Kolaborasi Internasional Perbaikan Infrastruktur dan Sanitasi untuk Keluarga Berpenghasilan Rendah di Rajeg, Tangerang

Efa Trapulina - Sabtu, 07 September 2024
Penyerahan 6 rumah layak huni dan 29 unit toilet secara simbolis oleh Habitat for Humanity Indonesia dan K-water di Rajeg, Tangerang (Foto: Ist)
Penyerahan 6 rumah layak huni dan 29 unit toilet secara simbolis oleh Habitat for Humanity Indonesia dan K-water di Rajeg, Tangerang (Foto: Ist)
A A A

Berkolaborasi dengan Habitat for Humanity Indonesia, Korea Water Resources Corporation (K-water), perusahaan terkemuka dari Korea Selatan yang mengelola sumber daya air, baru saja menyelesaikan program Global Village Volunteer di Kecamatan Rajeg, Tangerang, dari tanggal 2 hingga 6 September 2024. 

Kolaborasi ini melibatkan 32 relawan dari perusahaan, yang berperan aktif dalam proyek pembangunan dan pelatihan untuk memberdayakan masyarakat lokal.

K-water dikenal karena komitmennya dalam memastikan akses terhadap air bersih, sanitasi yang layak, dan peningkatan kebersihan. Melalui program ini, mereka memperlihatkan dedikasi berkelanjutan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan pendekatan yang ramah lingkungan. 

Dalam kegiatan tersebut, mereka berhasil membangun 6 unit rumah untuk keluarga berpenghasilan rendah dan 29 unit toilet individu, yang akan meningkatkan akses sanitasi di komunitas tersebut. Selain itu, mereka juga sedang menjalankan proyek penyediaan air di Kalian, Banten, dan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menjangkau daerah-daerah dengan akses air bersih yang terbatas.

Relawan K-water turut membangun rumah untuk warga berpenghasilan rendah
Relawan K-water turut membangun rumah untuk warga berpenghasilan rendah

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap WASH (Water, Sanitation, and Hygiene), dibangun pula 3 toilet untuk MI Al-Fithrotussalam dan 3 toilet untuk SMP dan SMK Darul Mu’min, serta 2 unit fasilitas cuci tangan di sekolah-sekolah tersebut. 

Relawan juga menyelenggarakan pelatihan pengelolaan rumah sehat untuk 10 peserta dan pelatihan kebersihan untuk 40 anggota komunitas lokal. Kegiatan praktik kebersihan di sekolah melibatkan 165 siswa, dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan di lingkungan pendidikan.

Abraham Tulung, General Manager Corporate, GFN & HNWI Habitat for Humanity Indonesia mengungkapkan bahwa kolaborasi tersebut tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. “Kolaborasi seperti ini  tentu sangat penting untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan akses yang layak terhadap perumahan, air bersih, dan sanitasi," katanya. 

Selain berfokus pada kegiatan pembangunan dan penyediaan air bersih serta sanitasi, program Global Village Volunteering ini juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan dengan penanaman 92 pohon di sekitar lokasi, yang diharapkan memberikan manfaat ekologis jangka panjang di Kecamatan Rajeg.

General Manager of Management & Innovation Service Dept from K-water, Ms. Su-Jung BAE, mengungkapkan, “Kami sangat senang dapat terlibat dalam program ini. Kami berkomitmen tidak hanya untuk menyediakan air bersih, tetapi juga memastikan sanitasi yang layak dan kebersihan bagi masyarakat. Kami berharap inisiatif ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas di Rajeg,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMK Darul Mu’min, Bapak Rizal juga menyatakan terima kasih atas fasilitas sanitasi dan pelatihan yang diberikan. “Kami yakin ini akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan nyaman bagi para siswa,” tutupnya.

Program Global Village Volunteer ini menunjukkan bagaimana kolaborasi internasional dapat membawa perubahan nyata bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Menguak Rahasia Sukses Bersama Khabib Nurmagomedov, Atlet Asal Rusia yang Menjadi Inspirasi Global
img
Penjualan Brand Lokal Melonjak 5X Lipat pada Kampanye 9.9 Berkat Fitur Live Streaming
img
Mendorong UKM Indonesia “Go Ekspor” untuk Raih Kesuksesan Global
img
Tips Raih Untung di Pasar Saham Melalui Momentum Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Konsumsi Domestik