Surabaya Jadi Destinasi Wisata Paling Terjangkau di Indonesia

Novita Sari - Selasa, 16 April 2024
Surabaya menggeser posisi Surakarta, yang tahun lalu menduduki peringkat teratas destinasi paling terjangkau. Foto: Ist
Surabaya menggeser posisi Surakarta, yang tahun lalu menduduki peringkat teratas destinasi paling terjangkau. Foto: Ist
A A A

Seiring banyaknya wisatawan di penjuru Asia yang menantikan akhir pekan dan liburan panjang dalam beberapa minggu ke depan, platform perjalanan digital Agoda mengungkap destinasi wisata dengan rata-rata tarif akomodasi paling terjangkau.

Wisatawan yang mencari penawaran terbaik di Asia dapat mengunjungi Udon Thani, Thailand. Sementara di Indonesia, Surabaya adalah kota yang menawarkan harga kamar paling kompetitif di bulan April dan Mei.

Menjelang musim liburan pada April dan Mei, platform perjalanan tersebut membagikan beberapa destinasi wisata Asia terpopuler untuk mendapatkan penawaran menarik. Di Indonesia, Surabaya merupakan tujuan wisata paling terjangkau, dengan rata-rata harga kamar di Rp618 ribu. Surabaya menggeser posisi Surakarta, yang tahun lalu menduduki peringkat teratas destinasi paling terjangkau.

Destinasi dengan rata-rata tarif akomodasi paling rendah di delapan market Asia adalah Udon Thani di Thailand, Surabaya di Indonesia, Hue di Vietnam, Kuching di Malaysia, Iloilo di Filipina, Bengaluru di India, Narita di Jepang, dan Kaohsiung di Taiwan.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda Indonesia mengatakan, dengan banyaknya wisatawan di seluruh Asia yang menantikan hari libur nasional mendatang seperti Songkran, Idul Fitri, dan GoldenWeek, maka April dan Mei adalah waktu yang tepat untuk merencanakan liburan.

“Sudah menjadi misi kami untuk membantu para wisatawan melihat dunia dengan harga yang lebih terjangkau, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain menginformasikan daftar destinasi wisata termurah tepat ketika musim liburan yang populer tiba," ujar Gede.

Meskipun menjadi tujuan wisata dengan tarif kamar rata-rata paling terjangkau, lokasi-lokasi yang telah diteliti ini memiliki banyak hal yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Dari kota Bengaluru dan Kaohsiung yang ramai hingga tepian sungai yang menenangkan di Hue dan Kuching, berikut ini adalah beberapa hal menarik dari sepuluh destinasi termurah di market-market yang telah diteliti:

1. Udon Thani, Thailand (Rata-rata tarif kamar: Rp444 ribu)

Udon Thani adalah satu dari 'empat besar' kota di wilayah Isaan, Thailand yang sangat layak dikunjungi. Selalu ada yang bisa dilakukan di kota yang ramai ini, terutama di Nong Prajak Park dan danau di sekitarnya. Berjalanlah menyusuri jalan raya untuk mengunjungi tempat-tempat menarik seperti Chinese Gate dan Udon Thani City Museum. Udon Thani mudah diakses berkat adanya bandara. Wisatawan internasional juga akan menyukai lokasinya yang dekat dengan Vientiane, ibu kota Laos, yang berada di seberang Sungai Mekong.

2. Surabaya, Indonesia (Rata-rata tarif kamar: Rp618 ribu)

Surabaya, kota metropolitan Indonesia yang sedang berkembang di Jawa Timur, merupakan permata sesungguhnya. Kota pelabuhan yang maju ini memiliki segalanya, dari arsitektur warisan sejarah hingga gedung pencakar langit futuristik. Surabaya menjanjikan pengalaman budaya yang kaya, berkat perpaduan pengaruh Jawa, Cina, dan Arab. Jangan lewatkan Pasar Atom yang menawarkan beragam kerajinan tradisional dan pastikan untuk mencicipi kelezatan kuliner seperti Lontong Balap dan Sate Klopo.

3. Hue, Vietnam (Rata-rata tarif kamar: Rp680 ribu)

Hue, yang terletak di Vietnam tengah, adalah kota yang kaya akan sejarah dan budaya, yang merupakan bekas ibukota kekaisaran Dinasti Nguyen. Kota ini terkenal dengan monumen bersejarahnya, termasuk Imperial City, Situs Warisan Dunia UNESCO dengan istana dan kuil-kuilnya yang megah. Perfume River mengalir sepanjang kota, menambah pesona indahnya, dan pengunjung dapat menaiki perahu untuk menikmati pemandangan arsitektur di sekitarnya. Benar-benar destinasi yang wajib dikunjungi di Vietnam.

