Perpaduan Budaya Italia - Indonesia dalam Kulkas Berdesain Ikonik Karya Didiet Maulana

Efa Trapulina - Jumat, 18 Oktober 2024
Didiet Maulana menggabungkan motif khas Italia dan batik Indonesia pada kulkas yang dilukis tangan olehnya (Foto: Ist)
Didiet Maulana menggabungkan motif khas Italia dan batik Indonesia pada kulkas yang dilukis tangan olehnya (Foto: Ist)
A A A

Ibu-ibu mana yang tidak suka dengan peralatan dapur yang tidak hanya fungsional, tapi juga cantik? SMEG, perusahaan elektronik high-end Italia yang memproduksi peralatan dapur stylish, baru-baru ini menggandeng desainer ternama Indonesia, Didiet Maulana, dalam sebuah kolaborasi menarik. 

Kolaborasi eksklusif ini diwujudkan dalam bentuk kulkas berdesain unik yang dilukis tangan oleh Didiet Maulana, menggabungkan motof khas Italia dan batik Indonesia, khusus untuk merayakan budaya kedua negara.

Kolaborasi ini diluncurkan bersamaan dengan pembukaan Indonesia Design Week 2024 yang pertama kali diselenggarakan oleh Indonesia Design District di PIK 2. "Dengan desain yang ikonik dan artistik, kami ingin menciptakan sesuatu yang tidak hanya indah tetapi juga bermakna," ungkap Nicky Kusuma, Direktur PT Casa Toffin Indonesia, distributor tunggal SMEG di Indonesia.

Konferensi pers kolaborasi eksklusif
Konferensi pers kolaborasi eksklusif

Desain kulkas hasil karya Didiet ini dilukis tangan dan terinspirasi oleh keindahan bangunan Palazzo Ducale di Guastalla, kota kelahiran SMEG. Motif yang digunakan adalah pucuk rebung dan ulerati dari batik Indonesia, dikombinasikan dengan pola lantai yang terinspirasi dari Palazzo Ducale dengan dominasi warna merah yang memberikan kesan hangat dan mewah.

Motif hasil paduan kedua budaya tersebut dilukis langsung pada produk FAB28 Free Standing Refrigerator One Door, 50’s Style.

Michella Olivia, Marketing Manager SMEG Indonesia, menambahkan, "Kami sangat antusias untuk mempersembahkan karya yang merefleksikan harmoni antara seni kontemporer dan warisan budaya."

Didiet Maulana, yang juga merupakan Founder & Creative Director IKAT Indonesia sekaligus fashion designer, mengungkapkan rasa terhormatnya dalam menciptakan desain ini. "Prosesnya sangat berarti, karena saya ingin merayakan keunikan kedua negara. Desain ini layaknya bunga yang tumbuh dan berkembang melalui pengalaman hidup," jelasnya. 

Kulkas ini bukan hanya alat penyimpan makanan, tapi juga sebuah karya seni yang memiliki cerita di baliknya.

Dengan desain retro yang khas, kulkas FAB28 Free Standing Refrigerator One Door ini pastinya akan menjadi pusat perhatian di dapur Anda. Kapasitas penyimpanannya yang luas dan teknologi pendingin canggih membuatnya ideal untuk para ibu yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Kulkas kolaborasi ini akan dipamerkan di showroom Indonesia Design District, PIK 2 selama sebulan sebelum dikirim ke kantor pusat SMEG di Italia. Ini adalah satu-satunya karya dari Indonesia yang akan dipajang di sana, menjadikannya simbol kerjasama lintas budaya yang unik..

Jadi, Moms, siap-siap untuk menghadirkan sentuhan budaya dalam dapur Anda dengan kulkas yang penuh makna ini.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Perpaduan Budaya Italia - Indonesia dalam Kulkas Berdesain Ikonik Karya Didiet Maulana
img
Karya Seni yang Menggambarkan Fragmentasi Gambaran Idealisme Memenangkan Painting of the Year 2024
img
Mau Makan Enak tapi Tetap Sehat? Coba Disini, Deh!
img
Naik MRT Sekarang, Bayar Belakangan dengan Paylater