Symphony of Friendship; Konser Perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Austria

Dwi Retno - Senin, 13 Mei 2024
Konser  Symphony of Friendship dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers dengan bintang tamu pemain biola muda berbakat dari Austria, Julian Walder (Foto : Ist)
Konser Symphony of Friendship dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers dengan bintang tamu pemain biola muda berbakat dari Austria, Julian Walder (Foto : Ist)
A A A

Hubungan antara Indonesia dan Austria telah berkembang positif sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1954. Meskipun terpisah oleh jarak yang cukup jauh, Indonesia dan Austria memiliki kerjasama yang kuat di berbagai bidang, termasuk perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan budaya, termasuk musik. Melalui kolaborasi di bidang musik, Indonesia dan Austria dapat saling menghargai warisan musik budaya masing-masing, memperluas wawasan musikal, dan memperkuat ikatan budaya antara kedua negara.

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dengan Republik Austria di tahun 2024 merupakan momentum yang tepat untuk merayakan perkembangan musik Indonesia berbasis orkestra. Wina, yang kerap dikenal sebagai pusat musik klasik dunia, merupakan tempat yang signifikan dalam memperkenalkan musik Indonesia berbasis orkestra tersebut serta meningkatkan eksistensinya di mata dunia. Untuk itu, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Austria di Indonesia merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara dengan menyelenggarakan konser persahabatan antara musisi dari kedua negara yang disebut “Symphonie der Freundschaft” atau “Symphony of Friendship”. Konser ini dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra dengan konduktor Avip Priatna Mag.Art, yang juga merupakan Direktur Musik Jakarta Concert Orchestra dan memang sudah lama memperkenalkan musik klasik karya komposer Austria di Indonesia.

“Konser "Symphony of Friendship" merupakan sebuah wujud nyata dari kerjasama budaya antara Indonesia dan Austria yang sudah terjalin selama lebih dari 70 tahun. Melalui konser ini, kami ingin menghadirkan sejumlah karya musik Austria yang ditampilkan oleh musisi Indonesia, serta sebaliknya. Nantinya kami di Austria dan Italia, akan membawakan lagu-lagu Indonesia yang sudah diarransemen menjadi musik klasik. Kami sangat bangga dapat membawakan musik klasik langsung di pusat musik klasik dunia,” ujar Avip Priatna.

Dr. Thomas Loidl, Duta Besar untuk Austria to Indonesia menekankan ekspektasi Austria dalam konser ini “Merayakan 70 tahun hubungan diplomatik sejak tahun 1954, Austria memiliki harapan besar untuk menguatkan hubungan dengan Indonesia, khususnya musik klasik. Selain kolaborasi dalam bidang musik, hubungan antara Austria dan Indonesia juga melibatkan berbagai sektor lainnya yang sangat penting diantaranya dalam bidang kesehatan, climate change, dan edukasi. Austria dikenal dalam sejarahnya atas musik klasiknya, seperti karya-karya dari Beethoven, dan tradisi musik menjadi bagian hidup di Austria. Kami berharap konser ini akan menjadi momen yang berkesan bagi penonton untuk lebih mengenal musik Austria dan tradisi musik klasiknya. Kami juga berharap pertukaran budaya ini dapat terus berlanjut di masa depan, membawa manfaat bagi kedua belah pihak.”

Rangkaian konser “Symphony of Friendship” dimulai Rabu malam, 8 Mei 2024 di Jakarta, dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra bersama dengan Batavia Madrigal Singers dengan bintang tamu pemain biola muda berbakat dari Austria, Julian Walder yang banyak memenangkan penghargaan Internasional termasuk kompetisi biola New York International Artists Association dan Grumiax Competition di Belgia.

Kemudian pada tanggal 12 Oktober 2024, akan digelar pre-tour konser yang dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra bersama dengan Batavia Madrigal Singers di Balai Resital Kertanegara. Dan sebagai puncaknya, pada pada tanggal 22-26 Oktober 2024, 52 musisi Jakarta Concert Orchestra bersama dengan 44 wakil dari Batavia Madrigal Singers dan 3 orang solois akan menggelar konser di kota Wina dan Salzburg, Austria. Dan sebelum pulang ke tanah air, mereka juga akan tampil di Como dan Bologna.

Widya Sadnovic, Direktur Eropa I, Kementerian Luar Negeri Indonesia, dalam acara Konferensi Pers “Perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Austria” menjelaskan peran aktif pemerintah dalam mendukung industri kreatif nasional di bidang musik, "Konser ini selain ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Austria juga dimaksudkan untuk meningkatkan eksposur talenta musisi nasional ke negara-negara mitra dari berbagai kawasan termasuk Amerika dan Eropa. Musik adalah bahasa universal, dan Austria dikenal di seluruh dunia sebagai pusat musik klasik. Kesempatan ini juga menjadi momen penting bagi Indonesia untuk menunjukkan industri kreatifnya, terutama dalam bidang seni musik, baik klasik maupun kontemporer. Kemlu akan terus mendukung dan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Wina dan beberapa negara Eropa lainnya untuk memastikan bahwa pertukaran budaya ini berjalan dengan baik.”

“Saya sangat antusias untuk berbagi pengalaman musik bersama penonton di sini. Saat ini, saya memiliki kesempatan yang luar biasa untuk bermain musik klasik Indonesia, yang merupakan pengalaman baru bagi saya. Saya sangat tertarik dengan lagu-lagu Indonesia karena mereka mencerminkan kekayaan budaya dan menyuguhkan suara yang menyentuh hati. Mengenai pemilihan karya Korngold, karya ini sangat terkenal di Austria dan juga dikenal sebagai soundtrack film yang sukses dan saya sangat bersemangat untuk berbagi keindahan musik ini dengan penonton,” ujar Julian Walder.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish
img
Ingin Aman Terbang dan Bepergian? Selipkan Asuransi Perjalanan untuk Ringankan Risiko Finansial
img
Ingin Glow Up, Kini Gak Ribet Lagi! Beli Skincare dan Makeup Dikirim Sejam Sampai