Konser Amal "Symphony for Life" untuk Bangun Rumah Paliatif

Novita Sari - Rabu, 24 Januari 2024
YKAI luncurkan program “Humanity in Harmony“ dengan menggelar Konser Amal “Symphony for Life“.  Foto: Novi
YKAI luncurkan program “Humanity in Harmony“ dengan menggelar Konser Amal “Symphony for Life“. Foto: Novi
A A A

Jumlah anak pejuang kanker meningkat setiap tahunnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui International Agency for Research on Cancer (IARC) memperkirakan 8.677 anak Indonesia usia 0-14 tahun menderita kanker pada tahun 2020. Angka ini merupakan angka kasus kanker terbesar di antara negara-negara se-Asia Tenggara.

Berdasarkan catatan terkini, dari 8 (delapan) rumah sakit yang berlokasi di Jakarta, Lampung, Surakarta, Yogyakarta, dan Palembang serta beberapa daerah rural, dilaporkan total 7000 kasus kanker anak berada dalam perawatan komunitas YKAI (Yayasan Kanker Anak Indonesia).

Akomodasi Rumah Rawat yang didedikasikan khusus, berlokasi dalam radius sekitar yang terjangkau oleh fasilitas Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta rata-rata hanya memiliki 10 hingga 15 tempat tidur per lokasi. Jumlah ini tidak cukup untuk mengakomodasi pasien yang membutuhkan perawatan sementara selama masa pengobatan, kemoterapi, dan rehabilitasi selama mereka bersama YKAI.

Kendala lain yang juga harus dihadapi yaitu belum tersedianya HOSPICE atau Rumah Paliatif yang sangat dibutuhkan oleh pasien-pasien paliatif. Paliatif adalah suatu keadaan dimana penyakit seorang pasien sudah tidak bisa disembuhkan lagi, dan hanya tinggal menunggu keajaiban.

Inilah yang kemudian menggerakkan hati YKAI untuk meluncurkan program "Humanity in Harmony" dengan menggelar Konser Amal "Symphony for Life". Diresmikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, disaksikan tamu undangan para filantropis, donatur, dan sahabat YKAI pemerhati kesehatan anak utamanya anak-anak pejuang kanker di Indonesia.

“Humanity in Harmony ini merupakan inisiatif YKAI. Program besar dengan misi utama untuk pembangunan HOSPICE, yakni Rumah Paliatif yang pertama di Indonesia ditujukan bagi anak-anak penderita dan pejuang kanker dari keluarga pra-sejahtera stadium lanjut, tempat dimana akan diberikan akomodasi dan fasilitas yang akan mengoptimalkan kualitas hidup anak-anak pejuang kanker stadium lanjut ini,” terang Sallyana Sorongan, Ketua Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAI).

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas
img
Menuju Masa Depan Perangkat Rumah Tangga dengan Teknologi AI
img
Tips Memilih Baju Lebaran Pria yang Tepat
img
Gandeng Desainer Jonathan Anderson, Koleksi Spring/Summer 2024  Ini Tampilkan Keindahan Kontemporer Khas Inggris