Tips Agar Mudik Nyaman, Lebaran Senang, dan Keuangan Tetap Aman!

Novita Sari - Jumat, 05 April 2024
Tips kelola dana mudik Lebaran anti boncos dan bikin Lebaran jadi nyaman. Foto: Ist
Tips kelola dana mudik Lebaran anti boncos dan bikin Lebaran jadi nyaman. Foto: Ist
A A A

Di penghujung Ramadan, mudik ke kampung halaman jadi momen yang paling banyak ditunggu orang, terutama para pekerja. Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasanya dilakukan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar.

Nah, untuk memastikan kelancaran beraktivitas selama momen libur lebaran ini, penting rasanya untuk mengatur keuangan kamu agar tetap aman, baik sebelum, saat, dan sesudah momen perayaan Lebaran. Hal ini tentu agar kamu bisa tetap mudik dengan nyaman dan merayakan Lebaran penuh dengan kegembiraan bersama sanak keluarga dimanapun kamu berada. Yuk, simak tips kelola dana mudik Lebaran anti boncos dan bikin Lebaran jadi nyaman berikut ini!

Pakai Cara Praktis dan Hemat untuk Beli Tiket Mudik

Tradisi mudik di Indonesia biasanya berjalan mulai H-7 hingga menjelang hari raya. Masyarakat biasanya menggunakan berbagai moda transportasi untuk mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta, bis sampai kendaraan pribadi. Kalau kamu memilih untuk menggunakan transportasi umum, menggunakan layanan dari online travel agent bisa jadi salah satu pilihan praktis untuk membeli tiket berbagai moda transportasi. Nah, biar pembayarannya juga praktis, kamu juga bisa gunakan metode pembayaran kartu virtual. Caranya, kamu hanya cukup pilih metode pembayaran debit/kartu kredit, dan masukkan data kartu virtual blu kamu.

Pastikan Saldo Kartu Terisi Penuh

Buat kamu yang memilih untuk menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk mudik, kartu pembayaran gerbang toll jadi item wajib yang harus disiapkan agar perjalanan berjalan lancar. Biar gak panik kehabisan saldo dan membuat antrean mengular saat berada di gerbang toll, kamu harus pastikan kalau saldo sudah terpenuhi sampai kota tujuan, ya!

Siapkan Beberapa Alternatif Metode Pembayaran

Buat kamu si generasi cashless, ataupun kamu yang khawatir untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar, kamu bisa gunakan kartu debit maupun QRIS sebagai alternatif pembayaran yang nyaman dan praktis dalam menemani perjalanan mudik kamu! Selama perjalanan, ada kemungkinan handphone kamu sulit untuk mengakses sinyal atau kehabisan baterai. Untuk hal ini kartu debit bisa jadi solusinya!

Rencanakan Alokasi Dana Hadiah Lebaran

Selain menjadi momen untuk saling memaafkan, Lebaran juga biasanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian hadiah Lebaran atau THR kepada adik-adik, keponakan, dan saudara dekat. Besaran dana THR ini juga bisa kamu atur dengan menyesuaikan umur keponakan, seberapa dekat hubunganmu dengan keluarga saudara, dan lainnya. Agar besaran dana masing-masing saudara tidak tertukar, kamu bisa memberikan nama pada setiap amplop yang sudah disiapkan atau menggunakan fitur transfer antar bank.

Edwin Tirta, Head of Digital Business BCA Digital mengatakan, "Memisahkan dana keuangan itu krusial, terutama saat kita memiliki banyak kebutuhan yang berbeda-beda saat Lebaran. Dengan memanfaatkan berbagai fitur keuangan dari kami untuk melakukan budgeting seperti membuat kantong-kantong, kami harap nasabah dapat dengan lebih mudah mengatur semua kebutuhan keuangan dan bisa mencapai kedewasaan finansialnya bersama kami."

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Cara Baru Lindungi Bisnis dari Ancaman Cyber
img
Ingin Dapat Video Call dari Ariel NOAH? Ini Caranya
img
Kelola Polis Asuransi dan Bangun Kebiasaan Hidup Lebih Baik di Satu Aplikasi
img
Solusi Penyimpanan Foto dan Video Super Cepat, Aman, dan Stylish