Lahirkan Desainer Kreatif Andal yang juga Jago Bisnis, Lewat Program Baru: Magister Desain

Novita Sari - Rabu, 01 Mei 2024
Luncurkan program Magister Desain, Binus Graduate Program terapkan kurikulum Advanced Designpreneurship untuk padukan Kreativitas dan Bisnis. Foto: Novi
Luncurkan program Magister Desain, Binus Graduate Program terapkan kurikulum Advanced Designpreneurship untuk padukan Kreativitas dan Bisnis. Foto: Novi
A A A

Wah, ada kabar gembira, nih! Untuk Moms and Dads yang suka desain dan ingin mengembangkan usaha, BINUS baru saja membuka program Magister Desain yang fokus di "Advanced Designpreneurship".

Melalui program ini, kita dilatih untuk jadi desainer kreatif yang jago bisnis juga. Jadi, nggak cuma belajar bikin desain yang keren, tapi juga diajarin cara menjual desain dan bikin usaha dari desain.

Kenapa sih program ini penting?

Sekarang kan lagi zamannya usaha rumahan. Banyak banget peluang buat kita yang jago desain untuk bikin usaha sendiri dan menghasilkan uang tambahan buat keluarga.

Program Magister Desain ini bisa bantu kita untuk:

  • Meningkatkan kemampuan desain: Kita akan belajar tentang desain grafis, desain produk, desain interior, dan masih banyak lagi.
  • Belajar bisnis: Kita akan belajar tentang bagaimana memulai usaha, memasarkan produk, dan mengelola keuangan.
  • Berkolaborasi dengan industri: Kita akan diajari bagaimana caranya berkolaborasi dengan perusahaan untuk menghasilkan produk yang lebih keren.

Di tengah perkembangan pesat industri kreatif di Indonesia, pasar kini menghadapi tuntutan yang semakin kompleks. Berbagai sektor industri membutuhkan inovasi dan integrasi yang lebih dalam antara desain, teknologi, budaya, dan bisnis. 

Sebagai langkah untuk memperkuat industri kreatif Indonesia, peluncuran Program Magister Desain menjadi solusi menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang. Inisiatif ini menekankan peran Advanced Designpreneur dalam mengintegrasikan desain, teknologi, budaya, dan bisnis yang berkelanjutan.

Tidak hanya menghasilkan desainer madya, tetapi program ini bertujuan juga untuk menghasilkan global design entrepreneur, dosen desain, dan peneliti desain ahli yang siap merajut jejaknya di berbagai sektor industri kreatif yang berkembang pesat.

Melalui pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan desain, teknologi, budaya, dan bisnis yang berkelanjutan, program ini memberikan pendekatan inovatif yang mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia desain yang penuh inovasi dan tuntutan beragam.

Keunggulan utama dari program ini adalah pendekatannya yang interdisipliner, memungkinkan mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang seperti desain, teknologi, budaya, dan bisnis berkelanjutan. 

Dengan demikian, lulusan program ini tidak hanya akan memiliki keterampilan teknis yang kuat, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang konteks sosial dan budaya yang memengaruhi desain.

Dr. Nelly S.KOM., MM., CSCA, Rektor BINUS UNIVERSITY memotong tumpeng. Foto: Novi
Dr. Nelly S.KOM., MM., CSCA, Rektor BINUS UNIVERSITY memotong tumpeng. Foto: Novi

Dalam acara peluncuran dan talkshow "Peranan Advanced Designpreneur dalam Integrasi Keilmuan Desain, Teknologi, Budaya, dan Bisnis Berkelanjutan" pada Selasa, 30 April 2024 di fX  Sudirman Campus Lt 6, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, Dr. Nelly S.KOM., MM., CSCA, Rektor BINUS UNIVERSITY, menyatakan, "Program Magister Desain ini mencerminkan dedikasi kami untuk mempersiapkan generasi kreatif yang mampu menghadapi tantangan dunia nyata. Dengan fokus pada Advanced Designpreneurship, kami berharap dapat menciptakan inovator-inovator andal yang dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat dan industri."

Program Magister Desain mengintegrasikan keilmuan desainpreneur dengan fokus pada pengelolaan proyek desain yang menggali fenomena budaya lokal dengan komitmen pada sustainability development goals melalui teknologi. 

Program ini tidak hanya tentang menciptakan produk yang estetis, tetapi juga tentang mengatasi permasalahan dunia nyata dan menumbuhkan keterampilan kewirausahaan.

Stephen Ng dari WIR Group (kiri) dan Dr. Ferric Limano dari BINUS (kanan). Foto: Novi
Stephen Ng dari WIR Group (kiri) dan Dr. Ferric Limano dari BINUS (kanan). Foto: Novi

Sementara itu, Dr. Ferric Limano, Ketua Program Studi Master of Design BINUS Graduate Program, menegaskan, "Program ini tidak hanya memberikan gelar akademis, tetapi juga memperluas serangkaian pembelajaran yang mendalam. Dengan pendekatan holistik ini, kami menghadirkan para inovator yang tidak hanya berkreativitas, tetapi juga berorientasi pada dampak positif di dunia industri kreatif."

Stephen Ng, CEO Nusameta WIR Group, juga menyatakan dukungannya, "Dalam peran saya sebagai pemimpin, saya telah menyaksikan betapa teknologi dapat menjadi kekuatan yang mendorong perubahan positif dalam industri kreatif. Dengan program Magister Desain ini, kita memiliki kesempatan untuk melahirkan para pemimpin yang tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi terkini, tetapi juga mampu menggabungkannya dengan kreativitas untuk mengatasi tantangan dunia nyata."

Program Master of Design bertujuan untuk membentuk individu menjadi pemimpin dan inovator di dunia desain yang terus berkembang. Dengan pendekatan holistik yang menghasilkan karya atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan industri melalui publikasi pameran maupun publikasi tertulis, harapannya luaran akhir mahasiswa merupakan wujud nyata hasil kolaborasi dengan stakeholder yang memiliki nilai dalam industri kreatif nasional bahkan internasional.

Suka desain dan ingin mengembangkan kemampuan ke level selanjutnya? Punya jiwa wirausaha dan ingin bikin usaha sendiri? Ingin membantu keluarga dengan penghasilan tambahan dari desain? Jika jawabannya Iya, langsung saja kunjungi website BINUS Graduate Program untuk cara pendaftaran dan informasi lebih lengkapnya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Cara Baru Lindungi Bisnis dari Ancaman Cyber
img
Ingin Dapat Video Call dari Ariel NOAH? Ini Caranya
img
Kelola Polis Asuransi dan Bangun Kebiasaan Hidup Lebih Baik di Satu Aplikasi
img
Solusi Penyimpanan Foto dan Video Super Cepat, Aman, dan Stylish