No Infeksi! Saatnya Tetap Aktif, Nyaman dan Sehat Selama Menstruasi dengan Cairan Antiseptik Povidone Iodine 

Efa Trapulina - Rabu, 29 Mei 2024
(ki-ka) MC, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS, Anastasia Damayanti (Perwakilan dari Betadine), Sharena Delon, Sondang Simamora dari Guardian Indonesia (Foto: Efa)
(ki-ka) MC, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS, Anastasia Damayanti (Perwakilan dari Betadine), Sharena Delon, Sondang Simamora dari Guardian Indonesia (Foto: Efa)
A A A

Tahukah Moms, 7 dari 10 wanita di seluruh dunia pernah mengalami vaginitis setidaknya sekali dalam hidup mereka. Untuk diketahui, vaginitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada vagina yang dapat mengakibatkan gejala seperti keluarnya cairan, gatal, nyeri ataupun berbau. 

Masih menurut data, dari gejala-gejala tersebut, 2 dari 3 wanita di Indonesia mengeluhkan gatal-gatal, 3 dari 5 wanita di Indonesia mengalami keputihan, 1 dari 2 wanita mengeluhkan bau tak sedap di area kewanitaan. 

Tentunya gejala tersebut tak boleh dibiarkan, apalagi diabaikan. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda awal iritasi yang, jika dibiarkan, dapat berkembang menjadi infeksi. 

Untuk itulah perempuan perlu memahami pentingnya memiliki kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama saat menstruasi atau haid. 

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, M.Kes, FICS menjelaskan bahwa vagina yang sehat memiliki pH 3.5 - 4.5. “pH yang lebih tinggi dapat mendukung pertumbuhan bakteri patogen dan mengganggu flora normal. Ketidakseimbangan flora normal dan perubahan pH di area kewanitaan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan. Faktanya, saat menstruasi, 72% wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi vagina saat menstruasi karena darah haid bersifat basa dan dapat meningkatkan pH vagina,” ujarnya dalam talk show kesehatan bertajuk “Tetap Nyaman, Aktif dan Sehat Selama Red Days #Bukan Halangan” yang digelar oleh Betadine dan Guardian bertepatan dengan Menstrual Hygiene Day, Selasa (28/5/24) di Jakarta. 

Tak lupa dr. Ardiansjah menyerukan kepada setiap perempuan betapa pentingnya memiliki kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat menstruasi. “Karena menstruasi memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas ekosistem vagina. Saat mengalami gejala awal iritasi, penggunaan produk antiseptik juga disarankan,” serunya.

Meski begitu, jangan sembarang memilih antiseptik, apalagi untuk area yang sangat sensitif seperti vagina. “Antiseptik yang baik sebaiknya mengandung Povidone Iodine, karena memiliki spektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan dengan cepat memulihkan flora normal, sehingga efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan,” imbuh dr. Ardiansjah.

Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti mengungkapkan, “Data menunjukkan bahwa dua dari tiga wanita pernah mengalami gejala gatal, bau tidak sedap, dan keputihan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih dengan berkembangnya kebiasaan konsumen seperti waxing dan shaving, risiko iritasi area kewanitaan pun akan meningkat. Sebagai produk antiseptik, Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone Iodine 10% yang dikenal sebagai #BotolUngu merupakan langkah pertama dalam mengatasi gejala infeksi saat Red Days. Kami berkomitmen untuk memastikan wanita Indonesia tetap nyaman, aktif, dan sehat selama menstruasi karena bagi kami, menstruasi #BukanHalangan,” ucapnya.

Produk antiseptik khusus untuk membersihkan area kewanitaan
Produk antiseptik khusus untuk membersihkan area kewanitaan

Terkait menggunakan produk antiseptik selama menstruasi, aktris dan model Sharena Delon berbagi pengalamannya. “Saya pertama kali menggunakan produk perawatan area kewanitaan saat saya mulai mengalami menstruasi. Sebagai wanita yang aktif, menstruasi tidak menjadi halangan bagi saya. Saya rutin menggunakan rangkaian feminine care untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.” 

Ketika memiliki gejala iritasi seperti gatal-gatal muncul, ia memilih menggunakan antiseptik Botol Ungu untuk membantunya tetap nyaman dan bebas dari gangguan selama menstruasi. “Bonusnya saya juga lebih percaya diri dan produktif. Untuk para wanita, ayo biasakan jaga kebersihan area kewanitaan secara rutin agar tidak menjadi masalah," seru istri dari Ryan Delon.

Apt. Sondang Simamora, S.S, Pharmacy Practice & Central Operation Manager of Guardian Indonesia menyampaikan bahwa sebagai jaringan toko Health & Beauty, mereka memiliki komitmen yang sama untuk memberikan kontribusi positif bagi kesehatan wanita Indonesia secara menyeluruh. “Dengan berkembangnya gaya hidup, kami mengobservasi kebutuhan akan produk perawatan area kewanitaan meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga kami berupaya untuk menyediakan produk-produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan kesehatan wanita,” pungkas Sondang.

Ada kabar baik, nih, bagi Moms pemburu harga hemat. Dalam upaya meningkatkan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, ada promo khusus untuk pembelian produk Betadine di seluruh gerai Guardian sejak tanggal 16 Mei - 19 Juni 2024. Tunggu apalagi, yuk jaga kebersihan area kewanitaan demi mencegah infeksi! 

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Mitos dan Fakta Seputar Migrain, Penting untuk Atasi Mitos Migrain di Tempat Kerja
img
Krisis Kesehatan Meningkat, PMI Lanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis Gaza
img
Kampanye Generasi Bersih Sehat, Soroti Pentingnya Akses WASH dan PHBS di Sekolah 
img
Jangan Anggap Enteng Migrain, Ternyata Berpengaruh pula Terhadap Pola Pendidikan Anak