Tetap Aktif dan Nyaman di Tengah Cuaca Panas, Begini Tipsnya!

Novita Sari - Senin, 03 Juni 2024
Bahan seperti katun atau linen cocok untuk cuaca panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik. Foto: Ist
Bahan seperti katun atau linen cocok untuk cuaca panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik. Foto: Ist
A A A

Beberapa minggu terakhir, negara-negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar tengah mengalami panas ekstrem dengan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celcius setiap harinya. Indonesia juga ikut terkena dampaknya, dengan beberapa daerah seperti Deli Serdang, Medan, dan Bengkulu merasakan suhu udara melebihi 36 derajat Celcius.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suhu tinggi ini disebabkan oleh peralihan musim di Indonesia, dan tidak tergolong dalam kategori gelombang panas seperti yang dialami banyak negara lainnya. BMKG memperkirakan bahwa puncak cuaca panas akan terjadi di sekitar bulan Juli, dan hingga saat ini belum diketahui pasti kapan cuaca panas akan berakhir.

Meski cuaca terasa lebih panas, aktivitas sehari-hari tetap harus berlanjut, baik di sekolah maupun di tempat kerja, termasuk aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Nah, mari simak tips berikut ini agar kamu tetap dapat beraktivitas dan produktif dengan nyaman di tengah musim panas.

1. Kenakan pakaian yang ringan dan menyerap keringat

Hindari pakaian berwarna gelap atau yang berbahan sintetis seperti polyester karena dapat menyerap panas dan membuat badan terasa gerah. Gunakanlah pakaian yang ringan dan breathable dengan desain longgar atau bahan yang menyerap keringat agar tetap nyaman di bawah teriknya matahari. Bahan seperti katun atau linen cocok untuk cuaca panas karena memungkinkan udara mengalir dengan baik. Pakaian berwarna terang, khususnya yang berwarna putih, juga mudah memantulkan sinar matahari. Selain itu, pilih alas kaki yang nyaman dan tertutup untuk melindungi dari panas.

2. Lindungi kulit dengan sunscreen dan pelembap wajah yang tepat

Paparan sinar UV bisa membahayakan kulit dan mempercepat penuaan, menyebabkan kulit terbakar atau sunburn, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, jangan lupa untuk melindungi kulitmu dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Kini terdapat pilihan sunscreen yang juga dilengkapi dengan antioksidan.

Selain tabir surya, menjaga kelembapan kulit juga penting di tengah cuaca yang sangat panas ini. Pilih moisturizer yang teskturnya ringan, tapi tetap mampu melindungi barrier kulit dengan menghidrasi secara maksimal sepanjang hari. Terakhir, kamu bisa gunakan make up yang mengandung SPF.

Jangan lupa untuk re-apply setiap dua jam untuk memastikan kulit tetap terlindungi sepanjang hari.

3. Tambah perlindungan dengan jaket UV

Menggunakan pakaian berlengan panjang saat berada di luar ruangan tidak menjamin perlindungan optimal secara jangka panjang. Sebagai perlindungan tambahan, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan jaket dengan fitur proteksi UV. Jaket semacam ini tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga dapat menghalau angin dan bau tidak sedap dari jalan raya atau transportasi umum yang padat.

4. Gerah no more dengan kipas mini portable

Udara yang panas pasti membuatmu mudah gerah dan berkeringat. Solusi cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu membawa kipas mini portable. Ukurannya yang mini membuat kipas ini ringan, mudah diselipkan di dalam tas untuk dibawa kemana saja.

5. Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan banyak minum

Saat cuaca panas, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui keringat. Pastikan untuk selalu terhidrasi dengan air putih yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Meminum air putih juga sangat dibutuhkan untuk menstabilkan suhu tubuh dan menjaga konsentrasi.

6. Pilih parfum yang segar

Untuk membuatmu tetap bersemangat di tengah cuaca panas, jangan lupa gunakan parfum yang segar. Parfum dengan aroma buah-buahan atau floral bisa memberikan semangat dan kesegaran.

Dengan menerapkan berbagai tips di atas, kamu dapat tetap aktif dan tetap merasa nyaman di tengah cuaca panas di Indonesia.

Seluruh rekomendasi produk tersedia di aplikasi Lazada. Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai voucher untuk mendapatkan promo potongan harga serta gratis ongkos kirim agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, cek aplikasinya untuk dukung aktivitasmu di tengah cuaca panas saat ini.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Mitos dan Fakta Seputar Migrain, Penting untuk Atasi Mitos Migrain di Tempat Kerja
img
Krisis Kesehatan Meningkat, PMI Lanjutkan Layanan Kesehatan Keliling di Kamp Pengungsian Khan Younis Gaza
img
Kampanye Generasi Bersih Sehat, Soroti Pentingnya Akses WASH dan PHBS di Sekolah 
img
Jangan Anggap Enteng Migrain, Ternyata Berpengaruh pula Terhadap Pola Pendidikan Anak