Pesta Pendidikan Kembali Digelar, Dapatkan Tips dan Trik Parenting dari Ahli Hanya Disini

Novita Sari - Jumat, 02 Agustus 2024
Ki-ka: Yulia Indriati (Sekolah.mu), Miftahuddin Amin (Wardah), Najelaa Shihab (Inisiator SMSG), Tita Djumaryo (Ganara Art), dan Dere (penyanyi muda). Foto: Ist
Ki-ka: Yulia Indriati (Sekolah.mu), Miftahuddin Amin (Wardah), Najelaa Shihab (Inisiator SMSG), Tita Djumaryo (Ganara Art), dan Dere (penyanyi muda). Foto: Ist
A A A

Moms, pernah nggak sih khawatir kalau anak kita nggak bisa baca tulis yang lancar atau susah menghitung? Atau khawatir kalau anak kita jadi korban perundungan di sekolah? Tenang saja, kita nggak sendirian kok ngalamin hal ini.

Nah, buat mengatasi masalah pendidikan anak-anak kita, ada acara seru, nih! Namanya, Belajaraya 2024. Acara ini seperti pesta belajar yang mengajak semua orang, mulai dari guru, orangtua, sampai para ahli, untuk bersama-sama membuat pendidikan di Indonesia jauh lebih baik.

Di sini, kita bisa belajar banyak hal yang bermanfaat buat anak-anak kita, seperti cara belajar yang menyenangkan, cara mengatasi masalah di sekolah, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga acara musik, pameran, dan lomba yang sangat seru.

Kenapa kita harus ke Belajaraya?

  • Bikin anak lebih pintar: Banyak kegiatan yang bisa merangsang otak anak jadi lebih cerdas.
  • Belajar jadi lebih menyenangkan: Belajar nggak harus membosankan, kok!
  • Ketemu banyak teman baru: Anak-anak bisa berinteraksi dengan teman sebaya dan belajar bersama.
  • Dapat ilmu parenting: Ada banyak ahli yang siap berbagi tips dan trik mengasuh anak.

Sebagai informasi nih, Moms. Pendidikan Indonesia berada dalam situasi darurat, seperti yang terlihat dari rendahnya kemampuan literasi dan numerasi—sekitar 50% anak belum mencapai kompetensi dasar yang diperlukan di semua jenjang pendidikan. Selain itu, kekerasan dalam pendidikan menjadi masalah serius, dengan sekitar 24% anak berpotensi mengalami perundungan.

Di sisi lain, terdapat sekitar 2,5 juta lulusan SMK dan perguruan tinggi yang menganggur, menambah kompleksitas tantangan yang dihadapi sektor pendidikan kita.

Problema ini harus diatasi bersama karena pendidikan merupakan tanggungjawab semua pihak, tidak terbatas pada lembaga penyelenggara dan penggerak pendidikan. Dibutuhkan kolaborasi untuk berperan serta dalam memajukan pendidikan sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing.

Inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Belajaraya 2024 oleh jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) yang akan berlangsung pada Minggu, 4 Agustus 2024, di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Dengan tema “Merayakan Belajar: Kapan Saja, di Mana Saja, dari Siapa Saja”, acara ini merupakan transformasi dari Pesta Pendidikan, menjadi wadah bertemunya lebih dari 1000 komunitas/organisasi pendidikan (KOP) dan kalangan publik, termasuk komunitas pendidikan, figur publik, korporasi, media, dan pemerintah.

Para penggiat pendidikan akan bersama-sama menggerakkan perubahan pada ekosistem pendidikan di Indonesia melalui kegiatan Kelas Belajar, Ngobrol Publik, Pameran Dampak, dan tak ketinggalan Festival Musik dari musisi ternama.

Najelaa Shihab, pendidik dan inisiator Jaringan Semua Murid Semua Guru, menegaskan, “Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yang memerlukan kolaborasi semua pihak dengan satu tujuan yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sinergi antara guru, orangtua, tenaga pendidik, organisasi, pemerintah, dan dunia usaha serta industri, perlu diperkuat. Melalui Belajaraya, kami membuka peluang untuk #KerjaBarengan, berkolaborasi lintas sektor secara nyata dan efektif."

