Pentingnya Pemakaian Tabir Surya pada Bayi dan Anak, Bikin Bermain di Bawah Matahari Jadi Lebih Aman  

Efa Trapulina - Sabtu, 27 Juli 2024
Dalam acara
Dalam acara "Sunsational Playdate", Momami ajak orangtua untuk tak takut anak bermain di bawah matahari dengan rangkaian produk tabir surya (sunscreen) khusus bayi dan anak (Foto: Efa)
A A A

Pada Sabtu pagi (27/7/24) bertempat di Mes Amis Pondok Indah, Momami, merek perawatan bayi dan anak premium asal Indonesia meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan tabir surya atau sunscreen untuk anak di kalangan orangtua modern. 

Lewat acara bertajuk “Sunsational Playdate”, mereka mengundang anak-anak dan orangtua untuk bermain bersama di bawah matahari dengan nyaman dan aman. 

Acara santai ini juga mencakup diskusi mendalam mengenai tabir surya untuk anak-anak bersama dengan dr. Made Sanitca Indah Sp.DVE  dan content creator Ayla Dimitri sebagai salah satu figur orangtua yang cukup dikenal di media sosial. 

Dampak Buruk Sinar UV

dr. Made Sanitca Indah, Sp.DVE, Dokter Spesialis Kulit dari RS Brawijaya Antasari menegaskan bahwa penggunaan tabir surya atau sunscreen sejak dini, penting sekali. 

dr. Made Sanitca, Sp.DVE
(kiri) dr. Made Sanitca Indah, Sp.DVE menjelaskan pentingnya penggunaan tabir surya

Ia mengambil contoh kasus penyakit kulit yang salah satu penyebabnya adalah paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih di Amerika. “Menurut penelitian di Amerika, masalah kulit yang paling umum terjadi di sana adalah kanker kulit. Ini antara lain dipicu oleh gaya kebiasaan masyarakat sana yang suka berjemur di pantai, di bawah sinar matahari. Setiap tahun, ada 63.000 kasus dan 9.000 meninggal akibat melanoma,” imbuhnya di sela-sela talkshow “Sunsational Playdate”. 

Untuk Moms ketahui, melanoma sendiri adalah salah satu jenis kanker kulit yang terjadi akibat pertumbuhan sel melanosit secara tidak normal. 

“Sinar UV ini merupakan salah satu penyebab kanker kulit yang paling utama. Negara tetangga kita, Singapura memiliki daily UV index yang cukup tinggi sehingga negara tersebut sudah mulai menggalakkan pemakaian sunscreen di early childhood (pada anak usia dini),” imbuh dr. Made Sanitca.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika kulit tidak dilindungi dari paparan sinar UV, maka akan menimbulkan dampak bagi kesehatan. “Yang paling sering adalah sunburn (kulit terbakar), kanker kulit, lalu masalah gangguan antioksidan pada kulit seperti anti aging (penuaan dini), dan sebagainya,” ujar dr. Sanitca. 

Pentingnya Pemakaian Sunscreen Sejak Dini

Itulah mengapa, pemakaian sunscreen sejak dini pada anak bisa melindungi kulitnya dari dampak buruk sinar matahari. JIka menggunakan sunscreen, maka kulit akan terlindungi sebab sunscreen akan memantulkan sinar matahari. Sebaliknya, jika tidak menggunakan sunscreen, paparan sinar UVA dan UVB dari matahari bisa menembus epidermis atau lapisan terdalam kulit, dan ini bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan kulit, seperti kanker kulit, bintik putih pada kulit, kemerahan, dan sunburn.  

Momami Sun-sational Playdate
Kegiatan ibu dan anak dalam acara Sun-sational Playdate

Cara Pemakaian Sunscreen

Nah, untuk mencegah dampak buruk dari paparan sinar UVA dan UVB dari matahari, dr. Sanitca menyarankan untuk menggunakan sunscreen khusus bayi dan anak pada si kecil, ketika Moms hendaknya membawanya beraktivitas di luar ruang. 

“Cara pemakaian sunscreen, dioleskan ke tangan, diusap dulu baru digunakan ke seluruh bagian tubuh. Yang suka kelupaan adalah telinga dan leher belakang. Jangan lupa, bagian tubuh lainnya yang ketutup pakaian, juga tetap diberi sunscreen. Aplikasikan sunscreen setiap 2 jam. Sebaiknya, minimal 15 menit sebelum anak beraktivitas di outdoor, sudah dipakaikan sunscreen,” terang dr. Sanitca. 

“Jika bayi atau anak akan keluar rumah atau ke pantai, harus menggunakan sunscreen dengan SPF 50. Kalau akan terkena sinar matahari langsung saat di luar, lengkapi dengan pelindung lainnya seperti topi, kacamata, jaket, dan sebagainya,” papar dr. Sanitca. 

Produk Perlindungan dari Matahari yang Aman

Dalam kesempatan tersebut, Lina Paulina, Marketing Director Momami mengatakan, “Kami memahami bahwa kulit anak-anak sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari, dan penting bagi mereka untuk mendapatkan perlindungan yang efektif tanpa mengorbankan kenyamanan. Oleh karena itu, pada tahun 2020, kami merancang Rub A Dub Dub Sunscreen Lotion yang tidak hanya memberikan perlindungan maksimal, tetapi juga mudah digunakan dan nyaman bagi anak-anak," ujarnya terkait alasan brand tersebut membuat produk sunscreen untuk bayi dan anak. 

Talkshow Sunsational Playdate
Talkshow Sunsational Playdate

Menurut Lina, Rub A Dub Dub Sunscreen Lotion kemudian menjadi populer di kalangan orangtua karena formulanya yang tidak lengket, ringan, dan melembapkan tanpa meninggalkan white cast di kulit. 

“Dengan  SPF 50, produk ini menawarkan salah satu tingkat perlindungan tertinggi dari sinar matahari yang dirancang khusus untuk anak-anak,” katanya. 

Sebagai brand produk perawatan bayi dan anak yang aman, kini Momami telah memperluas  rangkaian perlindungan mataharinya dengan produk baru untuk bayi dan anak-anak. Ada varian Itsy Bitsy Sun Stick, tabir surya dalam format stik yang praktis dan ideal untuk perlindungan saat bepergian, Sunny Buddy Soothing Gel, gel anti-inflamasi untuk meredakan kulit kemerahan setelah terkena sinar matahari. Selain itu, mereka juga meluncurkan Hello Sunshine Sunscreen Mist, sunscreen dengan semprotan non-aerosol untuk anak-anak yang pertama di Indonesia untuk aplikasi yang mudah.

Ayla Dimitri, seorang konten kreator terkenal dan figur orangtua urban yang populer di media sosial, turut berbagi pengalamannya. Wanita cantik ini mengaku mengajarkan anaknya, Gili, untuk memakai tabir surya setiap hari.

"Kami telah menjadikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas harian Gili sejak usia dini. Tinggal di daerah perkotaan, kami terus terpapar sinar matahari dan polusi. Sebagai seorang ibu yang sering bepergian dan selalu beraktivitas dengan anak saya, saya selalu membawa Sunscreen Mist dan Itsy Bitsy Sunstick untuk memastikan perlindungan Gili selalu dalam kondisi terbaiknya,” imbuh Ayla.

Sunscreen Dispenser

Sebagai bagian dari kampanye ini, brand produk perawatan bayi dan anak ini juga telah memasang sunscreen dispenser yang inovatif di berbagai tempat di Jakarta dan Bali. 

Hal ini dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlindungan terhadap sinar matahari pada anak-anak mereka dan menyediakan akses mudah ke tabir surya. 

Pelanggan dapat menemukan dispenser tabir surya ini di lokasi-lokasi berikut:

  • Urban Forest (Cipete, South Jakarta)
  • Surger Girl (Legian, Bali)
  • Mothercare at Beachwalk (Kuta, Bali)
  • Balonku Babyshop (Ngurah Rai & Udayana, Bali)
  • Bali Birdpark Bali

“Kami percaya bahwa inisiatif ini tidak hanya akan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan kulit anak-anak, tetapi juga membuatnya lebih mudah diakses oleh orangtua agar menjaga anak-anak mereka tetap aman dari paparan sinar matahari. Dengan memberikan akses mudah ke produk sunscreen berkualitas tinggi, kami harap upaya ini dapat membentuk kebiasaan yang lebih baik dan semakin mendorong anak-anak untuk menikmati waktu mereka di luar ruangan dengan aman,” tutup Lina Paulina.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Dari Hobi ke Bisnis: Kisah Inspiratif Lisa Quincy, Ibu Rumah Tangga yang Jadi Kreator
img
Yuk Moms Ubah Sampah Jadi Rupiah!
img
Gandeng Rhoma Irama, Ajak Masyarakat Perangi Judi Online
img
Bunga Rendah, Kantong Tebal: Ekonomi Indonesia Semakin Cerah