Massa Otot yang Lebih Tinggi Bikin Risiko Kematian 50% Lebih Rendah, Yuk, Nabung Otot dengan Produk Mengandung HMB

Novita Sari - Kamis, 01 Agustus 2024
Ki-ka: Fernando Surya (Winner L-Men of The Year 2006), Susana (Head of Strategic Marketing Nutrifood), dan Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.SN, DCD, FRSPH (Dokter Spesialis Penyakit Dalam). Foto: Novi
Ki-ka: Fernando Surya (Winner L-Men of The Year 2006), Susana (Head of Strategic Marketing Nutrifood), dan Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.SN, DCD, FRSPH (Dokter Spesialis Penyakit Dalam). Foto: Novi
A A A

Kabar baik, nih! Produsen makanan dan minuman yang mendukung gaya hidup sehat, Nutrifood, pada ulangtahunnya yang ke-45, berinovasi dengan menghadirkan rangkaian produk yang mengandung HMB.

Mereka luncurkan HiLo Platinum Vanilla dan L-Men Advanced Gold, dimana kedua produk ini ditujukan untuk konsumen usia aktif agar dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot sehingga bisa mewujudkan hari tua yang lebih aktif, bahagia, dan sehat lebih lama.

Rangkaian produk inovasi baru tersebut diperkaya dengan HMB (Beta-Hydroxy-Beta-Methylbutyrate). HMB adalah senyawa alami yang diproduksi tubuh dari asam amino leusin. Senyawa ini memiliki peran penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Produk ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi mereka yang aktif berolahraga atau ingin menjaga kesehatan otot. Selain mengandung HMB, produk ini juga dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral yang mendukung pertumbuhan otot dan kinerja fisik.

Produk-produk ini ditujukan bagi berbagai kalangan, mulai dari atlet profesional, binaragawan, hingga individu yang ingin meningkatkan kekuatan otot dan stamina tubuh.

“Kami percaya bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Melalui produk-produk inovatif ini, kami ingin mendorong masyarakat untuk menjaga kesehatan otot sejak dini, sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan penurunan massa otot,” kata Susana, Head of Strategic Marketing Nutrifood saat perayaan ulangtahun perusahaan ke-45 sekaligus peluncuran inovasi baru di Habitate, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 31 Juli 2024.

Fakta menunjukkan bahwa di sekitar usia 30 tahun, manusia dapat kehilangan massa otot sekitar 3-8% setiap dekadenya, padahal massa dan kekuatan otot merupakan elemen krusial yang mampu memengaruhi postur tubuh serta kemampuan manusia bergerak dan beraktivitas.

Risiko menurunnya massa dan kekuatan otot ini dapat menyebabkan gangguan aktivitas, hingga meningkatkan risiko jatuh dan cedera yang merupakan salah satu faktor utama penyebab disabilitas pada usia lanjut.

“Produk ini kami rancang untuk mengajak masyarakat Indonesia agar dapat hidup sehat lebih lama. Salah satu gangguan yang dapat dialami seiring bertambahnya usia adalah sarkopenia, yaitu kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kekuatan dan massa otot secara progresif. Sarkopenia berkaitan dengan berbagai macam gangguan termasuk penurunan performa fisik, penurunan kualitas hidup, peningkatan kebutuhan perawatan, dan peningkatan risiko kematian. Indonesia saat ini sedang memasuki fase ageing population, yaitu peningkatan proporsi penduduk lanjut usia. Berdasarkan Sensus Penduduk Indonesia pada 2023, hampir 12 persen atau sekitar 29 juta penduduk Indonesia masuk dalam kategori lansia dan di tahun 2045 jumlahnya diperkirakan akan mencapai hampir seperlima dari total penduduk Indonesia. Oleh karena itu, #NabungOtot sejak dini perlu dilakukan sebagai bekal persiapan di hari tua nanti, melalui pembiasaan olahraga (termasuk olahraga beban) secara rutin, pemenuhan kebutuhan protein yang cukup sebagai bagian dari pola hidup sehat, serta konsumsi HMB. Adanya kedua produk ini semoga dapat membantu masyarakat Indonesia lebih peduli dengan kekuatan dan massa otot dalam mendukung kualitas hidupnya,” papar Susana.

Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.SN, DCD, FRSPH yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam mengatakan, “HMB atau Beta-Hydroxy-Beta-Methylbutyrate adalah senyawa hasil metabolisme asam amino leusin (asam amino adalah komponen penyusun protein). Sekitar 80% leusin yang kita konsumsi akan digunakan untuk sintesis protein dan sekitar 5-10% akan dikonversi menjadi HMB pada organ hati . Suplementasi HMB terbukti bermanfaat dalam membantu menjaga massa dan kekuatan otot. HMB diketahui dapat membantu mencegah penurunan massa otot pada mereka yang berusia lanjut (lansia), terutama jika diimbangi dengan olahraga. Dosis yang banyak digunakan pada penelitian untuk menunjukkan manfaat HMB adalah 3 gram/hari, dan sejumlah studi juga menunjukkan hasil positif dengan suplementasi HMB sebanyak 1,5 gram/hari.”

“Tidak hanya itu, massa dan kekuatan otot juga berkaitan dengan risiko kematian. Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Biogerontology menemukan bahwa mereka dengan kekuatan otot (massa otot) yang lebih tinggi ternyata memiliki risiko kematian hingga 50% lebih rendah. Lebih jauh lagi, kekuatan otot dapat menjadi prediktor umur panjang karena dapat menjadi indikator kesehatan sistem neuromuskular (jaringan neuromuskular sehat dan fungsional),” tambah dr. Rudy.

“Seiring bertambahnya usia, membuat saya sadar bahwa stamina dan performa fisik bisa menurun. Di usia yang tidak lagi muda, saya terus berupaya menjaga kekuatan otot untuk bisa hidup optimal, dengan konsisten menjalani pola hidup yang sehat, mulai dari rutin olahraga, baik kardio maupun latihan beban, makan makanan bernutrisi, hingga istirahat cukup,” ucap Fernando Surya, Winner L-Men of The Year 2006, yang saat ini aktif sebagai Assistant General Manager dan Coach Rowdybox Indonesia

“Terkadang saya juga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan protein harian dan mencari sumber makanan dengan HMB, sehingga adanya inovasi ini tentunya dapat menjawab kebutuhan banyak masyarakat Indonesia, termasuk saya, untuk mendapatkan manfaat baik dari HMB, demi mewujudkan hidup sehat yang berkualitas,” ujar Fernando.

Dengan mengadopsi gaya hidup aktif, mengonsumsi makanan bergizi, dan mempertimbangkan suplemen HMB, kita dapat menjaga massa otot dan kualitas hidup yang optimal. Ingatlah, investasi pada kesehatan tubuh adalah investasi terbaik yang dapat kita lakukan. Mari mulai langkah kecil untuk hidup yang lebih sehat dan kuat!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
BKGN 2024: Teknologi AI Denta-Scan Lengkapi Konsultasi Gigi Online “Tanya Dokter Gigi”
img
Faktanya; BPA di Air Galon Tidak Terbukti Menyebabkan Gangguan Kesehatan!
img
Lebih dari Sekadar Protein, Tips Gaya Hidup Sehat ala Atlet
img
Waspada Darurat Kasus Monkeypox di Indonesia: Simak Tips Pencegahan dan Lakukan Perlindungan!