Makin Mudah, Belajar Bahasa Arab, Mengikuti Live Ceramah, dan Khatam Qur’an Lewat Satu Aplikasi

Dwi Retno - Kamis, 29 Februari 2024
Foto : Ist
Foto : Ist
A A A

Bulan Ramadan tinggal hitungan hari lagi, dimana bulan suci Ramadan adalah momentum istimewa bagi seluruh umat muslim untuk meningkatkan frekuensi dan kualitas ibadah. Namun di sisi lain, aktivitas sehari-hari adakalanya menjadi tantangan tersendiri dalam beribadah dengan lebih optimal. Ruang Ngaji adalah platform edukasi dan informasi agama Islam keluaran J99 Corp. melalui J99 Foundation siap menemani masyarakat dalam menjalankan ibadah dan amalan sepanjang bulan Ramadan nanti.

Sejak tahun 2022, aplikasi ini melakukan syiar agama Islam dan senantiasa memberikan warna untuk memotivasi peningkatan kuantitas dan kualitas ibadah Ramadan dengan inovasi dan perkembangan fitur di setiap tahunnya. Tahun ini, hadir dengan fitur baru yakni Live Ceramah, Fasih Arab, dan Khatam Qur’an berhadiah umrah sebagai kelanjutan dari program tahun lalu.

Founder Ruang Ngaji, Shandy Purnamasari mengatakan, bukan sekadar menyajikan beragam menu untuk belajar agama, selama ini juga sarat dengan kegiatan interaktif yang membuat aplikasi ini makin istimewa. Kami memiliki puluhan guru ngaji, sehingga setiap pengguna aktif bisa langsung belajar layaknya santri. Tahun ini Insyaallah kami akan memberangkatkan dua orang untuk beribadah umrah, dengan mengacu pada penilaian para guru ngaji terhadap keaktifan para santri.

“Selalu ada yang baru dan berkembang di aplikasi kami. Jika tahun lalu aktivitas kegiatan Ramadan berfokus pada fitur Khatam Al-Qur’an, untuk Ramadan kali ini turut menghadirkan fitur Live Ceramah dan Fasih Arab,” imbuh Alfan Salim, Penanggung jawab aplikasi Ruang Ngaji.

Peluncuran fitur unggulan pada tahun ini turut pula menghadirkan Ustaz Hanan Attaki yang memberikan kajian seputar keutamaan ibadah di bulan Ramadan. Allah SWT mengistimewakan bulan Ramadan di antara 12 bulan di dalam satu tahun. Sehingga siapapun di antara hamba-hambaNya yang mendapat keistimewaan untuk bisa bertemu dengan bulan suci Ramadan, mengisi bulan tersebut dengan ibadah-ibadah yang istimewa, maka kedudukan hamba itu juga akan istimewa di hadapan Allah SWT. “Disunahkan bagi seluruh umat muslim untuk mengkhatamkan Al-Qur’an selama bulan Ramadan, mendengarkan kajian keagamaan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang iman dan Islam, dan berbagai ibadah sunah lainnya yang mampu menambah amalan kita sembari menjalankan ibadah puasa. Alhamdulillah, aplikasi ini paham akan kebutuhan tersebut dan mampu menemani umat muslim dalam menjalankan ibadah dan amalan di bulan Ramadan. Semoga aplikasi ini menjadi “madrasah, wadah belajar dan menimba ilmu yang akan terpakai sepanjang masa dan menjadi amal jariyah bagi pendiri dan pengembangnya,” ungkap Ustaz Hanan Attaki.

Sejak awal diluncurkan, aplikasi ini berupaya untuk menjadi sarana dakwah Islam yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana pun dan apa pun latar belakangnya. Pembaruan juga dilakukan pada tampilan dan fitur-fiturnya yang terdiri dari: Haji & Umrah, Yasin & Tahlil, Intisari Qur’an, Tasbih Digital, Juz Amma, dan Ziarah. Tak hanya itu, ada juga fitur lain seperti Ngaji Online, Al-Qur’an, Waktu Sholat, Quiz Islami, Belajar Bahasa Arab, Penanda Arah Kiblat, Kisah Islami, Kalkulator Zakat, hingga Informasi Masjid Terdekat. Semua fitur dapat diakses secara gratis.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Program Anak Kreatif, Aktif, Optimis dan Sekolah Sehat 2024 Targetkan 10.000 Siswa Terima Edukasi PHBS
img
Rayakan 4 Dekade, Snack Ini Bawa Cerita Petualangan Lebih Dekat dan Nyata bagi Anak-anak Indonesia 
img
Bersama Mom Nagita Slavina Brand Lokal Ini Hadirkan Personal Care untuk Bayi dan Anak, Aman bagi Kulit Sensitif
img
Gelaran Edukasi Keuangan Menarik, Imersif, dan Interaktif