Mengapa Moms Harus Ke Bidan?

Dwi Retno - Jumat, 18 Oktober 2024
DKT Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Luncurkan Kampanye “Ayo ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan“ untuk Meningkatkan Kesadaran dan Akses Layanan Keluarga Berencana (Foto : Ist)
DKT Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Luncurkan Kampanye “Ayo ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan“ untuk Meningkatkan Kesadaran dan Akses Layanan Keluarga Berencana (Foto : Ist)
A A A

Dengan lebih dari 398.000 bidan tersebar di berbagai wilayah, dari kota hingga desa terpencil, bidan memainkan peran vital di sepanjang daur kehidupan perempuan, kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga (KB). Melalui kampanye "Ayo ke Bidan, Ingat KB, Ingat Bidan", DKT Indonesia dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) ingin memastikan bahwa setiap perempuan memiliki akses yang lebih mudah dan nyaman untuk mendapatkan layanan KB dan kesehatan reproduksi berkualitas, sekaligus meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya peran bidan dalam menjaga kesehatan Ibu dan bayi.

"Bidan adalah sahabat perempuan di sepanjang daur kehidupan kesehatan reproduksi perempuan. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa layanan di klinik bidan itu dekat, tanpa antre, nyaman, tepercaya, dan terjangkau," ungkap Dr. Ade Jubaedah, S.Keb., Bdn., MM., MKM, Ketua Umum PP IBI. "Melalui kampanye ini, kami ingin menegaskan bahwa bidan memiliki kompetensi yang mumpuni untuk membantu perempuan Indonesia dalam memilih metode kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka serta mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi yang berkualitas,” ungkapnya saat ditemui di Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IBI 2024.

Head of Marketing DKT Indonesia, Cut Vellayati menjelaskan “Bidan bukan hanya tenaga kesehatan biasa, mereka adalah mitra perempuan dalam setiap tahap kehidupan reproduksi. Dari merencanakan kehamilan hingga memilih metode kontrasepsi yang aman dan efektif, Bidan siap membantu dengan layanan yang personal dan penuh perhatian”.

Inilah alasan kenapa Moms, harus ke Bidan! Karena klinik bidan menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk:

  1. Bidan itu Dekat: bidan tersedia di berbagai pelosok, mulai dari kota besar hingga desa-desa terpencil. Jaringan bidan yang luas di seluruh Indonesia memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan tanpa perlu bepergian jauh.
  2. Tanpa Antri, Pelayanan Lebih Cepat: di bidan, Moms tidak perlu khawatir tentang antrian panjang. Bidan siap memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, sehingga Moms tidak perlu menunggu lama untuk berkonsultasi atau mendapatkan pelayanan.
  3. Nyaman dan Personal: bidan menawarkan suasana yang personal dibandingkan fasilitas kesehatan yang besar. Moms dapat merasa lebih nyaman dan tenang dalam berkonsultasi, karena bidan siap mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.
  4. Terjangkau dan Tepercaya: bidan dikenal sebagai tenaga kesehatan yang andal dan terlatih, selain itu, biaya layanan yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau, menjadikannya pilihan yang tepat bagi semua kalangan masyarakat.

Seiring dengan perkembangan regulasi kesehatan di Indonesia, bidan juga dihadapkan pada berbagai tantangan untuk tetap memberikan pelayanan yang berkualitas. “Peran bidan saat ini semakin krusial di tengah regulasi yang terus berkembang. Tantangan dalam mematuhi standar layanan kesehatan yang lebih ketat harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi bidan, serta memastikan bahwa layanan kesehatan tetap terjangkau bagi seluruh masyarakat. Kampanye ini adalah upaya kami untuk memperkuat posisi bidan sebagai mitra tepercaya dalam pelayanan keluarga berencana,” tutup dokter Ade Jubaedah.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Mengapa Moms Harus Ke Bidan?
img
Dari Hobi ke Bisnis: Kisah Inspiratif Lisa Quincy, Ibu Rumah Tangga yang Jadi Kreator
img
Yuk Moms Ubah Sampah Jadi Rupiah!
img
Gandeng Rhoma Irama, Ajak Masyarakat Perangi Judi Online