Kiat Anissa Aziza Menjadi Influencer dan Ibu Muda yang Bijak

Novita Sari - Selasa, 23 Juli 2024
Anissa Aziza di momen perayaan Hari Anak Nasional 23 Juli 2024, pada acara Webinar Shopee: Peran Keluarga, Kunci Anak Tumbuh Bahagia. Foto: Tangkapan Layar
Anissa Aziza di momen perayaan Hari Anak Nasional 23 Juli 2024, pada acara Webinar Shopee: Peran Keluarga, Kunci Anak Tumbuh Bahagia. Foto: Tangkapan Layar
A A A

Anissa Aziza, seorang Influencer dengan dua anak berusia 5 tahun dan 3,5 tahun, membagikan pengalamannya tentang menjadi orangtua dan mengelola keuangan keluarga dengan bijak. Isteri dari komedian Raditya Dika ini mengaku, pernikahan membawa perubahan besar bagi dirinya, terutama saat menyambut dua buah hati. Ia mengakui butuh waktu untuk beradaptasi dengan peran barunya.

Di momen perayaan Hari Anak Nasional 23 Juli 2024, pada acara Webinar Shopee: Peran Keluarga, Kunci Anak Tumbuh Bahagia, kehadiran Anissa Aziza, telah memberikan perspektif baru tentang bagaimana peran penting orangtua dalam mendukung tumbuh kembang anak di era digital.

Shopee, Anissa, dan Kazel berbagi perspektif baru untuk tumbuh kembang anak. Foto: Tangkapan Layar
Shopee, Anissa, dan Kazel berbagi perspektif baru untuk tumbuh kembang anak. Foto: Tangkapan Layar

Setelah memiliki anak, Anissa mulai menyusun daftar tugas dan prioritas untuk memastikan kebutuhan anak terpenuhi. Ia juga mulai belajar tentang pola asuh dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan anak yang berbeda-beda.

Salah satu tantangan yang dihadapi Anissa adalah memilih pakaian dan makanan yang sesuai untuk anak-anaknya. Ia ingin memberikan yang terbaik, namun ia juga harus mempertimbangkan selera dan kebutuhan anak yang berbeda-beda.

Anissa menekankan pentingnya komunikasi dengan suami dan anak-anak dalam mengambil keputusan. Ia ingin anak-anaknya merasa senang dengan apa yang mereka miliki dan belajar untuk memilih dengan bijak.

Anissa juga meyakini bahwa anak adalah anugerah dan proses tumbuh kembang mereka perlu disyukuri. Ia ingin anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia, selalu bereksplorasi, dan bebas belajar.

Jumaliu, Owner Kazel, brand fashion anak lokal. Foto: Tangkapan Layar
Jumaliu, Owner Kazel, brand fashion anak lokal. Foto: Tangkapan Layar

Diskusi ini juga menyoroti Jumaliu, Owner Kazel, brand fashion anak, yang menekankan bahwa inovasi dan kreativitas dalam dunia digital, dapat membantu brand lokal semakin dekat dengan konsumen, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan kebutuhan anak dan preferensi para orangtua yang terus berkembang.

Sebagai platform e-commerce, Shopee berfungsi sebagai jembatan antara orangtua dengan brand lokal dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Orangtua dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang mendukung perkembangan anak, sekaligus memberikan dukungan langsung pada ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain orangtua, fitur yang saling terintegrasi juga berkontribusi membawa dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal di Indonesia. Maka dari itu, di tengah persaingan industri brand lokal yang semakin ketat di era digital ini, Kazel berhasil muncul sebagai salah satu brand lokal anak yang sukses memanfaatkan platform e-commerce ini.

Didirikan oleh Jumaliu pada tahun 2015, ia memulai perjalanannya dengan visi yang kuat untuk menyediakan pakaian anak yang nyaman, desain fungsional, berkualitas, serta terjangkau. Sejak berkomitmen untuk terus mengadopsi kemajuan teknologi, ia berhasil mencapai konsumen secara luas dan efektif dengan strategi inovatif melalui Live dan Video.

Foto: Tangkapan Layar
Foto: Tangkapan Layar

Strategi pemasaran ini tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga mencatat pencapaian luar biasa. Pada kuartal kedua 2024, ia berhasil mencatat peningkatan pesanan di Live hingga 32 kali lipat dibandingkan tahun lalu. “Strategi kami menitikberatkan pada kemampuan untuk terus mengikuti perkembangan tren dan teknologi. Maka dari itu, mengoptimalkan platform ini beserta fitur interaktifnya, menjadi fokus utama dalam menjangkau target pasar dan mendekatkan diri dengan calon konsumen. Fitur-fitur ini tidak hanya memudahkan kami berinteraksi langsung secara real-time, tetapi seakan membuat kami sedang jualan di toko offline yang bisa secara langsung memberikan edukasi lebih efektif. Mulai dari informasi produk yang sudah bersertifikasi SNI dan OEKO TEX Internasional, hingga program After Sales Service, khusus customer komplain bisa langsung kami tangani dengan cepat dan baik. Tak hanya itu koleksi produk yang variatif, hampir lebih dari 30 jenis produk, sehingga pelanggan bisa menyesuaikan apa yang mereka butuhkan,” tambah Jumaliu.

Selain peningkatan penjualan yang signifikan, ia kini dapat mempekerjakan lebih banyak anggota tim untuk mendukung berbagai aspek produksi, termasuk pemasaran, manajemen konten, layanan pelanggan, dan kontrol kualitas. Dari awal yang hanya berdua dengan istri, ia kini telah berkembang menjadi sekitar 350 anggota tim dan 100% produksi lokal, bahkan bisa berkontribusi pada lapangan kerja baru dan peningkatan ekonomi lokal.

Keseriusannya terus berlanjut lewat jadwal Live yang hampir setiap hari mulai dari Senin-Sabtu, di jam 11.00-14.00 WIB dan 19.00-23.00 WIB.

Seiring dengan membantu menjalankan perannya sebagai ibu, online shop ini juga memberikan dampak positif kepada Anissa yang bergabung dan aktif mengikuti Affiliate Program. Hadirnya fitur Live dan Video tidak hanya menjadi cara berbelanja yang lebih interaktif dan informatif, namun juga kerap menjadi sumber inspirasi bagi Anissa untuk menemukan produk yang dapat ia berikan sebagai rekomendasi kepada para followers-nya di media sosial.

Selain itu, berkat komisi yang diraih sebagai Affiliate, Anissa dapat menambah budget untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tabungan pendidikan anak hingga tambahan uang jajan saat liburan keluarga.

Foto: Tangkapan Layar
Foto: Tangkapan Layar

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, Anissa juga membagikan tips dalam mengasuh dan memenuhi kebutuhan anak:

1. Semua anak memiliki kebutuhan yang berbeda.

“Menurutku, hal pertama yang penting untuk kita sadari itu adalah setiap anak memilik kebutuhan yang berbeda, sehingga komunikasi yang baik menjadi kunci untuk memahami kebutuhan dan perasaan anak-anak kita. Sebagai orangtua tugas kita jangan sampai lupa untuk mendengarkan mereka, tanya apa yang mereka suka dan tidak, dengan begini anak akan merasa lebih terlibat dan mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi serta mengambil keputusan,” ucap Anissa.

2. Pastikan anak mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Anissa berusaha untuk memenuhi kebutuhan utama anak-anaknya terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan keinginan mereka. Menurutnya, memiliki prinsip untuk tidak memanjakan anak-anak dengan selalu memenuhi semua permintaan anak sangat penting, karena bisa membentuk karakter mereka menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Di sisi lain, Anissa tetap menyadari bahwa memberikan apresiasi atas pencapaian anak pun tidak kalah penting, agar mereka tidak hanya belajar tentang tanggung jawab dan kemandirian, tetapi juga merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkembang.

3. Selalu prioritaskan tumbuh kembang anak.

Anissa menjelaskan bahwa dalam setiap keputusan yang diambil untuk pemenuhan kebutuhan anaknya, ia selalu mengutamakan pilihan yang paling berkontribusi positif pada tumbuh kembang mereka, “Aku senang sekali karena sekarang brand lokal sudah semakin kreatif dalam menghadirkan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan anak. Mulai dari makanan dan bumbu masakan non-msg dan bahan yang aman untuk konsumsi sehari-hari hingga mainan sensory play yang dapat menemani mereka bermain sekaligus menstimulasi pertumbuhan. Selain mainan, aku juga menemukan banyak brand dan seller lokal yang menyediakan berbagai pilihan activity book seperti tracing angka hingga buku mewarnai yang dikemas secara interaktif, sehingga tidak hanya menyenangkan namun juga melatih kemampuan kognitif dan motorik mereka. Dengan selalu menjadikan tumbuh kembang anak sebagai patokan utama, aku yakin pilihan aku untuk mereka akan jadi yang terbaik.”

4. Jangan lupa untuk riset dan cari informasi dari berbagai sumber.

Riset dan mencari informasi bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti bertanya ke dokter, browsing, hingga memanfaatkan fitur yang tersedia di platform belanja online, “Sebelum membeli suatu produk, aku selalu berusaha untuk mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya, khususnya jika berkaitan dengan kesehatan dan nutrisi seperti suplemen, vitamin, susu, dan makanan. Ini juga jadi salah satu alasan aku sering memanfaatkan online shop ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena bisa sambil baca review dari pembeli-pembeli lain untuk tahu kualitas dari produk yang mau aku beli. Selain itu, sekarang juga ada fitur Live, jadi kalau masih ragu untuk beli suatu produk, aku bisa tanya langsung ke penjual untuk lebih tahu mengenai detail-nya,” ujar Anissa.

Untuk menutup acara, Anissa menyampaikan ucapan selamat Hari Anak Nasional sekaligus pesannya untuk para orangtua Indonesia, "Anak-anak adalah anugerah dan masa depan kita ada di tangan mereka. Maka, penting bagi kita untuk memberikan cinta, perhatian, dukungan, serta ruang untuk bereksplorasi dan belajar bagi mereka. Jangan lupa untuk selalu memberikan contoh positif, mendukung mereka mencoba hal-hal baru, dan belajar dari kesalahan agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, dan mandiri. Selamat Hari Anak Nasional dan semangat untuk semua orangtua hebat! ”

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kolaborasi Internasional Perbaikan Infrastruktur dan Sanitasi untuk Keluarga Berpenghasilan Rendah di Rajeg, Tangerang
img
Edukasi Ribuan Ibu dan Anak, Gerakan Anti Ruam Kolaborasi Bersama Puskesmas di Indonesia
img
Luncurkan Kampanye ‘Bikin Seru Indonesia’ Destinasi Hiburan Keluarga Ini Beri Kejutan Spesial di Hari Pelanggan Nasional
img
Solusi Praktis Penuhi Asupan Omega 3 & 6 dalam Menu Makanan Anak-anak