Pusat Terapi Intensif Pertama untuk Remaja Berkebutuhan Khusus

Dwi Retno - Rabu, 15 Mei 2024
WINGS Youth Center menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan layanan yang dirancang khusus untuk mendukung perkembangan anak muda berkebutuhan khusus secara holistik (Foto : Ist)
WINGS Youth Center menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan layanan yang dirancang khusus untuk mendukung perkembangan anak muda berkebutuhan khusus secara holistik (Foto : Ist)
A A A

Pusat rehabilitasi pertama di kawasan Asia ini akan melayani berbagai kebutuhan rehabilitasi bagi remaja berkebutuhan khusus berusia 13-25 tahun, dengan layanan terapi untuk berbagai macam kondisi yang memengaruhi fungsi motorik, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

WINGS Therapy Center, pusat terapi pertama dan satu-satunya di Asia yang beroperasi di bawah kerangka Model Terapi Intensif (IMOT), baru-baru ini merayakan ulang tahun keenamnya. Sejak didirikan, pusat terapi ini telah berhasil merehabilitasi lebih dari 6000 orang berkebutuhan khusus, dengan tingkat keberhasilan yang luar biasa, yaitu 70 persen melalui terapi unggulannya yang inovatif. “Seiring berjalannya waktu, sebagian besar pasien muda kami memasuki usia remaja dan dewasa muda. Hal ini mendorong kami untuk menyesuaikan cara kami memenuhi kebutuhan mereka yang juga terus berkembang,” kata Julia Justin, CEO dan Pendiri WINGS.

Berangkat dari perannya sebagai ibu dari seorang remaja berkebutuhan khusus, putranya yang berusia 18 tahun, Jake, yang didiagnosis dengan mutasi genetik NACC1 yang sangat langka, Julia sangat memahami kesulitan yang dihadapi para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus saat anaknya beranjak dewasa. Bersama-sama, pengalaman merekalah yang membentuk prinsip-prinsip panduan, yang membawa organisasi ini dalam menangani berbagai tantangan unik yang dihadapi setiap orang dalam masa peralihan yang krusial ini.

Fasilitas pediatrik seringkali kekurangan sumber daya, kondisi lingkungan, dan keahlian yang bisa memenuhi kebutuhan remaja dan dewasa muda. Hal ini menyebabkan pasien perlahan-lahan terpisah dari komunitas mereka seiring dengan bertambahnya usia. Tantangan ini diperparah dengan terbatasnya pilihan yang tersedia bagi remaja dan orang dewasa dengan disabilitas sedang hingga berat, terutama mereka yang tidak bisa merawat diri secara mandiri. Akibatnya, banyak orang di dalam demografi ini menjalani gaya hidup yang minim aktivitas ketika pengasuh mereka juga turut menua. Keadaan ini secara signifikan berdampak pada kesehatan mereka secara keseluruhan, yang meliputi aspek fisik, mental, dan emosional.

Menurut Zaqy Mohamad, Menteri Ketenagakerjaan Singapura, 54,3 persen penyandang disabilitas di Singapura yang berusia 15 tahun ke atas “berada di luar angkatan kerja, dengan sebagian besar dari mereka menyebutkan kesehatan yang buruk atau disabilitas sebagai alasan utama.”

WINGS Youth Center berdedikasi untuk menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan layanan yang dirancang khusus untuk mendukung perkembangan anak muda berkebutuhan khusus secara holistik. Pasien dapat menerima berbagai layanan termasuk Terapi Fisik, Terapi Okupasi, Suit Therapy (TheraSuit Method®), Latihan Berjalan Robotik dengan TREXO Robotics, Functional Electrical Stimulation (FES), Terapi Getaran, Kebugaran Autisme, Olahraga Adaptif, serta layanan rehabilitasi pasca-operasi dan pasca-kanker.

“Saya berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang inklusif bagi para pemuda berkebutuhan khusus, menawarkan mereka tempat untuk bersosialisasi, tetap aktif melalui olahraga, dan memupuk persahabatan baru. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mental mereka dan mendukung rehabilitasi yang sedang berlangsung. Sebagai ibu dari seorang remaja yang sangat istimewa, saya juga merasakan kegembiraan dan kekhawatiran bersama orang tua lain yang menghadapi situasi yang serupa. Saya tetap teguh dalam keyakinan saya untuk hari esok yang lebih baik, dan saya harap mereka juga demikian,” tutup Julia.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Berdayakan Apoteker, Kuatkan Kesehatan Masyarakat
img
Sebelum Liburan Tengah Tahun, Tasya Kamila Belanja Kebutuhan Anak di Babyfest 2024
img
Tips Hidup Sehat dan Lawan Radikal Bebas ala Surya Saputra 
img
Tips untuk Brand Skincare Lokal yang Ingin Sukses di Era Digital