4. Kuching, Malaysia (Rata-rata tarif kamar: Rp776 ribu)

Kuching, ibu kota negara bagian Sarawak di Malaysia, memadukan keunikan yang istimewa dan keindahan alam yang memukau. Kota ini terletak di pulau Kalimantan, sepanjang Sungai Sarawak. Kuching merupakan pusat seni dan kerajinan, dengan Main Bazaar, Carpenter Street, serta Sunday Market sebagai tempat utama untuk menemukan kerajinan tangan dan cinderamata lokal. Para pencinta alam tidak akan melewatkan kunjungan ke Bako National Park yang memadukan hutan hujan, satwa liar, dan pantai yang luar biasa.

5. Iloilo, Filipina (Rata-rata tarif kamar: Rp792 ribu)

Berkat lokasi geografisnya yang berada tepat di tengah, Iloilo sering disebut sebagai ‘The heart of the country’. Deskripsi ini tepat tidak hanya karena lokasinya, namun juga karena gugusan pulau di dekatnya yang disebut 'Islas de Gigantes' yang pasti akan mencuri hati setiap pengunjung. Pulau-pulau ini memiliki pantai yang menakjubkan, laguna-laguna tersembunyi, dan makanan laut segar terbaik. Karena banyak landmark bersejarahnya, Iloilo juga merupakan destinasi populer di kalangan pencinta sejarah. Dan semua ini hanya berjarak satu perjalanan kapal feri dari Bacolod.

6. Bengaluru, India (Rata-rata tarif kamar: Rp871 ribu)

Bengaluru, yang dikenal sebagai ‘Silicon Valley of India’, lebih dari sekedar pusat teknologi yang sedang berkembang. Ini adalah tempat di mana pesona dunia lama dan modernitas bertemu. Sebuah tempat untuk merasakan masa lalu dan masa depan India. Sementara semangat inovatif kota ini mempengaruhi budaya lokal, ada banyak sejarah yang layak dikunjungi. Seperti Bangalore Palace yang megah atau Kuil Nandi yang dibangun pada abad ke-16. Alasan lain untuk menempatkan Bengaluru dalam daftar yang harus dikunjungi adalah reputasinya sebagai pusat kuliner yang terkenal dengan beragam makanan lezat khas India Selatan.

7. Narita, Jepang (Rata-rata tarif kamar: Rp1,1 juta)

Hal pertama yang terlintas di benak wisatawan internasional saat membicarakan Narita mungkin adalah Bandara Internasional Narita yang terkenal, gerbang menuju Tokyo. Namun Narita, sebuah kota di Prefektur Chiba, Jepang, memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan selain konektivitas. Faktanya, Narita memiliki banyak elemen khas Jepang yang begitu terkenal, seperti Shinshoji Temple, Naritasan Omotesando Road yang tradisional, hingga keindahan musiman bunga sakura, yang membuat kota ini layak dikunjungi, baik dalam perjalanan singkat atau santai.

8. Kaohsiung, Taiwan (Rata-rata tarif kamar: Rp1,6 juta)

Kaohsiung, kota terbesar kedua di Taiwan, harus ada dalam daftar perjalanan kamu di Taiwan. Kota ini mudah diakses berkat bandara internasional dan koneksi kereta cepat ke Taipei dan Taoyuan. Yancheng District adalah tempat yang harus dikunjungi di Kaohsiung. Ini adalah tempat yang tepat untuk berjalan-jalan dan menikmati banyaknya seni jalanan, serta berbelanja di gudang-gudang di dermaga. Merencanakan perjalanan ke Kaohsiung? Jangan lewatkan pertunjukan di 'Big Egg', Kaohsiung Arena yang dapat menampung hampir 85.000 penonton dan baru-baru ini menjadi tuan rumah bagi superstar internasional seperti Coldplay dan Blackpink.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Teknologi dan Inovasi Terbaru Sepatu Lari Hadir di FlyLab
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish
img
Ingin Aman Terbang dan Bepergian? Selipkan Asuransi Perjalanan untuk Ringankan Risiko Finansial