Lebih dari Sekadar Teknologi, Aplikasi Islami dengan Fitur AI Ini Bikin Perjalanan Spiritual-mu Makin Menyenangkan

Efa Trapulina - Kamis, 29 Februari 2024
Fitur baru Chatbot AI “Ask AiDeen“ dari Muslim Pro akan segera hadir menyambut Ramadan (Foto: Ist)
Fitur baru Chatbot AI “Ask AiDeen“ dari Muslim Pro akan segera hadir menyambut Ramadan (Foto: Ist)
A A A

Datang hanya sekali dalam setahun, bulan suci Ramadan sangat dinanti kehadirannya oleh umat Islam. Tentunya masa ini merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan kualitas ibadah.

Aplikasi gaya hidup Muslim yang berkantor pusat di Singapura, Muslim Pro, baru-baru ini meluncurkan dua fitur terbarunya yakni “Ask AiDeen”, sebuah chatbot Islami yang didukung AI (Artificial Intelligence); dan pembaruan pada fitur Al-Quran, yang memiliki fitur fungsional untuk mendalami, menghafalkan, dan mempelajarinya. 

Penyempurnaan fitur ini dirancang bagi para pengguna untuk menumbuhkan pemahaman dan hubungan yang lebih dalam dengan Islam. Selain itu, fitur-fitur ini juga akan memberikan pengalaman yang lebih baik dan bermanfaat di bulan Ramadan.

Al-Quran merupakan elemen inti dan menjadi salah satu fitur yang paling banyak digunakan sepanjang tahun, terutama di kalangan pengguna Indonesia. Bahkan, Indonesia menduduki peringkat teratas dan merupakan pasar utama aplikasi populer yang telah diunduh lebih dari 150 juta pengguna di lebih dari 190 negara ini.
 
Untuk itu, mereka telah mendesain ulang fitur-fitur Al-Quran untuk mendukung hafalan dan pemahaman Al-Quran melalui mode mendengarkan yang mudah digunakan, kuis interaktif, dan beragam alat pembelajaran. Peningkatan ini dirancang dengan cermat untuk memastikan pengalaman Ramadan menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Fara Abdullah, CSO Muslim Pro & Qalbox
Fara Abdullah, CSO Muslim Pro & Qalbox

Fara Abdullah, Chief Strategy Officer, Muslim Pro mengatakan, “Kami memahami bahwa membaca dan menghafal Al-Quran adalah bagian penting dari Ramadan bagi masyarakat Indonesia. Adanya alat hafalan modern yang mewakili perpaduan antara teknologi dan metode belajar Al-Quran tradisional, menciptakan sebuah terobosan baru yang menjadi standar untuk aplikasi pendidikan Islam.”

Selain penyempurnaan fitur Al-Quran dan fitur belajar dan menghafal yang baru, fitur utama lainnya yang diluncurkan menjelang Ramadan adalah bot AI yang disebut “Ask AiDeen”, sebuah bot AI Generatif yang dilatih untuk menjawab pertanyaan seputar Islam berdasarkan sumber otentik termasuk Al-Quran dan hadis. 

“Ask AiDeen lebih dari sekadar inovasi teknologi; ini adalah pendamping yang siap mendukung pengguna kami dalam pencarian pengetahuan agama kapan saja, di mana saja,” kata Fara.

Kedua fungsi Al-Quran yang baru ditingkatkan dan fitur Ask AiDeen akan dapat diakses dalam aplikasi di semua perangkat iOS pada tanggal 5 Maret 2024, serta pada perangkat Android pada 8 Maret 2024. 

Selain pengenalan kedua fitur inovatif tersebut, Qalbox by Muslim Pro siap untuk memeriahkan bulan suci dengan beragam pilihan spesial Ramadan yang dikurasi dengan cermat, seperti konten original untuk menambah wawasan spiritual, kolaborasi dengan ulama ternama, tayangan Islami untuk anak-anak dan keluarga, atau koleksi pustaka film tentang iman dan sejarah Islam. 

Kabar baiknya lagi, berkolaborasi dengan Aqua selama bulan Ramadan, Muslim Pro akan mensponsori perjalanan umrah yang secara eksklusif dipersembahkan bagi komunitas. Sebagai bagian dari inisiatif ini, tiga pelanggan baru paket premium tahunan akan dipilih untuk memenangkan paket perjalanan Umrah. Masing-masing pemenang berhak mengajak satu orang untuk ikut berangkat umrah. 

“Kami sangat antusias atas kolaborasi bersama ini dan yakin bahwa kemitraan ini akan semakin meningkatkan pengalaman Ramadan para pengguna kami di Indonesia, serta memberikan mereka kesempatan untuk memperkaya makna pengalaman spiritual di momen suci ini,” tutup Ahteram Uddin, Chief Business Officer, Muslim Pro.
 
Wah, menarik sekali ya, Moms. Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi segera setelah versi terbaru tersedia untuk mendapatkan pengalaman yang optimal selama bulan suci Ramadan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bersama Mom Nagita Slavina Brand Lokal Ini Hadirkan Personal Care untuk Bayi dan Anak, Aman bagi Kulit Sensitif
img
Gelaran Edukasi Keuangan Menarik, Imersif, dan Interaktif
img
Bye-bye Post Holiday Blues! Begini Cara Bikin Anak Kembali Semangat Bersekolah Pasca Liburan 
img
Tips Tetap Aktif, Berani dan Anti Lemas Saat Anak Kembali Bersekolah