Tips Hidup Sehat dan Lawan Radikal Bebas ala Surya Saputra 

Efa Trapulina - Senin, 27 Mei 2024
Peluncuran Entrasol Can Susu Steril dihadiri dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, Robertus Parulian Purba - perwakilan KALBE Nutritionals dan aktor Surya Saputra (Foto: Efa)
Peluncuran Entrasol Can Susu Steril dihadiri dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, Robertus Parulian Purba - perwakilan KALBE Nutritionals dan aktor Surya Saputra (Foto: Efa)
A A A

Hidup sehat memasuki usia dewasa menjadi hak siapa saja. Selain aktif bergerak dan berolahraga, menjaga asupan makanan terbaik juga penting. Surya Saputra, aktor papan atas yang giat menerapkan gaya hidup sehat, sangat peduli pada hal ini. 

Ayah dari dua orang anak kembar berusia 7 tahun, Ataya Tatjana Aisyah dan Atharva Bimasena Saputra ini semakin menyadari pentingnya menjaga stamina tubuhnya di tengah aktivitas hariannya yang padat. Meskipun sudah menjalankan pola hidup sehat, ia tak bisa mengelak paparan radikal bebas yang menyerangnya, terutama dari lingkungan.

Aktor kelahiran 5 Juli 1975 ini memiliki segudang aktivitas, mulai dari syuting film dan serial, olahraga, hingga menjalani hobinya mengendarai sepeda motor skuter klasik. “Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik profesional maupun personal, saya sadar akan paparan radikal bebas yang setiap hari harus dihadapi. Saya selalu berusaha untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan setiap hari, tetapi tetap ada kekhawatiran kalau itu belum cukup,” imbuh Surya dalam talk show “Hidup Sehat Bebas dari Radikal Bebas” di Kasablanka Mall, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Surya Saputra
Surya Saputra dan istri (tangkapan layar IG @suryasaputra507)

Sumber Radikal Bebas

Ya, bagi masyarakat aktif, radikal bebas tidak dapat dihindari sehingga patut diwaspadai karena dapat berasal dari dalam tubuh dan juga banyak ditemukan di kehidupan sehari-hari. Sumber radikal bebas dapat berasal dari hal-hal sekitar, mulai dari paparan  sinar matahari, stres, makanan dengan bahan pengawet, pewarna, ultra proses (junk food), polusi udara seperti dari kendaraan bermotor, asap pabrik, sampai yang paling umum ditemui yaitu asap rokok.

dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, Dokter Spesialis Gizi Klinik menjelaskan bahwa efek radikal bebas di tubuh manusia antara lain dapat menimbulkan stres oksidatif dan kerusakan DNA. Kondisi ini dapat memicu penyakit yang lebih serius seperti stroke, kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru, hingga autoimun. 

“Seiring bertambahnya usia terutama di usia  produktif seperti saat mulai bekerja, beraktivitas di luar, serta gaya hidup tidak sehat dengan merokok dan konsumsi junk food dapat menyebabkan radikal bebas menumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan kerusakan sel. Oleh karena itu  sangat penting untuk  mengimbangi dengan pola hidup sehat sejak dini,” jelas dr. Raissa.

dr. Raissa
dr. Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K

Meskipun sudah menjalani pola hidup sehat, terkadang paparan radikal bebas tak bisa kita hindari. Hal ini juga dirasakan oleh Surya. “Meskipun saya aktif olahraga juga, gak bisa dipungkiri namanya radikal bebas dari luar itu selalu ada, misalnya polusi udara, asap knalpot, terus asap rokok. Soal asap rokok ini di lokasi syuting pun sama, gak bisa dan agak susah menghindarinya. Meskipun saya sudah menghindar agak jauh, di tempat lain pasti ada lagi yang merokok,” cerita suami dari penyanyi Cynthia Lamusu tersebut.

Sumber Antioksidan Alami

Itulah mengapa, kita perlu membentengi tubuh dengan antioksidan guna menangkal radikal bebas.

Dr. Raissa menjelaskan, sumber antioksidan sebenarnya sangat mudah ditemukan, seperti daun katuk, kemangi, ginseng, hingga bunga kecombrang. Tidak hanya dedaunan, antioksidan juga ditemukan di berbagai umbi dan rimpang seperti ubi jalar, kunyit, temulawak, bahkan bunga seperti telang. Sementara buah-buahan kaya antioksidan seperti jambu biji, mangga, pepaya, delima, stroberi, dan  buah zaitun.

Buah zaitun, adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. “Zaitun  ini benar-benar buah yang sehat banget, gak hanya minyaknya saja yang bermanfaat bagi kesehatan , buah zaitun  juga sangat bermanfaat, apalagi ekstrak buahnya, mengandung antioksidan yang tinggi,” ucap dr. Raissa.

Susu Steril dengan Ekstrak Buah Zaitun

Surya sendiri sangat menyadari pentingnya antioksidan dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas. Namun, sebagai sosok yang sangat aktif dan produktif,  ia memerlukan sesuatu yang praktis. “Jika ada nutrisi dalam bentuk praktis dan siap dikonsumsi kapan saja akan baik sekali untuk mengimbangi gaya hidup saya,” katanya. 

Kabar baik datang dari PT Sanghiang Perkasa  (KALBE Nutritionals) nih, Moms dan Dads. Mereka telah menghadirkan produk terbaru dalam bentuk kemasan kaleng siap minum, yaitu Entrasol Can Susu Steril dengan ekstrak buah zaitun. Ekstrak buah zaitun ini teruji secara klinis kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C, serta dapat membantu menjaga imunitas, kesehatan tulang dan jantung. 

Surya Saputra dalam talk show

Dalam momen peluncuran susu steril kemasan baru ini, Robertus Parulian Purba, Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals mengatakan, “Untuk masyarakat produktif, rutinitas harian yang seringkali membuat sibuk menjadi suatu tantangan. Susu steril kemasan kaleng ini menjawab tantangan tersebut, terutama dalam melindungi diri dari serangan radikal bebas dan menjadi teman dalam memenuhi asupan nutrisi harian, untuk tetap aktif berkarya sesuai aspirasinya,” ungkap Robertus.

Hal ini sangat disambut antusias oleh Surya Saputra. “Sejak pertama kali mendengar tentang produk ini, saya merasa Entrasol Can Susu Steril dapat menjadi pilihan tepat untuk menemani aktivitas saya setiap hari agar tubuh tetap fit, aktif, dan produktif. Setelah mencoba mengonsumsi secara rutin, satu kaleng per hari, ternyata saya memang merasa siap untuk menjalankan aktivitas harian,” tambah aktor yang baru-baru ini membintangi serial di streaming service internasional.

Surya mengakui, menabung kalsium untuk kesehatan tulang sudah ia lakukan sejak dulu salah satunya dengan minum susu. Apalagi sejak berkeluarga dan memiliki anak, ia memiliki tujuan untuk bisa hidup lebih lama dan menikmati waktu bermain bersama anak-anak dan mendampingi hingga mereka besar.  

“Makanya dari sekarang jangan lupa menabung kalsium untuk kesehatan tulang, perbaiki lifestyle, mulai peduli bahwa radikal bebas itu ada di sekitar kita. Menghindar kalau ada yang merokok parah, rutin olahraga dan mulai mengonsumsi nutrisi yang tepat untuk tubuh kita. Karena goal saya adalah  ingin membuat hari-hari tua saya nanti lebih bermakna dengan tubuh yang sehat,” tutup Surya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI