Pentingnya Self-Care untuk Meningkatkan Produktivitas dan Lebih Bahagia

Novita Sari - Rabu, 24 Januari 2024
Menyikapi Asa dan Rasa Bahagia Melalui “Self-Care”. Foto: Novi
Menyikapi Asa dan Rasa Bahagia Melalui “Self-Care”. Foto: Novi
A A A

Sering merasa lelah dan kurang bersemangat? Hati-hati, bisa jadi itu salah satu tanda bahwa diri kita memerlukan self-care.

"Kita perlu lebih peka terhadap sinyal yang dikirimkan oleh tubuh dan pikiran. Tanpa disadari, diri kita sering memperlihatkan gejala sebagai sinyal yang mengingatkan akan perawatan diri, mulai dari tubuh yang kelelahan, mood dan pikiran mengalami kejenuhan, stres, hingga kecemasan. Hal ini perlu diperhatikan dan dirawat, tujuannya agar daya fokus dan produktivitas kita tetap terjaga, dan tentunya hidup jadi lebih tenang dan bahagia,” ujar Psikolog, Tiara Puspita dalam acara Media Gathering 12.12 Birthday Sale - Menyikapi Asa dan Rasa Bahagia Melalui “Self-Care” pada Rabu, 06 Desember 2023 di Kantor Shopee Indonesia, Pacific Century Place Tower Lantai 27, Jakarta Selatan.

Padahal, berinvestasi waktu dan perhatian pada diri sendiri melalui self-care, menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup. 

Tak harus mewah dan mahal, dengan cara sederhana pun, kita bisa melakukan self-care, lho! Semudah mendengarkan musik, nonton, menikmati nyamannya transportasi publik atau sekadar ngobrol dengan teman, itu pun sudah memberi jeda sejenak dari hiruk pikuk rutinitas sehari-hari.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Product Shopee Indonesia mengatakan, “Self-care atau merawat diri, baik untuk membantu mewujudkan hidup yang lebih sehat, relaks, dan bahagia. Penting untuk menerapkannya agar membantu kita menjadi produktif dan mengurangi tekanan dalam kegiatan sehari-hari."

Tiara Puspita, Psikolog mengungkapkan, “Kesadaran untuk melakukan rutinitas perawatan diri telah diakui dan diperingati setiap tahunnya oleh komunitas internasional dimana melambangkan bahwa manfaat self-care dapat dirasakan sepanjang hidup, bukan hanya dalam satu hari saja. Self-care sendiri mengacu pada individual, keluarga, dan komunitas yang senantiasa menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dengan atau tanpa dukungan dari tenaga kesehatan." 

Menerapkan rutinitas self-care bukanlah sebuah hal yang sulit dan merepotkan. Selain memprioritaskan kesehatan fisik dan mental diri sendiri, hal ini juga dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan orang terdekat termasuk pasangan suami istri. 

Hal ini juga turut diutarakan oleh pasangan Nucha Bachri & Ario Pratomo, Co-Founder Parentalk.

"Dulu saat baru punya anak, kami tidak ada waktu dan tidak sempat self-care. Dan sekarang, anak-anak sudah lumayan besar, usia 5 dan 7 tahun, mereka sudah punya rutinitas tetap. Nah, baru bisa aku sempil-sempilin waktu untuk self-care. Self-care itu ibarat handphone dan charger. Kalau baterainya sudah merah, hp jadi lola. Jadi harus di-charge lagi. Jadi kita juga butuh self-care atau charge untuk diri sendiri," ungkap Nucha.

"Penting banget untuk bisa self-care. Kami juga ajari anak-anak untuk mencintai diri sendiri," timpal Ario.

"Sejak bergabung disini, bisnis Cahaya Naturals meningkat sangat pesat. Berbagai program dan kampanye yang kami ikuti, sangat membantu dalam perkembangan bisnis kami dan jangkauan masyarakat lebih luas. Setiap kampanye, antusiasme pengguna meningkat secara signifikan hingga 6x peningkatan transaksi. Pencapaian ini tentunya semakin memotivasi kami dalam menghadirkan produk self-care yang terbaik," timpal Amadeus Pribowo, Founder Cahaya Naturals.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Wisata Selam Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya
img
Mau Healing Sekaligus Jalin Bonding? Main Golf dalam Ruang Saja!
img
Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia
img
Pilihan Tepat Outfit Hari Raya Pria untuk Gaya Klasik yang Tetap Relevan dan Berkelas