Nikita Willy Bagi Tips Parenting, Bonding jadi Lebih Seru!

Novita Sari - Rabu, 18 September 2024
Brand Ambassador Baby HUKI, Nikita Willy dan Issa. Foto: Ist
Brand Ambassador Baby HUKI, Nikita Willy dan Issa. Foto: Ist
A A A

Nikita Willy dikenal sebagai ibu yang sabar. Ya, wanita yang kini tengah mengandung anak keduanya ini, menerapkan gentle parenting terhadap sang putra yang akrab disapa Issa. Di usianya yang baru saja genap 2 tahun, Issa sudah memiliki karakter yang mengagumkan. Hal tersebut terungkap dari salah satu video yang viral dimana saat itu Issa mengatakan, "Maaf, Bu.." ketika Nikita Willy kaget karena Issa melempar sebuah benda.

Moms and Dads pasti penasaran, bagaimana sih Nikita Willy bisa membangun ikatan (bonding) yang erat dengan sang putra?

Nah, dalam acara interaktif Playdate with Nikita and Issa yang digelar di Youreka Kids Farm, Kuningan City Lantai 3, Jl. Prof. DR. Satrio No.18, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Rabu pagi, 18 September 2024, sebuah diskusi hangat bersama para Ibu Pintar, Marketing Manager Baby HUKI, Risa Trisanti, dan Nikita Willy, mengungkap berbagai cara efektif membangun bonding yang kuat dengan si Kecil.

Memanfaatkan Waktu Berkualitas Bersama Si Kecil

Dalam kesibukan sehari-hari, para ibu sering kali merasa kesulitan untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak. Namun, para narasumber sepakat bahwa waktu yang dihabiskan bersama anak, sekecil apapun, sangat berharga untuk membangun ikatan yang kuat.

Momen kebersamaan antara orang tua dan si Kecil merupakan fondasi penting bagi perkembangan emosional si Kecil. Ikatan emosional yang positif antara orang tua dan si Kecil memainkan peran kunci dalam tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami pentingnya memiliki bonding yang sehat agar terciptanya momen yang berkualitas bersama si Kecil.

Dalam kata sambutannya, Franciska Puspa Julia, GM Sales Marketing Baby HUKI, menekankan pentingnya memanfaatkan setiap momen bersama anak. "Meskipun sibuk, kita bisa tetap menciptakan momen berkualitas dengan anak. Misalnya, saat menyusui atau memandikan, kita bisa sambil bercerita atau menatap mata mereka," ujarnya.

Dongeng Sebelum Tidur: Kunci Meningkatkan Kognitif Anak

Dalam kesempatan diskusi, Risa Trisanti,  mengungkapkan tentang manfaat mendongeng sebelum tidur. "Dongeng tidak hanya membuat anak lebih tenang sebelum tidur, tetapi juga merangsang imajinasi dan kreativitas mereka," ungkapnya.

Selain itu, menurut Franciska, produk mereka dirancang dengan gambar hewan yang memiliki makna dan manfaat tertentu. Hal ini bertujuan untuk memberikan stimulasi visual dan kognitif bagi anak.

Nikita Willy, yang dikenal dengan gaya parenting-nya yang lembut, berbagi tips untuk para ibu. "Sabar adalah kunci dalam mengasuh anak sehingga kita bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan anak," ujarnya.

Nikita juga menekankan pentingnya konsistensi dalam rutinitas sehari-hari. "Sebelum bekerja siapkan rutinitas yang konsisten bagi kita dan anak kita. Anak-anak itu suka konsisten sehingga akan menjauhkan anak-anak dari tantrum. Dengan mengetahui apa yang akan dilakukan, anak-anak akan merasa lebih aman dan nyaman. Sebagai orangtua kita juga jadi tahu jam segini anak lagi ngapain. Luangkan waktu dengan anak sebelum berangkat kerja, pulang kerja, misal dengan sarapan bareng atau makan malam bareng atau saat memandikan anak. Satu anak minimal 30 menit setiap hari tapi berkualitas tanpa terdistraksi apa pun, itu sudah cukup," papar Nikita.

Lima Bahasa Cinta Anak

Mengutip pakar parenting, Aisyah Dahlan, Nikita menjelaskan bahwa anak-anak memiliki lima bahasa cinta yang perlu dipenuhi, yaitu kata-kata afirmasi, waktu berkualitas, pemberian hadiah, tindakan pelayanan, dan sentuhan fisik. "Dengan memahami bahasa cinta anak, kita bisa memberikan kasih sayang yang mereka butuhkan," ucap Nikita.

Sebagai merek perlengkapan bayi yang sudah lebih dari 30 tahun, Baby HUKI percaya bahwa memiliki momen yang berkualitas atau bonding yang sehat antara orang tua dan si Kecil itu sangat penting.

Untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, mereka pun mengadakan kegiatan Playdate bersama Nikita Willy dan Issa sebagai Brand Ambassador untuk memberikan edukasi kepada para orang tua mengenai pentingnya menciptakan bonding yang sehat dengan si Kecil melalui berbagai aktivitas yang interaktif.

Ki-ka: Dirut lkapharmindo Kartono, Direktur Lisa Winata, Nikita, Franciska, dan Risa. Foto: Ist
Ki-ka: Dirut lkapharmindo Kartono, Direktur Lisa Winata, Nikita, Franciska, dan Risa. Foto: Ist

“Selama lebih dari 30 tahun menemani Bunda Pintar, kami menjadi teman perjalanan tumbuh kembang si Kecil dengan produk inovatif yang memenuhi standar orthodontic, teruji klinis, dan bersertifikasi halal. Kami juga percaya bahwa bonding yang sehat adalah kunci penting untuk perkembangan si Kecil. Oleh karena itu, produk kami dirancang tidak hanya untuk memberikan kenyamanan melainkan juga mendukung pengalaman bonding yang sehat. Kami terus berinovasi melalui program edukasi dan aktivitas interaktif, seperti acara Playdate hari ini untuk memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan si Kecil yang tentunya memberi pengaruh positif pada tumbuh kembang si Kecil,” ujar Franciska.

"Kegiatan Playdate bersama Nikita Willy dan Issa merupakan inisiatif kami untuk mendukung orang tua dalam membangun bonding yang sehat. Kegiatan Playdate ini juga menjadi puncak dari marketing activation yang sinergis antara digital activation dan aktivitas in-store yang berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2024," tambah Franciska.

“Selama periode tersebut, kami melihat antusiasme luar biasa lebih dari 1.000 Bunda Pintar dari berbagai daerah di Indonesia yang membagikan cerita momen bonding mereka di Instagram. Kegiatan Playdate ini tidak hanya sebagai apresiasi bagi para pemenang tetapi juga sebagai sarana dalam menciptakan momen berkualitas bersama si Kecil. Kami berharap para Bunda Pintar dapat terinspirasi untuk terus menciptakan momen berkualitas yang mempererat bonding yang sehat, seperti mendongeng atau aktivitas interaktif. Kami juga mendukung upaya ini dengan menghadirkan produk inovatif seperti botol susu dengan desain edukatif dari seri Hewan Pintar dan Seri Dongeng, sehingga dapat membantu orang tua menjadikan waktu makan dan minum susu si Kecil sebagai momen belajar yang menyenangkan,” kata Risa Trisanti.

"Kunci dalam memiliki bonding yang sehat adalah konsistensi dan menyisihkan waktu khusus bersama si Kecil agar si Kecil tetap merasa diperhatikan. Aku selalu melakukan aktivitas sederhana seperti membacakan dongeng sebelum Issa tidur, mengajaknya bermain dan berinteraksi bersama Issa sambil menemaninya makan dan minum susu. Aktivitas sederhana seperti ini, jika dilakukan secara rutin dapat memperkuat bonding yang sehat dan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang si Kecil,” ujar Nikita.

Nikita juga menambahkan pentingnya memilih produk yang mendukung kenyamanan dan kesehatan anak selama momen bonding. “Bagi saya, memilih produk yang aman dan berkualitas sangat membantu dalam menciptakan momen yang berkualitas dengan Issa. Seperti botol susu dengan desain karakter lucu yang sering menarik perhatian Issa, membuatnya lebih bersemangat saat makan dan minum. Hal ini membuat momen kami jadi terasa lebih spesial, dan dengan dot orthodontic yang telah teruji klinis, membuat saya tidak perlu khawatir tentang kesehatan giginya,” ujar Nikita.

Playdate ini juga merupakan bentuk kerja sama dengan Alfa Group dimana menghadirkan total 40 Bunda Pintar terpilih yang tergabung dalam program Circle Bunda Pintar dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Malang, Kebumen, Jambi, dan Makassar.

Membangun ikatan yang kuat dengan anak adalah investasi jangka panjang yang sangat penting. Dengan menerapkan tips-tips dari para narasumber di atas, para ibu dapat menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang dan mendukung tumbuh kembang anak.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Hadirkan Pameran ‘Kisah Kita’ dan Luncurkan Produk Terbaru di Anniversary Ke-49
img
Sayangi Hewan Kesayangan dengan Berikan Nutrisi dan Probiotik Aktif
img
Nikita Willy Bagi Tips Parenting, Bonding jadi Lebih Seru!
img
Konferensi Tata Lingkungan Indonesia 2024, Bersatu Melindungi Bumi