Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia Penderita Inkontinensia Urine dengan Pemilihan Popok yang Tepat

Efa Trapulina - Senin, 29 Januari 2024
Dukungan dan perawatan merupakan bagian penting dari kehidupan lansia (Foto: Ist)
Dukungan dan perawatan merupakan bagian penting dari kehidupan lansia (Foto: Ist)
A A A

Apakah orangtua dari Moms dan Dads sudah menginjak usia lanjut alias lansia? Seperti diketahui, selain perubahan kulit yang mengalami tanda penuaan, pertambahan usia juga bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan fungsi organ tubuh, salah satunya adalah penurunan fungsi saluran kemih.

Bagi lansia yang mengalami kondisi tersebut, salah satu dampaknya adalah alami kesulitan menahan buang air kecil atau dalam istilah medis disebut inkontinensia urine.

Menurut International Continence Society (ICS), inkontinensia urin didefinisikan sebagai keluarnya urin tanpa disadari atau tidak disengaja atau dalam istilah lainnya, kebocoran urin.

Lansia perempuan umumnya juga mengalami menopause. Nah, menopause merupakan salah satu faktor risiko yang menyebabkan inkontinensia urine.  

Pada umumnya, semakin tinggi tingkat inkontinensia, maka semakin tinggi pula penurunan kualitas hidup penderita.

“Dukungan dan perawatan merupakan bagian penting dari kehidupan lansia. Selain itu, pada usia ini tentu sudah terjadi penurunan kualitas kesehatan, seperti munculnya masalah kesehatan yang banyak dialami oleh lansia yaitu inkontinensia urin,” ungkap Titi Nurmalasari, Public Relations Manager Parenty Indonesia.

Donasi untuk 30 Panti Jompo

Untuk memberikan dukungan dan menunjukkan kepeduliannya terhadap para lansia terutama perempuan, Parenty mendonasikan 720 karton popok dewasa untuk 30 panti jompo di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Berfokus pada teknologi dan kualitas produk, mereka percaya bahwa dukungan untuk lansia juga dapat diberikan melalui perawatan dan pemilihan popok yang tepat. Faktanya, para lansia yang mengalami inkontinensia urin dapat kehilangan kepercayaan diri dan tidak ingin berada jauh dari toilet. Oleh karena itu, pemilihan popok yang lembut dan berdaya serap tinggi dapat menjadi pilihan yang nyaman untuk para lansia.

Selain mendonasikan popok, mereka juga mengajak para lansia untuk melakukan beragam aktivitas menarik seperti bermain games, bernyanyi, baca puisi dan sharing yang telah dilakukan bersamaan pada Hari Ibu tanggal 22 Desember 2023 lalu di Panti Jompo Budi Mulia 3.

Hal ini diapresiasi baik oleh Rossyanah Rachmawati, Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Sosial Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3. “Para lansia wanita ini pernah menjadi bagian berharga dari masa depan anak. Dengan program ini, kami berharap para lansia lebih percaya diri dan bahagia, karena mendapatkan perhatian di masa tuanya.”

“Walaupun perempuan lansia sudah tidak berada di masa parenting, kami berharap para lansia ini tetap mendapatkan dukungan dan perhatian dari berbagai pihak. Bukan hanya dari keluarga, tetapi juga pemerintah dan masyarakat luas,” tutup Bapak Taupik, SE, M.Si, Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3.

Ada 2 tipe perekat Parenty, yaitu tipe perekat dan celana untuk menyesuaikan kebutuhan dari penggunanya. Tipe perekat ini didesain untuk mencegah bocor. Popok dewasa ini juga disertai dengan indikator urin sehingga para lansia lebih mandiri dan keluarga lebih mudah untuk menentukan waktu mengganti popok.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Menguak Rahasia Sukses Bersama Khabib Nurmagomedov, Atlet Asal Rusia yang Menjadi Inspirasi Global
img
Penjualan Brand Lokal Melonjak 5X Lipat pada Kampanye 9.9 Berkat Fitur Live Streaming
img
Mendorong UKM Indonesia “Go Ekspor” untuk Raih Kesuksesan Global
img
Tips Raih Untung di Pasar Saham Melalui Momentum Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Konsumsi Domestik