Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2024 Menggembirakan dan Prospek Cerah di Depan

Novita Sari - Rabu, 15 Mei 2024
Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Permata. Foto: Novi
Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Permata. Foto: Novi
A A A

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2024 masih optimis. Dengan proyeksi sebesar 5,17% year-on-year (YoY). Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal I 2023 (5,03% YoY) dan kuartal IV 2023 (5,04% YoY).

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, mengemukakan bahwa peningkatan konsumsi menjadi salah satu faktor pendorong utama pertumbuhan di kuartal I 2024. Hal ini didorong oleh momentum Ramadan yang jatuh pada periode tersebut, dimana permintaan musiman mengalami peningkatan.

Lebih lanjut, Josua menjelaskan bahwa pengeluaran pemerintah dan lembaga non-profit yang melayani rumah tangga, termasuk partai politik, juga mengalami peningkatan berkat momentum Pemilihan Presiden 2024.

Secara kuartal (quarter-on-quarter (QoQ)), mereka memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 mencapai 0,78%, meningkat dari 0,45% pada kuartal IV 2023. Hal ini menunjukkan normalisasi pertumbuhan setelah periode liburan akhir tahun.

Di samping konsumsi rumah tangga, peningkatan investasi juga diprediksikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal-kuartal berikutnya. Hal ini didorong oleh kemajuan pembangunan infrastruktur dan iklim investasi yang kondusif.

Secara keseluruhan, mereka melihat prospek ekonomi Indonesia di tahun 2024 dengan cukup cerah. Pertumbuhan yang kuat di kuartal I 2024 menjadi awal yang baik dan berbagai indikator menunjukkan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan.

Berikut beberapa poin penting dari Ekonomi Outlook Mei 2024 menurut Josua:

·                     Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024: 5,17% YoY

·                     Faktor pendorong pertumbuhan: Konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah, dan investasi

·                     Prospek ekonomi 2024: Cukup cerah dengan potensi pertumbuhan yang berkelanjutan

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Cara Baru Lindungi Bisnis dari Ancaman Cyber
img
Ingin Dapat Video Call dari Ariel NOAH? Ini Caranya
img
Kelola Polis Asuransi dan Bangun Kebiasaan Hidup Lebih Baik di Satu Aplikasi
img
Solusi Penyimpanan Foto dan Video Super Cepat, Aman, dan Stylish