Stress Awareness Month: Cara Melawan Stres di Media Sosial

Novita Sari - Selasa, 16 April 2024
Stress Awareness Month diperingati setiap bulan April sejak tahun 1992. Foto: Ilustrasi/Ist
Stress Awareness Month diperingati setiap bulan April sejak tahun 1992. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A

Stress Awareness Month yang diperingati setiap bulan April sejak tahun 1992, berfungsi sebagai pengingat utama akan pentingnya mengelola stres untuk menjaga kesehatan mental dan fisik pengguna. Media sosial telah muncul sebagai sumber stres yang signifikan, berkontribusi terhadap meningkatnya kecemasan dan masalah terkait tekanan di kalangan pengguna.

Selain fakta bahwa media sosial dapat membanjiri kita dengan terlalu banyak informasi dan membuat diri merasa ketinggalan, media sosial juga membuat pengguna rentan terhadap penipu yang dapat mengeksploitasi informasi pribadi untuk mendapatkan keuntungan. Memahami bagaimana media sosial memengaruhi kesejahteraan penggunanya, sangat penting untuk mengelola stres. Penting untuk mempelajari cara memiliki hubungan yang lebih sehat dengan ruang digital ini.

Untuk meminimalkan dampak negatif jejaring sosial terhadap kesejahteraan digital, para ahli Kaspersky menyarankan beberapa tips sederhana sebagai berikut:

Penerapan privasi melalui pengaturan akun

Mengonfigurasi pengaturan privasi akun online secara tepat merupakan langkah penting dalam menjaga informasi pribadi dan menjaga keamanan digital. Dengan menyesuaikan siapa yang dapat melihat profil dan postingan, pengguna dapat secara signifikan mengurangi risiko interaksi yang tidak diinginkan dengan orang asing yang mungkin memiliki niat buruk. Tindakan proaktif ini memitigasi potensi ancaman seperti penguntitan, pencurian identitas, doxing, dan penipuan phishing. Mengikuti instruksi dari layanan online Pemeriksa Privasi akan membantu pengguna mengelola pengaturan privasi di jejaring sosial paling populer.

Koneksi selektif dan berbagi secara strategis

Dengan membatasi koneksi hanya ke orang-orang yang dikenal secara pribadi, akan mengurangi kemungkinan untuk menerima konten berbahaya atau berhadapan dengan penipu. Menghadapi konten tidak pantas, seperti adegan kekerasan atau kekejaman, dapat menimbulkan ketidaknyamanan; dengan mengendalikan lingkungan digital melalui penerimaan permintaan pertemanan secara bijaksana, pelanggan berkontribusi pada pengalaman online yang lebih positif dan aman.

Selain itu, penggunaan alat jejaring sosial untuk mengelompokkan teman memungkinkan berbagi lebih personal. Dengan mengkategorikan teman, pengguna dapat berbagi lebih banyak konten pribadi dengan kelompok dekat, sehingga memperoleh manfaat berbagi di media sosial dengan risiko lebih kecil.

Kewaspadaan adalah segalanya

Setiap tautan yang ditemukan di internet harus diperlakukan dengan hati-hati, meskipun tautan tersebut datang melalui pesan pribadi dari seorang teman, karena selalu ada kemungkinan akun mereka telah disusupi. Di balik tautan yang tampaknya tidak berbahaya di media sosial, sering kali ada skema phishing yang menyamar untuk meniru situs web yang sah. Situs penipuan ini dirancang untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi sensitif, seperti kata sandi, rincian keuangan, dan data pribadi lainnya.

Kemiripan situs phishing ini dengan situs asli dapat dengan mudah menimbulkan kebingungan, sehingga secara signifikan meningkatkan risiko kehilangan data pribadi. Ancaman digital ini menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan dan penerapan praktik online yang aman, seperti memverifikasi keaslian situs web sebelum memasukkan informasi apa pun dan menggunakan solusi keamanan yang komprehensif.

Kata sandi yang lemah adalah harta karun bagi penipu

Kata sandi yang lemah secara signifikan menyederhanakan tugas para penjahat siber, sehingga memudahkan mereka mendapatkan akses tidak sah ke akun media sosial. Setelah disusupi, akun ini dapat dieksploitasi dengan berbagai cara yang berbahaya, seperti menipu orang-orang di daftar kontak kamu atau terlibat dalam blackmail dan pemerasan. Kata sandi yang kuat dan rumit bertindak sebagai garis pertahanan pertama yang penting terhadap ancaman tersebut, membantu melindungi informasi pribadi dan identitas digital, mencegah stres dan komplikasi yang terkait dengan penanganan akun yang diretas.

Selain itu, menggunakan pengelola kata sandi yang andal, tidak hanya meningkatkan keamanan online kamu tetapi juga mengurangi stres karena mengingat banyak kata sandi yang rumit, sehingga mendorong perlindungan kamu terhadap ancaman dunia maya secara maksimal.

Melaporkan aktivitas mencurigakan

Platform online adalah sekutu kita dalam upaya mencapai keamanan dan ketenangan digital, apabila digunakan dengan baik. Saat melaporkan konten yang merusak atau penindasan dunia maya, kamu tidak hanya melindungi diri sendiri, namun juga berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Laporan semacam ini memungkinkan perusahaan media sosial untuk mengambil tindakan yang tepat – baik untuk menghapus konten berbahaya, melarang akun berbahaya, atau menerapkan fitur keamanan baru – sehingga menciptakan ruang online yang lebih aman bagi semua orang.

“Di dunia media sosial, menggabungkan teknologi dengan memilah informasi adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental kita. Solusi kami yang meningkatkan privasi dan keamanan pengguna, serta pendekatan kesadaran akan keterlibatan digital, dapat mengubah pengalaman online kita dari sumber stres menjadi interaksi positif,” ucap Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Berdayakan Apoteker, Kuatkan Kesehatan Masyarakat
img
Sebelum Liburan Tengah Tahun, Tasya Kamila Belanja Kebutuhan Anak di Babyfest 2024
img
Tips Hidup Sehat dan Lawan Radikal Bebas ala Surya Saputra 
img
Tips untuk Brand Skincare Lokal yang Ingin Sukses di Era Digital