Lewat ‘Move Her Mind’, Dukung Perempuan Indonesia untuk Berolahraga

Dwi Retno - Rabu, 13 Maret 2024
Foto : Ist
Foto : Ist
A A A

Studi riset global ASICS menemukan bahwa lebih dari separuh perempuan di seluruh dunia telah berhenti berolahraga atau bahkan tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali. Studi yang melibatkan hampir 25 ribu responden dari 40 negara mengeksplorasi partisipasi dan minat perempuan dalam berolahraga. Berdasarkan data Sport Development Index (SDI) Kemenpora tahun 2023 di Indonesia tercatat bahwa hanya 31 persen dari perempuan Indonesia secara keseluruhan yang berpartisipasi dalam kegiatan berolahraga. Angka ini tergolong rendah, mengingat banyaknya jumlah penduduk Indonesia.

Riset yang dipimpin oleh Dr. Dee Dlugonski dan Profesor Brendon Stubbs menjelaskan perbedaan yang signifikan dari kurangnya minat di seluruh dunia untuk berolahraga dibandingkan pria.

Studi ini menunjukkan bahwa lebih dari separuh perempuan di seluruh dunia menghadapi tantangan dalam berolahraga karena berbagai alasan, termasuk tekanan waktu (74 persen), kurangnya rasa percaya diri (35 persen), lingkungan yang menakutkan (44 persen), atau merasa kurang "sporty" (42 persen). Namun, meskipun demikian, hasil penelitian juga menyoroti manfaat positif bagi para perempuan yang berolahraga. Sebanyak 52 persen mengalami peningkatan kebahagiaan, 50 persen merasa lebih bertenaga, 48 persen merasa lebih percaya diri, 67 persen mengurangi stres, dan 80 persen merasa lebih sedikit frustasi setelah berolahraga.

Oleh karena itu ASICS Indonesia berkomitmen untuk mengajak dan mendukung seluruh komunitas perempuan di Indonesia dalam mendorong minat berolahraga dengan meluncurkan inisiatif globalnya di Indonesia, Move Her Mind. Langkah besar ini ditujukan untuk memberikan dukungan penuh, pemberdayaan, dan menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk aktif bergerak, melalui program-program khusus yang akan diperkenalkan serta akan diawasi langsung oleh pelatih khusus.

Sota Fukushima, Presiden Direktur ASICS Indonesia menjelaskan "Dalam upaya mendukung lebih banyak perempuan untuk aktif bergerak, kami dengan bangga mempersembahkan inisiatif terbaru kami, Move Her Mind. Kami berkomitmen untuk meningkatkan minat perempuan dalam berolahraga yang menurun di seluruh dunia karena kami percaya bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk mengubah hidup. Move Her Mind bukan hanya tentang bergerak saja, tetapi juga sebuah inspirasi, pemberdayaan, dan dukungan kepada perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka melalui kekuatan berolahraga."

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Wisata Selam Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya
img
Mau Healing Sekaligus Jalin Bonding? Main Golf dalam Ruang Saja!
img
Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas