Kembangkan Produk Ramah Lingkungan, Perusahaan Ini Ganti Penggunaan Plastik dengan Bio Material

Dwi Retno - Kamis, 06 Juni 2024
Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm meluncurkan produk menggunakan Bio Material, yaitu MamyPoko Royal Soft Bio, Charm Cooling Fresh Bio & Charm Daun Sirih Bio serta Kirey Wipes Bio (Foto : Ist)
Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unicharm meluncurkan produk menggunakan Bio Material, yaitu MamyPoko Royal Soft Bio, Charm Cooling Fresh Bio & Charm Daun Sirih Bio serta Kirey Wipes Bio (Foto : Ist)
A A A

Dari berbagai macam sumber daya alam yang kita gunakan di kehidupan, minyak bumi adalah sumber daya yang sangat penting karena tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun pembangkit listrik saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan baku serat maupun plastik. Namun, karena minyak bumi dihasilkan dari perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu, jumlahnya terbatas. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya jumlah populasi manusia di Bumi, apabila minyak bumi digunakan secara terus menerus seperti saat ini, diperkirakan terdapat risiko minyak bumi akan habis dalam 50 tahun mendatang.

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, Unicharm meluncurkan produk-produk edisi terbatas menggunakan Bio Material dari 3 kategori yaitu popok bayi MamyPoko Royal Soft Bio, pembalut wanita Charm Cooling Fresh Bio & Charm Daun Sirih Bio serta tisu basah antibakteri Kirey Wipes Bio.

Seperti diketahui Bio Material berasal dari tanaman tebu, batu kapur, minyak botani dan resin alami. Berbeda dengan minyak bumi, bahan dasar alami ini dapat diperbarui. Melalui inisiatif ini perusahan berharap dapat berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan atau sustainable.

Tasya Kamila, publik figur sekaligus pecinta lingkungan mengatakan “Untuk mengatasi masalah lingkungan tidak cukup hanya dengan upaya dari Pemerintah saja. Setiap individu termasuk masing-masing dari kita harus berkontribusi dari hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri, misalnya mengurangi penggunaan botol plastik dan menggantinya dengan tumbler, atau membawa totebag ketika berbelanja. Selain itu kita juga bisa berkontribusi dengan memilih dan menggunakan produk yang ramah lingkungan. Bumi kita hanya ada satu, jadi kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaganya demi generasi masa depan”.

Lebih lanjut Presiden Direktur Takumi Terakawa, menyebutkan penggunaan bio material pada pembalut terdapat pada beberapa bagian produk seperti kemasan, Top Sheet, Back Sheet, Side Sheet dan Wing Sheet. Seluruh bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit menggunakan 100 persen Bio fiber sehingga lebih lembut di kulit, juga lebih ramah untuk wanita dan lingkungan dibanding produk sejenis yang diluncurkan tahun lalu.

Begitu juga dengan popok bayi, menggunakan Bio Material pada 80 persen komponen produk meliputi kemasan dan bagian-bagian lain. Daya serap  pada bagian top sheet yang bersentuhan dengan kulit bayi menggunakan 100 persen kapas organic yang aman. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan produk bagi orang tua dan anak yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga nyaman digunakan.

Sedangkan pada tisu basah, serat plastik yang digunakan pada setiap lembar tisu seluruhnya diganti dengan campuran antara Bio Fiber atau serat Bio yang berasal dari tanaman tebu dan PET yang telah didaur ulang. Produk ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki keunggulan dari sisi antibakterial, kelembutan, kemudahan penggunaan dan bebas alkohol yang sama dengan produk reguler.

“Dari hasil riset yang kami lakukan, kesadaran konsumen pembalut wanita akan lingkungan meningkat hingga 2x lipat dalam 3 tahun terakhir. Di sisi lain, popok berbahan alami juga menjadi poin pertimbangan bagi konsumen dalam memilih popok bayi, dimana skornya meningkat 3x lipat di 1 tahun terakhir. Kami telah mengembangkan produk yang menggunakan Bio Material sejak tahun 2022, dan dengan memperbanyak jumlah produk yang menggunakan Bio Material, kami bertekad untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap penurunan penggunaan plastik yang berasal dari minyak bumi. Selain itu dengan menyampaikan pesan “Mari Lakukan Kebaikan Kecil” kami mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan dimulai dari yang bisa dilakukan sendiri, " ujar Takumi Terakawa.
 

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI