Melihat Lebih Dekat Restoran Terbaru di Jalan Ampera, Raih Sertifikat Bangunan Gedung Hijau, Lho!

Efa Trapulina - Senin, 05 Agustus 2024
(ki-ka) Ronni Rombe, Dian Irawati dan Ratna Wirahadikusumah menunjukkan sertifikat simbolis Bangunan Gedung Hijau (BGH) yang diperoleh McDonald’s Indonesia (Foto: Efa)
(ki-ka) Ronni Rombe, Dian Irawati dan Ratna Wirahadikusumah menunjukkan sertifikat simbolis Bangunan Gedung Hijau (BGH) yang diperoleh McDonald’s Indonesia (Foto: Efa)
A A A

Restoran cepat saji yang satu ini memang ramah anak. Di setiap cabang restorannya, pasti ada playground atau tempat bermain mini untuk anak-anak, mereka menyebutnya Playland.

Coba deh, perhatikan. Kalau Moms, Dads dan si kecil berkunjung dan makan di restoran  McDonald’s Indonesia, pasti melihat bahwa playland-nya selalu ada di dalam ruangan alias di dalam restoran.

Nah, ada kabar baik, nih. Di restoran terbaru yang berlokasi di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, yang baru diresmikan pada tanggal 21 Juni 2024 lalu, playland-nya terletak di luar restoran, lho, alias outdoor. Asyiknya lagi, playground tersebut dilengkapi dengan atap sehingga Moms tidak perlu khawatir bila si kecil bermain di sana saat siang hari ataupun saat hujan.

Taman bermain outdoor pertama
Taman bermain outdoor pertama

Director of Store Development Group PT Rekso Nasional Food, Ratna Wirahadikusumah mengatakan, playland outdoor di restoran Ampera tersebut adalah yang pertama kali di antara cabang restoran lainnya. Dan, asyiknya, area bermain ini lima kali lebih luas dibandingkan area bermain indoor di restoran cabang lainnya di Indonesia. Whoaaaa, apa nggak bikin si kecil makin betah, tuh!

Sertifikat BGH

Tak hanya itu saja, restoran yang berdiri di atas lahan seluas 3.478 meter persegi ini berhasil mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) Tingkat Madya untuk tahap perencanaan yang diberikan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi Jakarta. 

Untuk industri Food and Beverage (FnB) dan Bangunan Gedung nonpemerintah di Jakarta, restoran ini adalah yang pertama kali lho mendapatkan sertifikat BGH tersebut, keren ya!

Ratna menjelaskan, upaya untuk memperoleh sertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) itu sudah berlangsung dari 2 tahun lalu. Dan, ini merupakan salah satu bentuk komitmen keberlanjutan (sustainability) yang restoran tersebut usung sejak awal.

Menariknya, selain ramah lingkungan, restoran terbaru ini menerapkan konsep interior dan eksterior terbaru. Konsepnya tetap sama, berorientasi keluarga, namun ada sentuhan desain vintage ekonomis yang modern. Hal ini terlihat pula pada dekorasi dinding, maupun pilihan furnitur yang ergonomis pada kursi maupun mejanya.

McD Ampera
McDonald's  Ampera

“Sebagai perusahaan sepenuhnya yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia dan dikembangkan oleh tenaga kerja lokal, kami menaruh perhatian tinggi terhadap lingkungan tempat kami beroperasi. Restoran di Jalan Ampera dibangun sebagai wujud nyata komitmen kami terhadap pembangunan berkelanjutan. Kami senang dan tentu bangga bahwa komitmen tersebut telah mengantarkan McDonald’s Ampera menjadi restoran cepat saji pertama yang mendapatkan sertifikat Bangunan Gedung Hijau Tingkat Madya untuk tahap perencanaan. Ini merupakan langkah awal yang ke depannya kami harapkan dapat diimplementasikan ke banyak restoran di cabang lainnya,” imbuh Ratna dalam konferensi pers baru-baru ini.

Ditegaskan oleh Dian Irawati, Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR,  restoran tersebut telah melewati proses yang panjang demi mendapatkan sertifikat BGH, di antaranya penilaian kinerja bangunan yang mencakup beberapa aspek, yaitu pengelolaan tapak, efisiensi penggunaan energi, efisiensi penggunaan air, kualitas udara dalam ruang, pengelolaan sampah, pengelolaan air limbah, dan penggunaan material ramah lingkungan.

“Sertifikat ini telah menjadi wujud nyata komitmen McDonald’s Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan dan merupakan bukti bahwa sektor swasta dapat berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah terhadap pelestarian lingkungan,” katanya.

Dukung Upaya Berkelanjutan

Ronni Rombe, Director of Supply Chain & QA PT Rekso Nasional Food mengatakan, “Melalui lebih dari 300 restoran kami di Indonesia, belasan ribu tenaga kerja lokal, dan puluhan mitra pemasok lokal, kami yakin berbagai upaya yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi positif untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB.”

Berkenaan dengan prinsip berkelanjutan, restoran cepat saji keluarga yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun di Indonesia ini telah mendukung tercapainya tujuan SDGs ke-12 yang berkaitan dengan ‘Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab’. 

McDonalds Indonesia Raih Sertifikat Bangunan Gedung Hijau
Perkuat Komitmen terhadap Pembangunan Berkelanjutan

Hal ini ditunjukkan lewat upaya mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai dan beralih kepada kemasan kertas bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC) yang lebih memerhatikan lingkungan hidup. Contohnya dengan mengurangi penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan tutup kemasan yang disegel (sealer) untuk minuman yang dibawa pulang (takeaway, Drive Thru, dan delivery). 

Selain kemasan, mereka juga menaruh perhatian pada pemilihan bahan baku dan pengelolaan limbah. Salah satunya adalah penggunaan minyak sawit di restoran yang sudah disertifikasi dan memenuhi ketentuan lingkungan hidup. Lalu, setelah penggunaan, minyak goreng bekas diolah menjadi sumber energi terbarukan (biodiesel) yang sudah disertifikasi oleh pemerintah, sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan apabila dibuang begitu saja ataupun dijadikan pakan ternak apalagi dikonsumsi manusia.

Selain itu, terkait dengan tujuan SDGs ke-13 yakni ‘Penanganan Perubahan Iklim’, restoran ini telah mengimplementasikan berbagai fasilitas dan inisiatif ramah lingkungan di sebagian besar restorannya. Beberapa inisiatif tersebut meliputi:

  • Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa restoran sebagai sumber energi terbarukan, seperti di restoran Ampera, Kemang maupun Boulevard Barat.
  • Penggunaan lampu LED di semua restoran untuk menghemat energi dan ramah lingkungan,
  • Pemasangan perangkat sanitasi hemat air (sanitary fixture) untuk mengurangi konsumsi air, 
  • Penyediaan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (EV charging) untuk motor dan mobil di beberapa restoran demi mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan, salah satunya di restoran terbaru cabang Ampera.

“Supaya memberikan dampak yang lebih besar, kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkontribusi demi masa depan dan lingkungan yang lebih baik,” tutup Ronni.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren