Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Para Ibu, Simak Yuk Moms!

Efa Trapulina - Senin, 05 Februari 2024
Mengelola keuangan rumah tangga adalah salah satu dari peran seorang ibu sehingga ibu perlu memahami cara mengatur anggaran dan menyiapkan proteksi keuangan (Foto: Ilustrasi/Freepik)
Mengelola keuangan rumah tangga adalah salah satu dari peran seorang ibu sehingga ibu perlu memahami cara mengatur anggaran dan menyiapkan proteksi keuangan (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A

Wanita terutama ibu dikenal sangat ahli dalam hal multitasking. Selain sebagai istri dan ibu, mereka juga memiliki peran multi fungsi sebagai manajer keuangan, koki, guru, dokter dan sebagainya di dalam rumah tangga. 

Dalam hal mengatur keuangan keluarga, para ibu pun pasti memikirkan hal-hal yang bisa melindungi keluarganya dalam hal kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Itulah mengapa, asuransi menjadi sebuah solusi yang kerap dipikirkan oleh para ibu.

Namun, bagaimana cara memilih asuransi yang tepat sehingga tidak salah mengambil keputusan? Ginawati Djuandi, Country Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia sekaligus ibu dari 2 orang anak membagikan tips untuk para Moms. 

1. Tentukan Kebutuhan Bunda

Tentu Moms tahu apa yang paling dibutuhkan keluarga tercinta. Untuk itu, tentukan terlebih dahulu mana yang paling prioritas. 

Umumnya, Asuransi menawarkan dua produk utama, yaitu Asuransi Jiwa dan Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan benefit lainnya seperti Kesehatan dan Penyakit Kritis. Asuransi Jiwa fokus untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan jika tertanggung meninggal dunia, sedangkan Asuransi Kesehatan akan membantu menanggung biaya perawatan medis.

2. Atur Manfaat dan Kemampuan Finansial

Memiliki asuransi merupakan komitmen jangka panjang yang sangat bermanfaat untuk melindungi risiko finansial yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, mengatur manfaat yang ingin didapatkan dan mengatur kemampuan finansial menjadi hal krusial sebelum memutuskan memilih asuransi.

Contohnya, premi asuransi kesehatan dengan pilihan kelas kamar rumah sakit yang lebih tinggi akan lebih mahal, jika dibandingkan dengan kelas kamar rumah sakit yang lebih rendah. Ada pula pilihan produk asuransi yang menawarkan potongan harga jika membelinya untuk satu keluarga.

3. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Sebelum membeli, para Ibu sebaiknya juga menilai reputasi perusahaan asuransi yang diinginkan. "Pastikan untuk mengecek beberapa hal termasuk kekuatan dan jaringan global yang dimiliki, pendapatan premi selama setahun, kemampuan membayar klaim dan rekomendasi publik," saran Ginawati.

4. Teliti Sebelum Menandatangani SPAJ

Saat hendak membeli produk asuransi, biasanya Moms akan menandatangani Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ), pada momen inilah para ibu bisa meneliti secara mendalam apa saja manfaat (coverage) yang diberikan, serta mempelajari pengecualian yang ada. Misalnya sehubungan dengan pasal pre-existing condition dimana asuransi kesehatan yang menyatakan manfaat asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya.  

Ginawati Djuandi saat menerima penghargaan Asuransi Pilihan Bunda
Ginawati Djuandi saat menerima penghargaan Asuransi Pilihan Bunda

PT Asuransi Allianz Life Indonesia baru saja dinobatkan sebagai ’Asuransi Pilihan Bunda’ pada ajang Pilihan Bunda Awards 2023 yang telah digelar pada 28 Januari 2024. Awards tersebut diperoleh atas hasil survei dan polling kepada lebih dari 10.000 Ibu dari Agustus – September 2023 terhadap rekomendasi produk-produk pilihan para ibu dalam memenuhi kebutuhan keluarga.  

“Penghargaan ini mendorong kami untuk terus memperkuat inovasi dan meningkatkan kualitas layanan sebagai bagian dari misi perusahaan untuk melindungi lebih banyak keluarga di Indonesia,” tutup Ginawati Djuandi.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Usung Semangat Cinta Budaya Lokal, Program Beauty Journey untuk Perempuan Muda Ini Kembali Hadir
img
Berawal dari Keresahan Tak Bisa Tampil Cantik saat Hamil, Ini Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha di Hari Kartini
img
Naskah Berusia Berabad-abad dari Zaman Majapahit Dipamerkan, Di Bhinneka Tunggal Ika Lontar Exhibition
img
Liburan Usai, Ini 4 Ide Aktivitas Seru untuk Kembalikan Semangat Moms!