Kolaborasi Tiga Perusahaan dalam Gerakan Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Lebih Hijau

Novita Sari - Kamis, 14 Maret 2024
Berkolaborasi meluncurkan Gerakan DAURI
Berkolaborasi meluncurkan Gerakan DAURI
A A A

Di Indonesia, permasalahan sampah masih menjadi isu utama. Sampah kemasan menjadi salah satu penyumbang terbesar volume sampah di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). 

Inilah yang melatarbelakangi tiga perusahaan besar peduli lingkungan yaitu Sosro, Tetra Pak Indonesia, dan restoran HokBen berkolaborasi meluncurkan DAURI, singkatan dari Daur untuk Negeri sebagai solusi demi mendorong masyarakat dalam mengelola sampah kemasan secara bertanggung jawab.

Gerakan ini bertujuan membangun kepedulian konsumen dalam memilah sampah dari kemasan minuman dan makanan.

Oleh karenanya, pada Rabu, 13 Maret 2024, gerakan ini mulai dilaksanakan di 100 restoran tersebut yang tersebar nasional. Melalui kolaborasi ini mereka mengajak konsumen restoran untuk lebih peduli menyetor kembali kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

"Kami berkomitmen berpartisipasi aktif dalam upaya mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan paska konsumsi. Kami berkolaborasi dan memperpanjang jangkauan Gerakan ini dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," ucap Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro.

Dropbox yang dibuat dari bahan daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Foto: Ist
Dropbox yang dibuat dari bahan daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Foto: Ist

Sebagai bentuk komitmen ini, mereka juga melakukan pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

"Melalui Gerakan ini, kami ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani hingga 50,000 pelanggan setiap hari, kami dapat berkontribusi nyata dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah yang lebih luas," sambut Sugiri Willim, Direktur Marketing PT Eka Bogainti.

Dapat Hadiah

Kabar gembira, demi mendorong keterlibatan pelanggan restoran, maka akan diberikan apresiasi melalui insentif inovatif, yakni berbasis kode QR. Pelanggan yang membeli paket/menu take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan mengumpulkan poin. 

Bagi pelanggan yang mencapai jumlah poin tertentu, dapat ditukarkan dengan merchandise seperti notebook, holder untuk smartphone yang dibuat dari materi daur ulang, hingga paket menu restoran.

"Kami percaya bahwa untuk mencapai masa depan kemasan makanan yang berkelanjutan, diperlukan pendekatan rantai nilai penuh terhadap sirkularitas. Kami percaya inisiatif kolaboratif seperti Gerakan ini dimana berbagai mitra industri berkumpul dengan tujuan bersama dalam mengambil tindakan proaktif dalam daur ulang, akan berkontribusi pada ambisi nasional dalam mencapai ekonomi sirkular rendah karbon," kata Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak Indonesia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Wisata Selam Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya
img
Mau Healing Sekaligus Jalin Bonding? Main Golf dalam Ruang Saja!
img
Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas