Selain Perbaikan Gizi, Sediakan Fasilitas Air Bersih dan Sehat Bisa Cegah Stunting

Dwi Retno - Jumat, 16 Februari 2024
Foto : Dok. Bayer
Foto : Dok. Bayer
A A A

Stunting masih menjadi salah satu perhatian utama pemerintah. Pasalnya, prevalensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi, mencapai 21,6 persen di 2023. Pemerintah menargetkan menurunkannya menjadi 14 persen tahun ini.

Sebagai informasi, Kota Depok masuk ke dalam daftar lima kota dengan kasus stunting terendah secara nasional (12,6 persen). Meski demikian, langkah penanganan harus terus disinambungkan agar situasi stunting Kota Depok semakin positif, dan sebaliknya, risiko memburuk dapat dihindari.

Bayer, perusahaan global Life Science di bidang kesehatan dan pertanian, sukses jalankan program Cegah Stunting (CETING) yang menjangkau lebih dari 2.300 warga penerima manfaat. Berlangsung sejak Agustus 2023, program ini berfokus pada pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar pabrik mereka di kawasan Cimanggis, Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

CETING merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk terus berperan aktif dalam mengatasi masalah kesehatan terutama pencegahan stunting di sekitar area operasinya. Perampungan program pencegahan stunting kali ini ditandai dengan serah terima fasilitas penyediaan air bersih dan sehat umum bagi 150 rumah tangga.

Head of Bayer Product Supply Consumer Health Cimanggis, Priscilla Silvan Prarizta mengatakan, “Kami berupaya untuk memberikan dampak positif di area pabrik beroperasi. Meskipun prevalensi stunting di Depok sudah di bawah angka nasional, namun pencegahan stunting masih perlu dilakukan. Untuk itu, kami memberikan fasilitas air bersih dan sehat umum serta mengadakan serangkaian program edukasi kesehatan terkait pencegahan stunting. Harapannya, program ini berkontribusi membantu pemerintah dalam mencapai target penurunan stunting di Indonesia.”

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan apresiasinya terhadap program CETING, “Program ini pastinya sangat bermanfaat untuk warga kami. Program ini merupakan bukti dukungan multipihak dalam penanganan dan pencegahan stunting. Penanganan stunting tidak hanya dengan pemberian makanan saja, melainkan dapat dilakukan dengan perbaikan infrastruktur, salah satunya dengan akses air bersih dan sehat bagi masyarakat.”

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ingin Mulai Berinvestasi? Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter
img
Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial
img
Prediksi Esports 2024: Hilang atau Semakin Gemilang?
img
No Mbak, No Worries! Hadapi Lebaran Tanpa Bantuan ART di Rumah!