Lonjakan Pemudik Diprediksi Meningkat Hingga 70%, Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman

Novita Sari - Selasa, 26 Maret 2024
Ki-ka: Julian Martin (Head of Ground Transportation tiket.com), Shelvy Arifin (Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry), Gaery Undarsa (Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com), dan Andari Agustin (MC). Foto: Novi
Ki-ka: Julian Martin (Head of Ground Transportation tiket.com), Shelvy Arifin (Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry), Gaery Undarsa (Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com), dan Andari Agustin (MC). Foto: Novi
A A A

Lebaran makin dekat, nih! Buat yang mau mudik, bersiap, ya. Diprediksi tahun ini pemudik bakal naik 70% lho, dibandingkan tahun lalu. Wow!

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan RI, diprediksi bahwa akan ada lonjakan pemudik di tahun 2024 ini yaitu sebesar 70%, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnnya. Dimana diprediksi bahwa ada 167,2 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024. Data ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan menjelang liburan Lebaran, melonjak secara signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Tingginya antusiasme dapat terlihat dari kenaikan pemesanan tiket transportasi yang sangat signifikan di tiket.com, yakni mencapai 60,8% dibandingkan pada 2023 (year-on-year). Sementara itu, untuk pemesanan akomodasi dan atraksi wisata atau aktivitas hiburan masing-masingnya mengalami peningkatan 18,4% dan 16,5% di tahun ini (year-on-year).

Dari peningkatan pada pembelian tiket transportasi, pemesanan tiket kereta api adalah yang paling diminati. Jika dibandingkan periode libur Lebaran 2023, pemesanan tiket kereta api ke berbagai rute di tahun ini meningkat sebesar 60,9%. Sejumlah destinasi terpopuler di antaranya Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Cirebon.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan, “Sebagai OTA yang berfokus pada customer-centric, mereka ingin terus memberikan yang terbaik bagi sobat tiket. Di antaranya seperti saat kebutuhan transportasi menjadi salah satu yang paling dicari seperti sekarang ini. Untuk memastikan siapapun tetap bisa mudik, mereka turut berekspansi dan mendorong pengguna agar menjelajahi opsi transportasi terbaru, seperti kapal ferry, bus, dan shuttle.”

Sebagai salah satu moda transportasi terbaru, tiket kapal ferry yang dijual di platform mereka saat ini merupakan bentuk kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry. Menyusul bus dan shuttle yang diluncurkan pada tahun sebelumnya, pembelian tiket ferry melalui platform ini diharapkan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi yang hendak melakukan perjalanan antar pulau. Sejak diluncurkan, pembelian tiket ferry terus menunjukkan peningkatan. Khususnya di minggu pertama Ramadan yang naik sebesar 10% dibandingkan minggu sebelumnya.

Julian Martin, Head of Ground Transportation menjelaskan, “Kami optimistis pemesanan tiket ferry akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Saat ini kami memang baru melayani pembelian tiket untuk Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang-Gilimanuk (PP). Berdasarkan data kami, pemesanan tiket di platform kami paling banyak datang dari rute Merak-Bakauheni, dan diikuti rute Bakauheni-Merak.”

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini, dan bersemangat dengan potensi kerja sama lainnya ke depan. Penerapan teknologi dalam layanan kami merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan bagi masyarakat yang siap untuk mudik. Dengan pembelian tiket secara online, diharapkan pengguna kapal ferry sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin.

Tips Mudik Aman dan Nyaman:

  • Pesan tiket jauh-jauh hari: Semakin dekat Lebaran, harga tiket biasanya semakin mahal.
  • Manfaatkan layanan baru: Kapal ferry, bus, dan shuttle bisa jadi alternatif yang lebih hemat.
  • Cek promo THR Pol-polan: Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon dan cashback menarik.
  • Siapkan diri dengan baik: Pastikan kondisi kesehatan prima dan kendaraan dalam keadaan siap mudik.
Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!