Terinspirasi sang Putri, Aktris Rianti Cartwright Luncurkan Buku Anak Perdananya

Novita Sari - Senin, 21 Oktober 2024
Impian Rianti Cartwright untuk bisa membuat buku cerita anak sendiri, akhirnya terwujud. Foto: Novi
Impian Rianti Cartwright untuk bisa membuat buku cerita anak sendiri, akhirnya terwujud. Foto: Novi
A A A

Aktris cantik Rianti Cartwright kini melebarkan sayapnya di dunia literasi anak. Ia baru saja meluncurkan buku perdananya yang berjudul "Teman-Teman Baru Kara". Buku cerita anak ini merupakan hasil kolaborasi dengan BukuAku, sebuah platform buku digital yang tengah gencar mengampanyekan literasi sejak dini.

"Sebenarnya ini adalah impian saya sejak dulu. Saya ingin sekali punya buku anak sendiri sehingga saya sangat bersemangat dengan proyek ini," ujar Rianti saat peluncuran di Buumi Playscape, Pacific Place Mall Level 3, SCBD, Jakarta pada Minggu sore, 20 Oktober 2024. "Sejak kecil, saya sudah sangat dekat dengan buku. Setiap ulangtahun, saya pasti mendapat hadiah buku dari Ayah karena Ayah saya seorang pustakawan. Jadi, buku selalu menjadi bagian dari hidup saya. Saya ingin berbagi kecintaan saya pada buku, dengan anak-anak Indonesia," ucap Rianti yang berhasil menyelesaikan proyek buku ini dalam waktu setahun.

Buku ini menceritakan Kara, seorang gadis kecil yang menerima hadiah istimewa dari Tante Maggie: sebuah buku foto binatang. Ia sangat senang dan membacanya sampai tertidur. Keesokan paginya, hal ajaib menunggunya!

Inspirasi dari Putri Tercinta

Menampilkan keindahan flora dan fauna Indonesia, karakter Kara dalam buku ini terinspirasi dari putri Rianti sendiri, Cara Rose Kanaya Nainggolan yang berusia 4 tahun. "Kara sangat menyukai hewan. Ia sering meminta saya membacakan buku tentang binatang. Dari situ, muncul ide untuk menciptakan karakter yang bisa menjadi teman bagi anak-anak dan mengajak mereka mengenal lebih dekat dunia hewan," ungkapnya.

Buku "Teman-Teman Baru Kara" yang juga tersedia versi audio book-nya ini, menceritakan tentang petualangan seorang gadis kecil bernama Kara yang menemukan dunia baru yang penuh keajaiban melalui buku foto binatang. Dengan ilustrasi yang menarik dan cerita yang menghibur, buku ini diharapkan dapat membangkitkan minat baca anak-anak.

"Kami percaya bahwa membaca adalah kunci untuk membuka pikiran dan memperluas wawasan," kata Catherine Mulyana, COO Lumina Education, perusahaan di balik platform BukuAku. "Melalui kolaborasi dengan Rianti, kami ingin menghadirkan buku-buku berkualitas yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik," tambahnya.

Salah satu inisiatif menarik dari platform buku digital ini adalah kampanye "Satu Buku Satu Hari". Kampanye ini bertujuan untuk mendorong anak-anak agar membiasakan diri membaca setiap hari. "Kami ingin menanamkan kebiasaan membaca sejak usia dini. Dengan membaca setiap hari, anak-anak akan lebih mudah memahami konsep, meningkatkan kosakata, dan mengembangkan imajinasi," jelas Catherine.

Pesan Moral yang Mendalam

Selain menghibur, buku anak perdana karya Rianti ini juga mengandung pesan moral yang mendalam tentang persahabatan, keberanian, dan cinta alam. Rianti berharap buku ini dapat menginspirasi anak-anak untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan budaya Indonesia. Tak hanya itu, lewat membaca, menurut Rianti, bisa juga sebagai sarana untuk lebih meningkatkan bonding antara orangtua dan anak.

"Saya ingin anak-anak Indonesia bangga dengan budaya dan kekayaan alam negaranya," kata Rianti. "Melalui buku ini, saya ingin memperkenalkan mereka pada berbagai jenis hewan endemik Indonesia," tambah Rianti yang berencana untuk mengenalkan buku ini ke anak-anak di seluruh Indonesia dan juga membuat dalam versi bahasa Inggris-nya.

"Dengan karakter-karakter yang unik, Rianti berharap dapat menginspirasi anak-anak Indonesia untuk mencintai dan melindungi alam. Dan melalui petualangan Kara, anak-anak akan belajar tentang persahabatan, keberanian, dan pentingnya terus belajar," dukung Catherine.

Dengan semakin banyaknya inisiatif seperti yang dilakukan Rianti Cartwright dan BukuAku, diharapkan masa depan literasi anak Indonesia akan semakin cerah. Dengan akses yang lebih mudah ke buku-buku berkualitas, membuat minat baca anak-anak pun akan terus meningkat.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Kejar Mimpi Goes to School, Berikan Edukasi Gizi dan Literasi Keuangan Kepada 35 Sekolah di Indonesia
img
Terinspirasi sang Putri, Aktris Rianti Cartwright Luncurkan Buku Anak Perdananya
img
Untuk Kedua Kalinya, Telur Tetas Dilepas ke Uni Emirates Arab
img
Mengayunkan Langkah Awal untuk Membangun Generasi Emas Tahun 2045