Penuturan Najelaa sejalan dengan keterlibatan aktif berbagai pihak, salah satunya Paragon Corp, satu dari mitra kolaborator Jaringan SMSG. Miftahuddin Amin, EVP & Chief of People & Business Ecosystem Development Paragon Corp, mengatakan, “Sebagai salah satu mitra, kami berkomitmen pada kemajuan ekosistem pendidikan di Indonesia dan memberikan perhatian khusus melalui berbagai program pelatihan bagi tenaga pendidikan, Wardah Inspiring Teacher (WIT) mencerminkan kepedulian kami terhadap pengembangan kapasitas dan inovasi guru.”

Miftah menambahkan, ”Melalui acara ini kami mengundang para tenaga pendidikan untuk #KerjaBarengan dalam menjawab tantangan pendidikan. Dengan kompetensi yang semakin meningkat, maka guru menjadi lebih profesional dan inovatif melaksanakan pembelajaran di sekolah,” ucapnya.

Sementara Yulia Indriati, Head of Marketing & Communications Sekolah.mu menjelaskan bahwa integrasi teknologi di pendidikan yang mereka lakukan, sejalan dengan upaya akselerasi pemerataan kualitas pendidikan yang bersama-sama diperjuangkan oleh SMSG. "Penting bagi kami untuk berada dalam satu barisan dalam transformasi pendidikan dengan nilai yang kita yakini bersama, dan teknologi sepatutnya menjadi tools yang efektif untuk melawan miskonsepsi, bukan menguatkan paradigma yang tidak tepat, juga mengupayakan kesetaraan dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih merata," tuturnya.

Penyanyi muda, Dere pelantun “Berisik” mengaku senang terlibat dalam ajang ini untuk kedua kalinya, karena bisa membuka kesempatan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyampaikan pesan baik buat masyarakat.

Jalur seni juga menjadi pilihan Ganara Art dalam mengembangkan dan mempromosikan pendidikan seni di Indonesia. “Kami mempunyai semangat sama, dimana belajar bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Kami hadir sebagai wadah untuk berekspresi dan bereksplorasi. Misi kami adalah mengarusutamakan seni budaya melalui pengembangan pendidikan kreatif di seluruh Indonesia. Bersama kita mendorong semangat #KerjaBareng dengan menyediakan ruang bagi semua orang untuk berkolaborasi dan mendorong berbagai ekspresi seni serta budaya yang akan mengasah empati dan membangun kecintaan pada negeri,” tandas Tita Djumaryo, Founder dan CEO Ganara Art.

Puncak acara pada 4 Agustus 2024 akan menampilkan 9 sesi Ngobrol Publik tentang isu-isu pendidikan nasional, pertunjukan musik, 80 pameran dampak pendidikan, serta 49 Kelas Belajar yang diisi oleh figur publik dan KOP. Topik tersebut antara lain Belajar Jadi Pemimpin Bangsa, Belajar dari Alam: Guru Terbaik yang Terlupakan, Kreativitas Enggak Cuma Lewat Huruf!, dan topik menarik lainnya.

Beberapa tokoh Tanah Air yang hadir menjadi narasumber diantaranya Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Wagub Jawa Timur Emil Dardak, Pendiri Narasi Najwa Shihab, dan lainnya.

Tak hanya itu, artis dan musisi papan atas seperti Andien, Endah N Rhesa, Idgitaf, RAN, Dere, Rafi Sudirman, Nadhif Basalamah, serta pelatih vokal sekaligus pendiri VokalPlus Indra Aziz juga berpartisipasi dalam festival musik membawa misi pendidikan melalui jalur musik.

Melalui Belajaraya 2024, kita belajar, bergerak, dan bermakna untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Karena sejatinya, pendidikan adalah untuk anak agar dapat membentuk karakter anak yang berkualitas. Mari ambil peran untuk perbaikan pendidikan di Indonesia yang berkelanjutan dan merayakan belajar kapan saja, dimana saja, dari siapa saja.

Catat tanggalnya ya, Moms! Minggu, 4 Agustus 2024. Lokasinya di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Yuk, ajak anak-anak, dijamin pasti senang dan kita juga bisa dapat banyak ilmu yang bermanfaat. Mari kita sama-sama bikin masa depan anak-anak kita lebih cerah, Moms!

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Hadirkan Pameran ‘Kisah Kita’ dan Luncurkan Produk Terbaru di Anniversary Ke-49
img
Sayangi Hewan Kesayangan dengan Berikan Nutrisi dan Probiotik Aktif
img
Nikita Willy Bagi Tips Parenting, Bonding jadi Lebih Seru!
img
Konferensi Tata Lingkungan Indonesia 2024, Bersatu Melindungi Bumi