikan anak-anak di daerah terpencil. Sebagian dari hasil penjualan buku akan disumbangkan untuk pendidikan anak-anak di Nusa Penida, bekerja sama dengan B1G1, organisasi global yang menghubungkan bisnis dengan tujuan sosial.

Wah, seru sekali ya, Moms. Yuk meriahkan Festival Karya Raya 2024 dan dorong anak-anak untuk terus berkarya!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kejar Mimpi Goes to School, Berikan Edukasi Gizi dan Literasi Keuangan Kepada 35 Sekolah di Indonesia
img
Terinspirasi sang Putri, Aktris Rianti Cartwright Luncurkan Buku Anak Perdananya
img
Untuk Kedua Kalinya, Telur Tetas Dilepas ke Uni Emirates Arab
img
Mengayunkan Langkah Awal untuk Membangun Generasi Emas Tahun 2045